Rangkaian Penambah Daya Port USB – Bagian Kedua

Pada artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai cara pembuatan kabel perpanjangan USB baik menggunakan kabel shielded khusus atau kabel Cat7+ sekaligus skematik dan rangkaian penambah daya port USB. Selanjutnya saya akan membahas cara membuat rangkaian repeater penguat signal usb. Dimana nantinya rangkaian repeater penguat signal usb ini dapat digabungkan dengan rangkaian penambah daya dari port usb yang telah kita bahas sebelumnya.

Skema Rangkaian Repeater Penguat Signal USB

Rangkaian ini berfungsi untuk menguatkan tegangan dan signal USB dari pin 2 dan pin 3 pada port USB komputer kamu. Sedangkan pada rangkaian penambah daya yang sebelumnya sudah dibahas hanya berfungsi menguatkan arus dan menstabilkan tegangan pada pin 1 dari port USB komputer. Sehingga dengan menggabungkan kedua rangkaian ini didapatkan baik itu penguatan arus dan juga penguatan signal datanya.

Setiap IC USB repeater memerlukan transaction translator baik itu yang sudah tertanam pada chip maupun berupa IC terpisah. USB transaction translator sendiri terdiri dari 2 jenis yaitu STT dan MTT. Jenis IC yang banyak beredar dipasaran diantaranya adalah TUSB2046, TUSB2036, TFE11S, LT8311. Komponen tambahan yang dibutuhkan bergantung pada tipe/seri IC yang akan digunakan, dan tidak perlu khawatir setiap chip yang beredar memiliki datasheet dan reference design untuk memudahkan pembuatannya.

Disini saya akan memilih menggunakan TFE11S. Komponen yang dibutuhkan tidak terlalu banyak dan mudah didapatkan, yaitu sebuah Xtal 12 MHz, tiga buah elco 10μF/10V, dua buah kapasitor mylar 100 nF dan sebuah resistor 2.7kΩ. Saya membuat dengan mengikuti desain referensi dari manufaktur IC tersebut. Skema rangkaian adalah seperti dibawah ini:

Skema sirkuit USB signal repeater
Skematik rangkaian USB signal repeater.
 

Dengan menggunakan rangkaian diatas, perangkat-perangkat USB seperti modem, dongle wifi, webcam, tetap dapat bekerja dengan baik apabila disambungkan menggunakan kabel perpanjangan usb yang sangat panjang hingga 15 meter. Apabila perangkat usb yang kamu gunakan membutuhkan daya yang lebih besar lagi, kamu juga dapat membuat rangkaian kombinasi yang menggabungkan rangkaian penambah daya usb dengan rangkaian signal repeater usb.

Selain itu apabila membutuhkan kabel yang lebih panjang lagi, rangkaian signal repeater usb ini dapat di-cascade hingga 3x penguatan sehingga total panjang kabel USB bisa mencapai 45 meter. :hoho: Menarik bukan?

Berapa biaya yang dihabiskan untuk membuatnya?
Di daerah saya, IC TFE11S harganya Rp.23.000, XTAL 12 MHz Rp. 3500, semua kapasitor dan resistornya habis Rp.2650. Jadi totalnya nggak sampai tiga puluh ribu.

Berikut ini adalah video dari rangkaian penguat sinyal data usb yang sudah dikombinasikan dengan rangkaian penambah daya usb. Panjang kabel yang digunakan adalah 10 meter, dan saya melakukan pengujian untuk menghubungkan USB Wireless Adapter TP-Link. Nampak pada video bahwa perangkat USB yang dihubungkan dapat terdeteksi oleh komputer tanpa ada masalah.


Demo Video 1. TP-Link Wireless USB Adapter pada Kit Combo.

Selain itu saya juga melakukan pengujian dengan perangkat usb lain yang membutuhkan daya besar yaitu USB External HDD 2.5″ yang juga sangat sensitif apabila kabel USB yang digunakan terlalu panjang. Namun disini dapat dibuktikan bahwa USB External HDD dapat beroperasi baik, bahkan untuk melakukan transfer data tidak ada penurunan kecepatan yang berarti.


Demo Video 2. Harddisk Eksternal 2.5″ USB pada Kit Combo.

USB Power Injector dengan Penguat Signal USB

Apabila Anda tidak memiliki keahlian yang cukup untuk merangkai komponen elektronika, atau mungkin malas membuatnya karena tidak ada waktu, tidak perlu khawatir! Kami bisa membantu membuatkannya untuk Anda. Rangkaian yang kami tawarkan ini memiliki fungsi tidak hanya untuk menguatkan arus saja, tetapi juga untuk menguatkan signal dari port USB, sehingga rangkaian ini sangat cocok apabila digunakan untuk USB modem 3G/EVDO yang tidak memiliki konektor antenna eksternal, sehingga hanya bisa menggunakan jenis antena wajanbolic atau bazooka saja, dimana posisi modem ada diatas antenna, jauh dari PC.

Alat ini juga bisa digunakan untuk perangkat usb lainnya seperti webcam usb, dongle wifi usb, printer, scanner, proyektor dan perangkat usb lain yang letaknya berjauhan dengan komputernya.

Berikut ini spesifikasi dan kelebihannya:

  • Menggunakan shield cable dengan 1 pair Ø 28 AWG + 1 pair Ø 24 AWG tanpa sambungan.
  • Dilengkapi dengan rangkaian penguat signal USB menggunakan chip LT8311/SMC3250/TFE Series
  • Dilengkapi dengan rangkaian penguat arus, hingga 2500mA

Gambar Kit USB Combo
Kit USB Kombinasi (Power Injector + Repeater)

Penawaran Harga dari kami:

Kabel Shielded High Quality (per 10 meter) Rp.95000
Kabel Shielded High Quality (1 roll / 50 meter) Rp.400000
Kit Power Injector 1000mA – Rp.95000
Kit Power Injector 2500mA – Rp.135000
Kit USB Kombinasi 1A – Rp.335000
kit power injector yang dilengkapi signal repeater dengan kapasitas arus hingga 1000 mA dan kabel shielded sepanjang 10 meter.
Kit USB Kombinasi 3A – Rp.465000
kit power injector yang dilengkapi signal repeater dengan kapasitas arus hingga 2500 mA dan kabel shielded yang dapat diperpanjang hingga 20 meter

Harga diatas dapat berubah-ubah sewaktu-waktu, belum termasuk ongkos kirim. Apabila berminat silahkan datang ke tempat kami untuk di test kompabilitas dengan perangkat USB Anda.

Beberapa perangkat usb yang sudah pernah diuji pelanggan menggunakan alat ini:

  • USB Modem Huawei: E1550, E156, E172. E173, K4505, K4510, E220
  • USB Modem ZTE: AC2726, Cyrus, MF668, MF691
  • USB WiFi Dongle: TP Link TL-WN821N, TL-WN822N, Dlink DWA-160
  • USB External Harddisk 2.5″, WD Element 1 TB Sata3
  • Printer HP D2566, Canon All In One MG 3170

Untuk pemesanan, Anda dapat mengirimkan email dengan subject “Order – Kit USB Injector” lalu jangan lupa untuk mencantumkan nama dan alamat lengkap tujuan pengiriman, nomor kontak yang dapat dihubungi, serta nama produk yang ingin dipesan sesuai dengan list yang tersedia diatas. Sebab tanpa mencantumkan alamat pengiriman, tentu saja kami tidak bisa menginformasikan berapa total biayanya.

Saat ini kami sudah tidak menerima pembuatan kit USB injector maupun signal repeater USB. Sebelumnya kami memang menawarkan pembuatan kit diatas dikarenakan ada cukup banyak parts (terutama IC TFE1S) dari sisa pesanan project. Oleh karena itu sebagai alternatifnya kami menyarankan untuk mencari orang yang dapat membantu membuatkannya. Umumnya tukang service elektronika pun seharusnya bisa kalau hanya sekedar merakit saja, karena list komponen yang dibutuhkan beserta skema rangkaiannya sudah dijabarkan diatas.

Kontak dan Informasi

Pertanyaan diluar jasa ini tidak akan kami layani.

Jl. Pahlawan Komp. Kehutanan No.44. Bondongan Selatan, BOGOR 16131.
(Belakang RS Melania, Ada plang dan banner FANNY Salon).

 

65 Comments

  1. Basuki Rahmad 16 Feb 2016 05:01
  2. Edo 14 Sep 2015 18:20
  3. thomas 02 Apr 2015 14:35
    • Venantius venantius 02 Apr 2015 14:45

Leave a Reply