Perbedaan TV Tabung dengan LCD/LED

Perbedaan TV tabung dengan LCD – Perbedaan utama antara televisi tabung dengan televisi LCD/LED adalah pada teknologi yang diusungnya. Perangkat TV tabung memproses gambar secara analog sedangkan TV LCD/LED memproses gambar secara digital. Jenis layar yang digunakan oleh keduanya pun berbeda. Dimana TV tabung menggunakan layar CRT (Cathode Ray Tube) sedangkan TV LCD/LED menggunakan panel semikonduktor (Digital Flat Panel).

perbedaan tv tabung dengan lcd/led
Ilustrasi Artikel – Perbedaan Utama TV Tabung dengan TV LCD/LED

Saat ini teknologi cepat sekali mengalami perkembangan. Namun seringkali perkembangan teknologi tidak sejalan dengan kebutuhan penggunanya. Salah satunya adalah soal teknologi perangkat televisi. Saya yakin bahwa saat ini televisi LCD sudah sangat populer di kalangan masyarakat. Harganya pun kian murah, sehingga televisi LCD bukan lagi barang mewah seperti di awal perkembangannya.

Perbedaan TV Tabung dengan LCD/LED, Kelebihan dan Kekurangannya

Dibawah ini akan dijelaskan perbedaan tv tabung dengan LCD berdasarkan kelebihan dan kekurangannya.

  • Resolusi Layar
  • Televisi tabung atau CRT tidak memiliki native resolution. Karena pemrosesan gambar masih analog, maka resolusi televisi tabung diukur oleh banyaknya dot pitch pada CRT-nya. Televisi LCD/LED memiliki native resolution, yaitu resolusi maksimum yang dapat ditampilkan oleh layar tersebut. Oleh karena itu, televisi LCD hanya akan menampilkan gambar yang paling baik pada resolusi nativenya.

    Apabila kita “konversikan” dot pitch menjadi pixel, maka sebuah televisi tabung memiliki resolusi 640×480 pixel. Sedangkan resolusi pada televisi LCD biasanya 1360×768 pixel atau 1920×1080 pixel atau 3840×2160. Sekurang-kurangnya, televisi LCD dapat menampilkan gambar dalam kualitas High Definition.

  • Konsumsi Listrik
  • Televisi tabung masih menggunakan komponen CRT dan flyback sehingga kebutuhan konsumsi daya yang besar. Sedangkan televisi LCD hanya memerlukan konsumsi daya hingga 70% lebih rendah.

  • Ukuran Dimensi
  • Televisi tabung memiliki ukuran yang tebal dan bobotnya lebih berat. Sehingga terkesan memenuhi ruangan dan kurang praktis untuk dipindah tempat. Sedangkan televisi LCD memiliki bobot yang jauh lebih ringan dan ketebalannya yang hanya beberapa cm saja. Dapat ditaruh di dinding dan mudah dipindah tempat.

  • Lebar Sudut Pandang
  • Televisi tabung memiliki lebar sudut pandang yang paling luas secara vertikal maupun horizontal. Sedangkan televisi LCD/LED memiliki sudut pandang vertikal yang lebih sempit. Sehingga tampilan gambar pada televisi LCD akan kurang baik apabila posisi orang yang melihatnya jauh lebih tinggi atau lebih rendah.

  • Harga
  • Untuk saat ini mungkin harga televisi tabung 21 hingga 29 inch pada umumnya tidak terpaut jauh dengan harga televisi LCD dengan ukuran 22 hingga 29 inch. Bahkan untuk televisi LCD 32 inch saat ini untuk harga terendahnya berada di kisaran 2.5 juta.

Dari 5 poin mengenai perbedaan tv tabung dengan LCD, resolusi layar adalah poin yang paling penting. Anda akan kecewa ketika memiliki televisi dengan resolusi tinggi tetapi tidak memiliki perangkat lainnya sebagai pendukung televisi tersebut.

Alasan Mengganti TV Tabung ke TV LCD/LED

Alasan mengganti televisi tabung ke LCD sepertinya lebih dipengaruhi oleh iklan atau sekedar memenuhi gengsi. Bahwa televisi LCD memiliki kualitas gambar yang lebih tajam dan lebih detail. Lebih hemat penggunaan konsumsi listrik, dan lebih ringkas. Sehingga tidak banyak terlalu memakan ruangan. Tapi apakah alasan tersebut memang sudah tepat?

Memiliki sebuah TV LCD bukan berarti Anda bisa langsung menikmati keunggulannya. Anda juga harus menyiapkan perangkat pendukungnya yang diciptakan untuk menjadi “teman” bagi TV LCD Anda. Misalnya saja BD player atau perangkat dekoder siaran TV digital.

Apabila Anda masih mengandalkan antena biasa untuk menonton siaran tv. Anda akan melihat perbedaan kualitas gambar yang ditampilkan ketika masih menggunakan TV tabung. Gambar akan terlihat buram pada layar TV LCD Anda. Makin besar ukuran layar LCD, maka makin jelas telihat buruknya. Jadi tidak terasa keunggulan dari TV LCD yang sudah Anda beli.

Selama Anda masih menyandingkannya dengan perangkat DVD player. Tampilan gambar di layar LCD untuk menonton video yang diputar melalui DVD player tidak akan lebih baik. Bahkan malah sebaliknya, gambar jadi terlihat pecah. Dalam hal ini Anda juga tidak bisa merasakan keunggulan dari TV LCD tersebut.

Begitu pula halnya apabila Anda senang mengoleksi film dari internet. Maka mau tidak mau Anda akan mendownload video dengan kualitas HD, yang tentu saja ukurannya lebih besar. Artinya diperlukan koneksi internet yang lebih cepat. Tentu saja ini akan menambah biaya pengeluaran bulanan Anda.

Televisi LCD baru benar-benar bisa dirasakan manfaat dan keunggulannya ketika Anda sudah siap dengan konten HD. Dimana salah satunya bisa didapatkan dari:

  • Blu-ray Player
  • Blu-ray player digunakan untuk memutar film yang disimpan dalam kepingan BD (Blu-ray Disc). Blu-ray player ini memang diciptakan sebagai pendamping televisi LCD untuk menggantikan teknologi DVD player yang sudah usang.

  • Provider TV Digital Berlangganan
  • Baik itu menggunakan media satelit maupun fiber optic. Provider TV berbayar biasanya menyediakan konten definisi tinggi, misalnya saja HBO, Fox Premium, dan lainnya. Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa stasiun televisi yang juga menyediakan siaran dalam konten HD, misalnya NET, Kompas TV, Trans 7, TransTV, dan Berita Satu.

  • Koneksi internet berkecepatan tinggi
  • Dengan koneksi internet berkecepatan tinggi, Anda bisa menikmati streaming video HD atau berlangganan layanan TVOD seperti Netflix, Hulu, Viki, Dramafever, dan lainnya. Anda pun bisa mendownload bermacam video kualitas HD yang banyak tersedia di internet.

Apabila salah satu hal diatas tidak dapat dipenuhi, nampaknya sia-sia saja mengganti televisi tabung lama Anda ke televisi LCD. Apabila dianalogikan sama seperti halnya ketika seseorang membeli sebuah mobil sport mewah, namun hanya bisa menggunakan bahan bakar premium. Performa mobil tersebut tidak bisa dirasakan oleh pengendaranya secara maksimal.

 

Leave a Reply