Selamat Jalan Namsadin, Sahabatku Di Dunia Maya

Artikel ini memang saya buat untuk mengenang salah satu teman terbaik saya di dunia maya, terutama di forum Indowebster. Namsadin, sebut saja begitu, dan nama itu juga yang dijadikannya sebagai id member di IDWS. Saya mengenal namsadin sekitar 5 tahun yang lalu di forum Indowebster. Tidak hanya sebagai seorang teman yang biasa ngobrol di forum, tapi juga sebagai partner kerja. Sebab pada saat itu kami berdua memiliki jabatan sebagai moderator di forum tersebut.

Agak lupa juga bagaimana awal pertemuan antara saya dengan namsadin di sana. Tapi sejauh yang saya ingat, namsadin dan saya memiliki tugas untuk memoderasi untuk sub forum komputer. Memang selama saya kenal dengan namsadin, banyak sekali ilmu yang saya dapatkan darinya, terutama yang berkaitan dengan hosting dan server. Saya banyak diajarkan tentang bagimana cara mudah untuk mencari uang di internet. Kebetulan sekali memang, dimana saat itu saya belum memiliki pekerjaan tetap.

Berkat teman saya yang satu ini pula saya bisa memulai untuk menjalankan bisnis hosting. Dimulai dengan mencoba bisnis reseler hosting. Waktu itu namsadin memiliki akun master reseller dari salah satu provider hosting di Indonesia. Setelah ilmu-ilmunya tentang bisnis dan pengelolaan hosting diturunkan ke saya. Saya pun mulai mencoba juga untuk berjualan hosting, agar tidak bertabrakan dengan sang guru, maka saya mencoba mengambil hosting USA.

Dalam hal internet, namsadin pun menurunkan ilmunya ke saya. Ternyata internet itu nggak cuma gitu-gitu aja, banyak sekali kesenangan yang saya dapatkan dari internet. Tidak hanya just for fun, tapi juga ada hasilnya, sehingga saya bisa mengumpulkan banyak uang dari internet. Mengenai soal private torrent, seedbox, rapidleech pun saya dapatkan ilmunya dari namsadin.

Di forum Indowebster sendiri, banyak kegilaan yang sudah kami lakukan bersama. Waktu itu di forum Indowebster ada istilah yang namanya Top Uploader. Walaupun kami berdua saat itu sudah menjabat sebagai moderator, sehingga tidak bisa mendapatkan pangkat sebagi Top Uploader di forum Indowebster. Namun kami bisa mendapatkan previlage lebih di portal Indowebster, yaitu bisa mengupload file yang ukurannya hingga 3 GB.

Gimana ceritanya mau jadi top uploader? Koneksi internet saya aja pas-pasan hanya cocok buat download-download aja. Lalu namsadin menantang saya “Ayo kita lomba jadi Top Uploader IDWS sampai masuk 10 besar!”. Nah disini saya tertantang dengan ide gilanya, saya dan namsadin sama-sama membeli sebuah VPS yang digunakan untuk upload ke Indowebster. Berbekal ilmu yang pernah diturunkannya ke saya, dan juga modal berupa akun Megaupload premium dan beberapa akun di private torrent saya semakin tertantang untuk menerima taruhan tersebut. Singkat kata, saya dan namsadin saling kejar-kejaran untuk mendapatkan status Top Uploader di portal IDWS. Akhirnya pemenangnya adalah saya yang mendapatkan peringkat 5 besar! Memang sebuah pengalaman dan kegilaan yang paling seru selama di Indowebster.

Tidak hanya di portal IDWS saja, masih banyak kegilaan lain di forum IDWS. Bahkan sampai saya menjabat menjadi Super Moderator/Co-Admin di forum IDWS pun masih banyak kegilaan-kegilaan yang dilakukan disana. Lama berselang setelah itu, namsadin sudah jarang aktif di forum karena Ia pindah ke daerah pelosok di Papua, sehingga kesulitan untuk mendapatkan koneksi internet. Hingga setelah saya pensiun dari jabatan Co-admin di forum Indowebster, sesekali namsadin muncul di forum atau ngobrol di YM. Sekitar bulan April 2015, saya mendapatkan kabar bahwa namsadin meninggal karena sakit.

Sedih sekali rasanya walaupun kami hanya berteman melalui internet, namun banyak kenangan manis yang saya dapatkan. Domain pertama saya simple-aja.info yang dulu dibayarkan dengan akun paypalnya. Beberapa invite akun private torrent (Blackcats-games dan TorrentDay) dan sebuah akun IPTorrents miliknya akan saya jaga selalu.

Selamat jalan sahabatku Namsadin, semoga amal ibadahmu diterima Di sisi-Nya dan semoga keluarga yang ditinggalkan bisa tetap tabah menjalaninya.

 

2 Comments

  1. Bayu Wirya Putra 17 Jun 2015 00:24
    • Venantius venantius 17 Jun 2015 00:37

Leave a Reply