Serial Drama Turki

Serial drama turki cukup sukses berkembang dan populer di negaranya sendiri dan internasional. Serial televisi Turki menempati urutan kedua di dunia setelah Amerika Serikat. Industri serial drama Turki memainkan peranan penting dalam meningkatkan popularitas negara tersebut. Diantara negara lainnya di kawasan timur tengah, termasuk juga Rusia dan Amerika Latin.

Secara geografis, Turki terletak di kawasan Eurasia. Dengan wilayah luas yang terbentang dari Semenanjung Anatolia di Asia Barat Daya dan daerah Balkan di Eropa Tenggara. Turki sendiri termasuk dalam negara Eropa, akan tetapi Turki tidak termasuk bagian dari Uni Eropa. Secara politis, negara-negara di kawasan timur tengah enggan dikelompokkan sebagai Eropa ataupun Asia.

Serial Drama Turki dan Popularitasnya di Internet

Serial drama Turki belakangan ini cukup populer di Indonesia. Beberapa stasiun televisi lokal pun banyak yang menayangkan serial televisi Turki. Pada umumnya jumlah episode dalam drama Turki cukup banyak, sama seperti serial telenovela latin. Walaupun ada juga beberapa judul drama Turki dengan episode yang pendek.

Beberapa drama Turki yang populer misalnya Fatmagül’ün Suçu Ne? (2012), Elif (2014), Binbir Gece (2006), dan Kiraz Mevsimi (2014). Popularitasnya di Indonesia bisa menggeser Bollywood dan bahkan drama korea atau jepang yang sudah jauh lebih dahulu masuk di pertelevisian Indonesia.

Namun berbeda halnya dengan di dunia maya. Serial drama Turki nggak ada fanbase-nya. Fanbase sendiri biasanya merupakan sebuah komunitas tempat berkumpulnya penggemar serial drama dari berbagai negara. Diantara mereka ada yang mensharing koleksi video drama, ada yang menerjemahkannya ke berbagai bahasa lainnya (subber).

Di Indonesia sendiri kebanyakan subber biasanya menerjemahkan sebuah serial drama dari bahasa Inggris. Walaupun diantaranya ada yang menerjemahkan sebuah teks subtitle dengan cara listening dari bahasa aslinya. Sedangkan untuk serial drama Turki sendiri rasanya nggak banyak yang benar-benar memahami bahasanya. Walaupun banyak orang bilang budaya timur tengah itu katanya lebih cocok dan mudah diterima masayarakat Indonesia. Katanya loh ya…

Download dan Streaming Serial Drama Turki

Download serial drama Turki melalui internet memang lebih sulit untuk mencarinya. Sekalinya ketemu mungkin tidak lengkap secara keseluruhan episodenya. Apabila kamu merupakan penggemar serial drama Turki, cara terbaik untuk mengikutinya adalah melalui apa yang ditayangkan di stasiun televisi lokal.

Memang kebanyakan stasiun televisi, menayangkan serial televisi Turki yang sudah di-dubbing ke dalam bahasa Indonesia. Sehingga bagi sebagian kecil yang memang penikmat serial televisi, nggak akan dapat feel-nya untuk film apapun yang sudah di dubbing, karena dialog tidak natural.

Kalaupun Anda tidak bisa mengikuti jadwal tayang serial drama Turki di televisi, di rekam saja melalui komputer atau notebook kamu. Sehingga bisa ditonton dilain waktu di waktu senggang. Atau mungkin bisa juga mencari layanan streaming video on demand. Walau aku sendiri tidak terlalu banyak menemukan layanan VOD untuk serial drama Turki.

Salah satu website yang menyediakan streaming serial drama Turki adalah Viki. Tidak ada teks subtitle Indonesia yang tersedia disana, karena memang tidak ada komunitas subbernya. Link streaming beberapa judul drama Turki yang aku temukan di Viki:

Menurutku, serial Turki ini hanya populer sesaat saja, nggak seperti dorama jepang yang udah ada dari jaman dulu di tvri, dan drama korea yang popularitasnya merangkak naik sejak awal tahun 2000-an.

Jasa download drama turki lengkap dengan subtitle Indonesia. Jual serial drama turki dengan teks Indonesia. Jasa isi serial drama turki siapa yang mau beli? Sekarang aja udah nggak kedengeran lagi gaungnya. Udah jarang orang ngomonging atau nanya dimana bisa download drama turki.
 

Leave a Reply