Perjalanan Website Simple-Aja Dari Dulu Hingga Sekarang

Seperti yang sudah sedikit diceritakan pada artikel Tentang Website Simple-Aja. Di tahun pertama, blog ini masih dikelola oleh 3 orang anggota kami. Dimana kebanyakan artikel yang dimuat berfokus pada catatan pribadi yang berkaitan dengan apa yang dipelajari saat kuliah dulu. Kemudian saat kami mulai berpisah karena kesibukan di dunia nyata, saya berusaha tetap untuk mempertahankan keberadaan blog ini.

Dengan sedikit pengalaman tentang dunia web hosting dan server, saya mencoba untuk membuat sesuatu yang lain dengan blog ini. Dari yang awalnya hanya digunakan sebagai tempat untuk menuangkan pengalaman pribadi kami. Kemudian saya mencoba untuk menjadikannya sebuah komunitas umum. Dengan bentuk website yang tetap berupa blog dengan platform wordpress, saya ingin mencoba untuk mengembangkan sebuah komunitas yang terbuka. Sebab pada saat itu saya belum banyak pengalaman dengan platform cms yang berbentuk bulletin seperti halnya Indowebster atau Kaskus.

Perjalanan Website Simple-Aja: Dari Blog Pribadi Menjadi Blog Komunitas

Dengan membuka registrasi, setiap member dapat membuat artikelnya sendiri. Memang sih, kebanyakan artikel yang ditulis oleh member disini adalah artikel yang juga ada di Indowebster. Karena membernya pun kebanyakan berasal dari sana. Di website ini, setiap member yang menyumbangkan artikelnya, bisa request untuk diuploadkan file yang berhubungan dengan isi artikel yang dituliskan. Hal ini juga sebagai bentuk timbal balik dan sebagai ucapan terima kasih kepada member yang telah menyumbangkan artikelnya.

Oleh karena itu niche blog Simple-Aja menjadi sedikit melebar. Yang awalnya hanya berisi artikel tentang komputer dan elektronika. Blog ini berkembang ke arah hiburan multimedia dengan banyaknya komunitas yang menyumbangkan artikel tentang musik, film, dan game pc, software, dan lainnya. Kebanyakan member biasanya request untuk diuploadkan ke file hosting Indowebster, Maknyos, dan Mediafire.

Pindah ke VPS dan Mendapatkan Biaya Untuk Mengelola Website

Karena komunitas yang terus bertambah dan juga ada keperluan lain yang dibutuhkan untuk menunjuang website ini, tentu saja shared hosting sudah tidak lagi bisa digunakan. Oleh karena itu saya berencana untuk memindahkan website ini yang semula berada di shared hosting ke sebuah virtual private server. Saya pun membeli 2 buah VPS yang spesifikasinya berbeda. VPS yang lebih kecil saya pergunakan untuk menghostingkan website, dan VPS yang lebih besar saya pergunakan untuk keperluan download, upload dan reupload ke file hosting.

Disini saya dibantu oleh beberapa member yang memang sudah saya kenal baik di Indowebster. Saya memberikan mereka akses ke server vps. Tujuannya adalah agar bisa membantu member Simple-Aja lainnya yang aktif disini. Sehingga bisa menguploadkan data ke file sharing yang diminta dengan lebih cepat, tanpa harus mengandalkan koneksi internet mereka dirumah. Proses download dan reupload ke layanan file sharing semuanya dilakukan di server melalui remote desktop.

Sedangkan saya sendiri hanya bertugas mengawasi saja, walau sering saya juga harus turut membantu tugas uploader ketika sedang banyak permintaan untuk diuploadkan ke Indowebster atau Mediafire. Sejak itu member yang ikut dalam komunitas blog Simple-Aja semakin bertambah banyak, dalam kurun waktu beberapa bulan saja, user yang mendaftar di blog mencapai lebih dari 3000 orang. Dan artikel yang dipublikasikan jumlahnya sudah mencapai 523 postingan. Walaupun tidak semuanya menjadi member aktif, sebagian besar dari mereka hanya ingin mengakses link download saja.

Lalu bagaimana saya bisa membiaya sewa VPS? Membiayai VPS adalah soal mudah, banyak cara yang bisa kita usahakan selama kita memiliki tekad yang kuat. Memang, sebelum saya memindahkan website ini ke sebuah VPS, saya sudah memiliki akun reseller hosting yang saya pergunakan untuk berjualan shared hosting. Jadi biaya awal didapatkan dari menyisihkan sedikit keuntungan usaha shared hosting yang saya jalankan.

Kemudian saya pun mencoba ikut berbagai program periklanan, adsense, referal, pay to click, pay to download dan sejenisnya. Diantara sekian banyak cara untuk mendapatkan uang melalui internet, hanya beberapa saja yang hasilnya menjanjikan. Namun paling tidak, saya sudah bisa membiayai kedua server VPS yang saya pergunakan untuk keperluan komunitas blog Simple-Aja. Tanpa harus lagi menyisihkan keuntungan dari usaha shared hosting saya.

Perjalanan Website Simple-Aja: Kendala Yang Pernah Dialami

Dalam setiap menempuh perjalanan, kadang kita harus melalui jalan yang berliku, menanjak, atau berlubang. Begitu juga dengan komunitas blog Simple-Aja, setelah hampir berjalan satu tahun, kami mengalami musibah. Provider VPS dimana tempat kami menyewa tiba-tiba menghilang begitu saja. Alhasil kami kehilangan data-data yang ada di server VPS berikut dengan backupnya. Karena VPS yang digunakan sebagai tempat backup disewa dari provider yang sama. Lenyaplah sudah semua konten dan artikel blog ini. Pengalaman pahit memang! Tapi apa boleh buat, saya jadikan ini sebagai pengalaman berharga.

Dari hampir 700 artikel yang dimuat di blog ini, hanya sekitar 100 artikel yang bisa diselamatkan, karena kebetulan saya memiliki database yg sempat didownload ke komputer, walaupun itu merupakan database lama. Aktivitas blog pun sempat terhenti dan akhirnya saya memutuskan untuk menghentikannya. Sebab saat itu pun saya sedang fokus untuk mengembangkan usaha web hosting yang sedang saya jalankan.

Mungkin kalau diantara kalian yang mengunjungi website ini karena menemukan file berpassword di Indowebster. Kemungkinan besar, Anda tidak bisa menemukan artikel yang berhubungan, sebab banyak artikel yang disumbangkan oleh komunitas disini hilang karena kendala yang dihadapi.

Perjalanan Website Simple-Aja: Dari Blog Komunitas Menjadi Blog Campursari

Setelah vakum sekitar setengah tahun, saya mencoba untuk membangkitkan kembali blog ini. Walau aktivitasnya tidak seramai ketika masih menjadi sebuah blog komunitas. Karena saya hanya memposting artikel saat ada waktu luang saja. Daripada hanya digunakan untuk berbagi informasi berupa artikel, saya pun mencoba untuk mempromosikan beberapa usaha yang saya jalani saat ini. Mulai dari jasa download, jasa pengelolaan server (managed server), reseller hosting dan vps, seedbox hosting, hingga sewa kost-kostan.

Disamping itu juga, saya siap untuk menampung promosi iklan usaha untuk masyarakat di sekitar kota Bogor. Barangkali saja bisa membantu masyarakat di sekitar tempat tinggal saya untuk memperluas usahanya. Sehingga secara tidak langsung juga saya bisa membantu pertumbuhan perekonomian masyarakat di sekitar kota Bogor.

Last edited by Simple-Aja on September, 05 2014

 

Leave a Reply