Tentang Website Simple-Aja

Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih karena Anda sempat mengunjungi artikel “Tentang Website Simple-Aja”. Simple-Aja adalah sebuah website berbentuk blog. Artikel yang dipublikasikan di website simple-aja, sebagian besar isinya membahas hal-hal yang berkaitan dengan komputer, elektronika, dan hiburan dalam bentuk sharing file multimedia. Awal berdirinya website simple-aja didasari oleh rasa keingintahuan yang kuat untuk mencoba sesuatu yang baru. Dimana blog ini merupakan sebuah komunitas yang didirikan oleh sekelompok orang. Masing-masing anggotanya memiliki latar belakang dan yang berbeda-beda.

Tentang Kami, Awal Pertemuan, Hingga Berdirinya Website Simple-Aja

Website Simple-Aja berdiri pada tahun 2011, beranggotakan 3 orang dengan latar belakang yang berbeda. Ketiga orang itu adalah Venantius, Namsadin, dan Hendra. Namun dari ketiga anggotanya ini memiliki satu misi yang sama, yaitu mencoba untuk eksis di dunia maya. Selain itu secara kebetulan, masing-masing anggotanya memiliki ketertarikan dengan hal yang sama, yaitu komputer. Walaupun saya sendiri mengenyam pendidikan di keilmuan elektro, namun saya juga tertarik akan hal-hal yang berhubungan dengan komputer. Dari tulisan-tulisan yang dituangkan di website ini pula, kami bisa saling berbagi ilmu.

Pada awal mulanya, saya bertemu dengan Hendra saat kami masih duduk di bangku kuliah. Hendra mengenyam pendidikan di keilmuan komputer di sebuah universitas yang sama. Antara saya dan Hendra sering membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, dari situ kami bertukar ilmu. Saya bisa membuat sebuah blog hingga merakit komputer juga diajarkan oleh teman saya yang satu ini. Sedangkan saya membantu Hendra untuk mengenal komponen elektronika hingga membuat rangkaian elektronika untuk tugas kuliahnya.

Sedangkan pertemuan saya dengan Namsadin sedikit berbeda. Saya bertemu dengan Namsadin di dunia maya, di sebuah komunitas forum bernama Indowebster. Kami mulai akrab sejak menjadi partner di Indowebster sebagai moderator di forum idws. Dari sinilah saya mengenal lebih dalam lagi tentang hal-hal yang berhubungan dengan server, hosting, hingga sistem operasi linux.

Awal Mula Nama Website Simple-Aja

Pemilihan nama “Simple-Aja” didapat secara kebetulan saja, karena tidak pernah didiskusikan sebelumnya. Pada waktu itu, saya belum banyak mengetahui tentang domain dan hosting. Maklum saja karena blog yang saya buat saat itu hanya menggunakan domain gratisan dari blogger. Saat itu Namsadin memiliki akun reseller hosting. Ia menawarkan kepada saya untuk memindahkan blog saya ke platform wordpress self-hosted, di akun reseller hosting miliknya. Hanya saja pada saat itu saya masih belum banyak memahami soal domain dan hosting. Selain juga saya tidak tahu dimana saya bisa membeli sebuah domain.

Lalu Namsadin membantu saya untuk mendaftarkan domain menggunakan akun paypal miliknya, sebab saat itu saya sama sekali belum memiliki akun paypal. Dari sinilah nama “Simple-Aja” muncul tanpa disengaja ketika saya mencari nama domain yang masih tersedia. Kemudian simple-aja.info saya pilih sebagai nama untuk website saya yang baru. Domain ini dibeli dengan harga $1.99 USD (sekitar Rp. 20000) pada saat itu melalui Namecheap. Maklumlah pada saat itu, saya masih belum memiliki penghasilan tetap, jadi hanya bisa membeli domain dengan ekstensi .info saja yang berlaku selama 1 tahun di Namecheap. Kemudian saya mendapatkan sebuah akun cPanel dari hosting miliknya Namsadin, yaitu namsadinhosting.info.

Banyak ilmu yang saya dapatkan dari Namsadin yang berkaitan tentang dunia webhosting dan internet. Pengetahuan tentang shared hosting, domain, wordpress, virtual private server dan sistem operasi linux. Informasi lainnya seperti rapidleech, seedbox, dan private torrent juga didapat dari shabat baik saya yang satu ini.

Last edited by Simple-Aja on March, 14 2015

 

Leave a Reply