Review Beberapa Private Tracker Unggulan – Bagian Pertama

Sebelumnya Simple-Aja sudah pernah mereview beberapa File Hosting, baik itu yang berada di Indonesia (IIX) maupun yang berada di luar negeri (IX). Memang semenjak adanya kebijakan SOPA/PIPA mulai merebak, dan dengan ditutupnya MegaUpload sebagai salah satu file hosting internasional terbesar, maka hal itu turut mempengaruhi file hosting lainnya, tren seputar file sharing pun banyak yang berubah.

Ilustrasi jaringan P2P

Misalnya saja, FileServe dan FileSonic yang merubah kebijakannya, sehingga kita tidak lagi dapat melakukan sharing file. Kamu hanya dapat mendownload file yang kamu upload sendiri pada file hosting tersebut. Juga MediaFire yang berubah haluan dari File Hosting dengan fitur unlimitednya untuk free user, menjadi layanan Cloud Storage. Walaupun di file yang diunggah di MediaFire masih dapat di sharing secara umum.

Perlu diketahui juga bahwa MegaUpload dan FileServer memiliki pengaruh yang sangat besar dalam dunia file sharing. Oleh karena itu saat ini kita mungkin merasakan sulitnya mencari koleksi-koleksi lama, misalnya film, lagu, anime, game dan lainnya yang dapat di download melalui internet.

Sejak saat itu pula saya mulai mencari alternatif lain sebagai sumber download, saya mulai mencoba aplikasi torrent sebagai alternatifnya. Disini saya menemukan situs-situs torrent indexer, seperti The Pirate Bay, KickAss Torrent, dan masih banyak lagi, namun tetap saja, tidak semua kebutuhan saya terpenuhi, karena public traker kurang menjamin bahwa semua torrent yang disediakan masih dapat didownload. Tidak jarang pula speed download torrent sangat lambat karena seedernya minim, dan banyak pula yang tidak dapat didownload hingga selesai.

Kan masih ada Indowebster? Ya memang, IDWS merupakan file hosting terbesar di Indonesia, namun banyak juga koleksi-koleksi file yang rusak. Selain itu ketergantungan pada sebuah file hosting saja bukan ide yang bagus, artinya kita juga sangat bergantung terhadap uploadernya. Nah disini saya mulai mencari informasi tentang torrent dan seluk-beluknya serta mulai mencari-cari informasi tentang tracker site yang lebih reliable.

Saya mendapatkan informasi mengenai profil dari berbagai private tracker pada sebuah forum, disitulah saya mulai mencoba-coba untuk mendapatkan invite agar saya bisa bergabung dalam sebuah situs private tracker. Lalu apa sih sebenarnya private tracker itu?

Apa itu Private Tracker?

Private tracker atau private torrent adalah suatu situs yang menyediakan informasi tentang torrent, sama seperti public tracker pada umumnya. Namun perbedaannya adalah, private tracker mengharuskan kita untuk mendaftar terlebih dahulu agar kita dapat mengakses informasi mengenai torrent di dalamnya dan untuk dapat mendownload file melalui aplikasi torrent. Pada umumnya untuk mendaftar pada sebuah private tracker hanya dapat dilakukan melalui invite dari member yang sudah terdaftar pada private tracker tersebut. Walaupun sesekali waktu sebuah private tracker dapat menggelar open registration untuk menjaring member baru.

Apa Keuntungan Bergabung Pada Private Tracker

Setiap private tracker atau private torrent site, memiliki aturan umum yang harus diaptuhi oleh setiap membernya, apabila aturan tersebut dilanggar, maka member tersebut akan mendapatkan sanksi dan kemungkinan terburuknya adalah banned. Aturan-aturan yang ada pada private torrent biasanya mengatur masalah rasio. Tracker akan melimit user apabila mencapai rasio minimum yang ditentukan, hingga user tersebut memulihkan rasionya kembali.

Oleh karena itu private torrent lebih menjamin kelangsungan setiap torrent yang ada, sehingga dapat meminimalisir dead torrent. Sehingga tidak jarang kita dengan mudah mendownload koleksi-koleksi file lama melalui private torrent yang sudah jarang ditemukan pada file hosting.

Jadi sebuah komunitas private torrent adalah merupakan suatu metode file sharing yang paling ideal diantara metode file sharing lainnya. Dimana pada private torrent berlaku semboyan “dari member oleh member dan untuk member”.

Kelebihan lainnya dari sebuah private torrent adalah kualitas konten sangat terkontrol dengan baik, hampir tidak ditemukan fake file (file yang isinya tidak sesuai dengan deskripsi), file bervirus, atau file dengan kualitas yang tidak layak untuk di sharing (misalnya saja film hasil sorotan handycam dari bioskop). Karena setiap file yang diupload oleh member akan direview terlebih dahulu oleh staf/moderator sebelum dipublish untuk dapat didownload oleh member lainnya.

Saya rasa cukup penjelasan mengenai private torrent, selanjutnya saya akan mereview satu demi satu untuk setiap website private torrent yang saya ikuti pada artikel selanjutnya. Namun apabila ada yang ingin bertanya lebih lanjut mengenai private torrent, silahkan saja membuat komentar dibawah, mudah-mudahan saya bisa membantu menjelaskannya.

Artikel Terkait

[related_posts limit=”4″]

 

2 Comments

  1. Booga 09 Mar 2015 23:02
    • Venantius venantius 10 Mar 2015 05:56

Leave a Reply