Apa Saja Tempat Yang Menarik Dalam Kebun Raya Bogor?

Untuk apa ke Kebun Raya Bogor? Apa cuma untuk lihat-lihat pohon saja? Pastinya kebanyakan orang akan berguman seperti itu. Mungkin juga termasuk waga Kota bogor sendiri yang sehari-harinya selalu melintas di kawasan Kebun Raya Bogor. Padahal cukup banyak tempat menarik dalam Kebun Raya Bogor, walaupun mungkin warga Bogor sendiri tidak begitu hapal nama-namanya.

tempat menarik dalam kebun raya bogor - peta lokasi
Peta Kebun Raya Bogor.

Sebuah fenomena yang boleh dibilang cukup miris. Karena justru warga Bogor sendiri yang enggan kalau diajak berkunjung ke Kebun Raya. Padahal Kebun Raya merupakan salah satu ikon kebanggaan warga di kota hujan ini. Tidak hanya pohon-pohon besar saja, banyak tempat menarik dalam Kebun Raya Bogor yang bisa dilihat, dinikmati, bahkan dikenang sejarahnya.

12 Tempat Menarik Dalam Kebun Raya Bogor

Warga Bogor yang sering berkunjung ke Kebun Raya adalah mereka yang tujuannya bukan untuk tamasya, tapi kebanyakan untuk berolah raga. Memang tempat ini lebih nyaman untuk kegiatan olah raga atau senam pagi. Dibandingkan hanya sekedar mengelilingi sisi luarnya saja ataupun di lapangan Sempur.

Terlebih lagi sejak adanya program peralihan rute kendaraan menjadi serah jarum jam di kawasan Kebun Raya Bogor. Sehingga car free day yang tadinya diadakan setiap sabtu dan minggu pagi di jalan Jalak Harupat terpaksa dihapuskan. Lalu berhubungan dengan tempat menarik dalam Kebun Raya Bogor itu apa saja sih?

  1. Monumen Lady Raffles
  2. tempat menarik dalam kebun raya bogor - monumen lady rafflesIni adalah tempat menarik dalam Kebun Raya Bogor yang akan ditemukan pertama kalinya. Terutama apabila Anda masuk melalui pintu utama Kebun Raya Bogor. Posisi monumen Lady Raffles ini paling dekat dijangkau dari gerbang utama di sebelah Selatan Kebun Raya Bogor yang berada di samping Pasar Bogor.

    Di Monumen Lady Raffles ini tersimpan riwayat seorang penjelajah asal Inggris. Seorang jendral yang banyak memenangkan perang. anda akan terharu ketika melihat puisi pada prasasti yang terdapat dalam bangunan ini.

    Lady Raffles sendiri memiliki nama lahir Olivia Mariamne Devenish. Dimana Ia adalah istri pertama dari Sir Thomas Raffles yang membidani lahirnya Kebun Raya Singapura dan Kebun Binatang London.

    Mengapa lantas Monumen Lady Raffles disebut sebagai monumen cinta? Tentu saja hal tersebut bisa Anda dapatkan jawabannya pada tulisan yang terukir di prasasti tersebut. Berupa perasaan cinta dan rasa kehilangan yang sangat mendalam.

  3. Danau Gunting
  4. tempat menarik dalam kebun raya bogor - danau guntingApabila Anda melanjutkan perjalanan dari Monumen Lady Raffles, berikutnya akan Anda temukan sebuah lokasi menarik. Tidak hanya dari segi pemandangannya saja, Danau Gunting juga banyak menyimpan kisah misteri. Sebut saja seperti penampakan seorang noni Belanda di pulau kecil di tengah danau hingga seekor ular besar yang bisa menghilang begitu saja.

    Bayangkan saja apabila Anda berada di tempat ini di malam hari, sambil mengingatkan beberapa cerita tentang misteri Danau Gunting ini. Apabila Anda berjalan ke arah dimana Anda akan melihat menara Istana Bogor, disana akan ditemukan banyak tanaman teratai Nymphaea Alba dan Rubra.

  5. Prasasti Reinwardt, Pekarangan Istana Bogor, dan Patung Tangan Tuhan
  6. prasasti reindwardt pekarangan belakang istana bogorDari sisi sebelah kiri Danau Gunting, Anda juga akan menemukan beberapa spot menarik lainnya. Bentuknya adalah sebuah prasasti bernama Prasasti Reinwardt. Ada nama yang terpahat di atas prasasti ini, yang dibuat untuk mengenang dan menghormati jasa Georg Karl Reinwardt, sang pencipta Kebun Raya Bogor.

    Di sebelah sisi utara dari Prasasti Reinwardt tentu saja Anda akan melihat sebuah bangunan putih yang berdiri dengan gagah. Bangunan apa itu? Tentu saja sudah dapat dipastikan itu adalah Istana Bogor. Lebih tepatnya adalah pekarangan belakang dari Istana Bogor. Sebuah bangunan yang menyimpan kisah panjang sejarah Kota Bogor.

    tempat menarik dalam kebun raya bogor - patung tangan tuhanSelain itu Anda akan menemukan beberapa bangunan berupa patung yaitu Patung Tangan Tuhan (The Hand of God) dan Patung Duyung Kecil (The Little Mermaid). Patung Tangan Tuhan adalah sebuah patung dengan postur seorang laki-laki yang sedang menengadahkan kepala dengan mulut terbuka.

    Merupakan replika dari karya pemahat asal Perancis, Auguste Rodin di sekitar tahun 1963. Pada tahun itu pula Papua bergabung dengan NKRI. Patung ini merupakan persembahan dari Pemerintah Swedia. Selain itu terdapat sebuah patung lainnya dengan ukuran yang lebih kecil, yaitu Patung Little Mermaid.

  7. Pemakaman Belanda Kuno
  8. tempat menarik dalam kebun raya bogor - makam kuno belandaDi dalam kawasan Kebun Raya Bogor terdapat komplek pemakaman belanda kuno. Dengan rindangnya pohon bambu membuat suasana di kawasan ini seakan menyeramkan. Makam-makam kuno ini berkaitan dengan keberadaan Kebun Raya Bogor di masa silam. Heinrich Kuhl dan J.C. Van Hasselt tertera pada salah satu makam disini.

    Mereka adalah orang yang juga berjasa dalam inventarisasi koleksi flora dan fauna yang ada di Indonesia. Untuk menuju kawasan pemakaman belanda kuno dalam Kebun Raya Bogor, paling dekat adalah melalui Pintu II Kebun Raya Bogor. Pintu ini terletak bersebelahan dengan Kantor Pos Bogor di jalan Ir. H Juanda.

  9. Taman Teysmann
  10. tempat menarik dalam kebun raya bogor - taman dan tugu teijsmanTempat menarik dalam Kebun Raya Bogor lainnya adalah Taman Teysmann. Di bagian tengah taman ini terdapat sebuah tugu berbentuk obelisk yang seakan menjadi pusat dari sekitarnya. Tugu tersebut disebut dengan Tugu Teijsman. Berbaur dengan latar belakang pepohonan besar dan rumput hijau menjadikan sebuah kawasan yang indah di dalam Kebun Raya Bogor.

    Untuk menjangkau lokasi ini paling dekat adalah melalui Pintu II Kebun Raya Bogor. Dua kawasan ini di hari-hari biasa memang jarang dikunjungi. Sebab kebanyakan orang lebih senang masuk melalui pintu utama.

  11. Jembatan Pemutus Cinta
  12. tempat menarik dalam kebun raya bogor - jembatan paling favorit di kebun rayaKurang lebih seperti itulah jembatan ini lebih dikenal oleh masyarakat. Sebuah jembatan gantung dengan rangka yang ditopang menggunakan tali baja. Dengan warna merah yang khas, jembatan ini memiliki panjang sekitar 30 meter. Menjadi penghubung kawasan Kebun Raya Bogor yang dibelah oleh sungai ciliwung.

    Jembatan ini dibangun pada saat bersamaan dengan perluasan Kebun Raya Bogor ke arah Timur (ke arah sisi jalan Pajajaran). Disebut sebagai jembatan pemutus cinta karena banyaknya mitos tentang banyaknya hubungan yang kandas setelah melewati jembatan ini.

    Jembatan merah pemutus cinta ini merupakan tempat terfavorit di Kebun Raya Bogor. Tidak melewati atau berfoto ria di jembatan ini seperti serasa belum mengunjungi Kebun Raya Bogor.

  13. Taman Meksiko
  14. Kawasan ini terletak di sisi sebelah utara dalam Kebun Raya Bogor. Di taman ini tidak terdapat pepohonan rindang, karena sebagian besar taman ini dibiarkan terbuka. Walau sepertinya terlihat gersang, namun tentu saja tidak segersang padang rumput di kawasan indonesia timur atau bahkan padang pasir.

    tempat menarik dalam kebun raya bogor - taman meksikoHamparan rumput digantikan oleh kerikil dan bebatuan. suasanan gersang ini memang sengaja diciptakan untuk menampung berbagai jenis tanaman sukulen. Terdapat ratusan jenis spesies tanaman sukulen tersebar di Taman Meksiko. Dari yang ukurannya pendek hingga 2 kali lebih tinggi dari tubuh orang dewasa.

    Di Taman Meksiko terdapat tiga sosok patung dengan topi ala negara Amerika Latin. Di salah satu sudut dengan membawa gitar dan alat musik lainnya. Kehadiran mereka lengkap dengan alat musik biola, gendang dan tentu saja banjo. Membuat suasana ini seperti di gurun Meksiko.

  15. Jalan Kenari
  16. Disebut Jalan Kenari, karena di daerah ini terdapat deretan pohon kenari di kedua sisi jalan ini. Sebagai bentuk perwujudan Bogor di tahun 70-an. Dimana pada saat itu banyak sekali warga Bogor mendapatkan penghasilan dari membuat kerajinan tangan dari buah kenari.

    Kawasan ini menjadi salah tempat menarik dalam Kebun Raya Bogor, memberikan sebuah kenangan masa lalu di tahun 1970. Suasananya sangat teduh dan senyap. Anda bisa memanfaatkan kawasan ini untuk mendapatkan suasana hening, karena ini adalah salah satu tempat yang jarang dikunjungi.

    Anda bisa beristirahat dengan duduk di bangku-bangku yang ada di sepanjang jalan ini. Sekitar 400 meter dari tempat ini kita akan menemukan sebuah tempat menarik lainnya di dalam Kebun Raya Bogor, yaitu Taman Astrid.

  17. Taman Astrid dan Kolam Astrid
  18. Sebuah taman yang terletak persisi di belakang Pintu IV Kebun Raya Bogor. Yaitu sebuah pintu masuk khusus bagi pejalan kaki. Dengan rumput hijau yang dipadu dengan kolam, air mancur, dan bunga Kana, yang menjadi ciri khas dari Taman Astrid. Di kolam Astrid terdapat jenis tanaman langka, yaitu teratai raksasa.

    Sebuah tanaman teratai yang asalnya dari sungai amazon, memiliki bunga berwarna putih agak kekuningan. Sebenarnya masih ada beberapa spot menarik lainnya yang dapat ditemukan di dalam kawasan Kebun Raya Bogor. Oleh karena itu sebaiknya berkunjung saat pagi sehingga Anda bisa berkeliling ke seluruh dalam Kebun Raya Bogor.

 

Leave a Reply