Perbandingan Layanan Cloud Storage Gratis Terbaik Saat Ini

Ada benyak pilihan layanan cloud storage gratis saat ini. Namun diantara banyaknya pilihan yang tersedia, mungkin beberapa diantaranya tidak sesuai dengan harapan atau memenuhi segala kebutuhan Anda. Barangkali dari review dan perbandingan layanan cloud storage gratis yang saya tuliskan disini, salah satunya ada yang cocok dengan kebutuhan Anda. Namun, sebelum saya melanjutkan review dan perbandingan layanan cloud storage gratis yang terbaik saat ini. Saya akan sedikit menjelaskan terlebih dahulu mengenai cloud storage.

Perbandingan layanan cloud storage gratis terbaik saat ini

Apa itu Cloud Storage dan Perbedaannya Dengan Layanan File Sharing

Cloud Storage dan file sharing merupakan sebuah media penyimpanan data secara online yang menggunakan jaringan internet. Data yang diunggah dan disimpan pada cloud storage maupun file sharing bisa dibagikan dan bisa juga digunakan untuk keperluan sendiri. Walaupun keduanya memiliki fungsi yang sama, namun ada beberapa hal yang membedakan antara layanan cloud storage dan file sharing konvensional.

Pada umumnya sebuah layanan cloud storage memiliki fitur dan aplikasi untuk mensinkronisasikan data antara server yang menjadi tempat penyimpannya dengan komputer atau perlalatan yang diintegrasikan kedalamnya. Selain itu, pada layanan cloud storage umumnya tidak ada batasan masa simpan file seperti halnya di layanan file hosting konvensional.

Dengan demikian, file atau data yang sudah kita unggah ke dalam server cloud storage akan bersifat permanen, tidak akan hilang dalam waktu tertentu dikarenakan kadaluarsa atau expired (apabila dalam jumlah waktu tertentu tidak ada yang mendownloadnya). Sehingga cloud storage sangat cocok digunakan sebagai media backup data secara online. Dengan adanya fitur sinkronisasi, proses backup data dapat berjalan secara otomatis pada background.

Review dan Perbandingan 5 Layanan Cloud Storage Terbaik Saat Ini

  1. Dropbox
  2. merupakan sebuah layanan cloud storage yang pertama kali diperkenalkan secara perdana pada tahun 2008, jauh sebelum Google memperkenalkan layanan cloud storagenya. Dari beberapa penyedia layanan cloud storage gratis lainnya, Dropbox adalah yang paling pelit. Dropbox hanya memberikan kapasitas sebesar 2 GB saja untuk layanan penyimpanan gratisnya. Namun hingga saat ini dropbox masih menjadi layanan cloud storage gratis yang cukup banyak digunakan oleh pengguna internet di Indonesia. Selain aplikasi yang disediakan oleh pengembang Dropbox sendiri, banyak sekali aplikasi-aplikasi yang dikembangkan oleh pihak ketiga untuk memanfaatkan dropbox sebagai media penyimpanan online untuk diintegrasikan dengan berbagai platform website.

    Sebut saja misalnya BackupBuddy, BackWPup, dan wp Time Machine. Merupakan plugin WordPress yang menggunakan dropbox sebagai sarana untuk membackup website berbasis wordpress beserta databasenya. Salah satu plugin cPanel, yaitu cPBackup juga memiliki addon yang memanfaatkan Dropbox untuk membackup akun user cPanel.

    Namun pada review mengenai perbandingan layanan cloud storage gratis saat ini, saya menaruh dropbox di posisi terakhir. Karena kapasitas peyimpanan yang diberikan sangat sedikit untuk ukuran saat ini. Selain juga dropbox memiliki limitasi yaitu menonaktifkan akun yang tidak digunakan setelah lebih dari 90 hari.

  3. Box
  4. Logo layanan cloud storage Box.net

    Box Inc. adalah sebuah layanan online file sharing berbasis cloud yang juga menyediakan layanan content management. Layanan ini dilaunching untuk pertama kalinya pada tahun 2005. Basis inti dari layanan ini adalah sharing, collaborating, dan working with files (berbagi, berkolaborasi dan bekerja dengan file). Box menyediakan 3 macam akun pada layanannya yaitu Personal, Business, dan Enterprise. Namun disini kita hanya akan mengupas lebih jauh tentang layanan Personal yang bersifat free atau gratis.

    Layanan Box untuk personal menyediakan kapasitas storage hingga 100 GB. Lumayan besar jumlahnya untuk sebuah layanan cloud storage gratis. Namun untuk layanan personal dari Box masih terdapat batasan dalam hal besar file yang dapat diunggah, yaitu 250 MB untuk setiap filenya. Selain itu juga terdapat batasan penggunaan bandwidth, yaitu sebesar 10 GB.

    File preview yang didukung oleh Box diantaranya adalah:

    • Dokumen
    • Ekstensi format dokumen yang didukung diantaranya adalah: doc, docx, xls, xlsx, ppt, pptx, pdf, odt, odp, ods, gdoc, gsheet.

    • Text
    • Ekstensi format teks yang didukung diantaranya adalah: csv, rtf, txt, html, js, py, css, csv, pl, h, php, m, make.

    • Image
    • Ekstensi format gambar/foto yang didukung diantaranya adalah: psd, ai, bmp, eps, gif, ind, jpeg, jpg, png, ps, tif, tiff.

    • Audio dan Video
    • Ekstensi format video dan audio yang didukung diantaranya adalah: 3g2, 3gp, avi, m2v, m2ts, m4a, m4v, mkv, mov, mp4, mpeg, mpg, off, qt, flv, swf, aac, aifc, aiff, amr, au, flac, m4a, mp3, ogg, ra, ram, wav, wma.

    Beberapa fitur utama lainnya adalah desktop sync dan webdav. Box juga memiliki kecepatan akses yang sangat baik, dari kebanyakan provider internet di Indonesia. Kecepatan dalam hal mengunggah dan mengunduh data adalah secepat koneksi internet yang kita gunakan. Berdasarkan ulasan diatas maka saya menempatkan Box di urutan ke-4 dari review ini. Sebab walaupun Box memberikan ruang penyimpanan yang cukup besar, masih terdapat limitasi terhadap besarnya ukuran file yang dapat diunggah dan bandwidth yang diberikan per bulannya.

  5. Google Drive
  6. Logo layanan cloud storage Google Drive

    adalah layanan cloud storage dan sinkronisasi yang disediakan oleh Google. Basis inti dari layanan GDrive sama seperti layanan cloud storage pada umumnya, yaitu berbagi, berkolaborasi dan bekerja dengan file. File yang kita unggah ke Google Drive dapat dicari melalui search engine apabila kita mensetting akses secara publik. Layanan gratis dari GDrive menyediakan kapasitas storage hingga 15 GB. Walaupun jumlahnya tidak terlalu besar, namun tidak terdapat batasan terhadap ukuran file yang dapat diunggah. Artinya kamu bisa menggunggah data berukuran besar, sebesar kapasitas storage yang dimiliki dari akun GDrive kamu. Selain itu untuk batasan penggunaan bandwidth adalah bersifat fair usage, sehingga apabila file yang kamu miliki tidak dapat diunduh, biasanya kamu bisa mengunduhnya kembali setelah 24 jam.

    File preview yang didukung oleh Google Drive diantaranya adalah:

    • Dokumen dan Google Documents
    • Ekstensi format dokumen yang didukung diantaranya adalah: doc, docx, xls, xlsx, ppt, pptx, pdf, dan semua format google documents.

    • Text
    • Ekstensi format teks yang didukung diantaranya adalah: css, rtf, txt, html, php, cpp, h, hpp, dan js.

    • Image
    • Ekstensi format gambar/foto yang didukung diantaranya adalah: psd, ai, dxf, svg, ps, bmp, gif, jpeg, jpg, png, tif, tiff.

    • Fonts
    • Ekstensi format font yang didukung adalah otf dan ttf.

    • Video
    • Ekstensi format video yang didukung diantaranya adalah: 3g2, 3gp, avi, m2v, m2ts, m4a, m4v, mkv, mov, mp4, mpeg, mpg, webm, flv, dan ogg.

    • Arsip
    • Ekstensi format arsip yang didukung adalah zip dan rar.

    Google drive memiliki aplikasi sync untuk berbagai macam device mulai dari PC hingga smartphone, namun sepertinya tidak tersedia fitur webdav. Untuk kecepatan akses, tentu saja GDrive merupakan yang tercepat diantara layanan cloud storage lainnya, karena sepertinya layanan Gdrive juga menggunakan CDN, jadi aksesnya tergantung dimana kita berada. Oleh karena itu kebanyakan dari internet provider di Indonesia memasukkan layanan dari Google ke dalam niche lokal (IIX). Selain itu google drive dapat diintegrasikan dengan layanan lainnya dari google, misalnya saja gmail dan google+.

    Pada review kali ini, saya menempatkan google drive di posisi ke-3. Walaupun ruang penyimpanan yang diberikan lebih sedikit daripada yang disediakan oleh Box, namun google drive tidak membatasi besaran file yang dapat diunggah. Disamping juga google drive dapat langsung terintegrasi dengan layanan gmail dan layanan google lainnya.

  7. Firedrive
  8. Logo layanan cloud storage Firedrive

    Sebelumnya Firedrive dikenal sebagai Putlocker dimana awalnya merupakan sebuah layanan file sharing konvensional. Selanjutnya Putloker di-rebranding dengan nama Firedrive dengan basis layanan berupa cloud storage pada sekitar akhir Januari 2014. Layanan cloud storage ini berbasis di UK. Firedrive menyediakan kapasitas storage sebesar 50 GB secara cuma-cuma, dengan ukuran maksimum untuk setiap file yang dapat diunggah adalah 2 GB. File yang diunggah dapat dishare secara public maupun private, seperti pada kebanyakan layanan cloud storage lainnya.

    Namun sepertinya Firedrive membatasi pengunduh yang berasal dari Asia, termasuk Indonesia. Namun hal tersebut tentu saja dapat dengan mudah diakali menggunakan vpn atau ssh tunnel untuk mencegah limit download. Fitur-fitur yang terdapat pada Firedrive diantaranya adalah groups, public profiles, filedrops, advanced file permissions, preview dokumen dan preview media files. Saat ini Firedrive belum memiliki fitur dan aplikasi sync untuk perangkat pc dan smartphone, namun Firedrive menyediakan akses FTP untuk mengunggah file. Mengenai kemudahan akses dan kecepatan unggah dan unduh data, saya rasa Firedrive ini termasuk cepat, walaupun lokasi data centernya ada di UK.

    Oleh karena itu dengan kapasitas simpan yang lumayan besar, limitasi ukuran file yang juga wajar, serta fitur FTP yang memudahkan proses mengupload data, saya menempatkan Firedrive di urutan ke-2 pada review kali ini.

    Update October 2014:
    Firedrive hanya bertahan beberapa bulan saja setelah rebranding dari Putlocker. Saat ini walaupun FireDrive masih dapat diakses, namun Anda sudah tidak lagi dapat login, menggunggah, dan mengunduh file dari situs tersebut. Beberapa informasi yang saya dapat menyebutkan bahwa Firedrive mendapatkan masalah soal copyright infringement.

    Lebih dari 1 TB data yang saya simpan disana nampaknya hilang karena data yang saya unggah tidak lagi dapat diakses. Namun itu bukan masalah besar untuk saya, karena saya selalu mengunggah data yang sama ke beberapa cloud storage yang berbeda. Hal ini bukanlah untuk yang pertama kalinya, sebelumnya saya juga pernah mengalami kehilangan data yang saya unggah di file hosting lainnya.

  9. MEGA
  10. Setelah layanan cloud storage dari Firedrive sudah tidak dapat digunakan lagi, saya menambahkan MEGA ke dalam review layanan cloud storage gratis. MEGA merupakan layanan cloud storage yang didirikan oleh Kim Dotcom pada tahun 2013 dengan data center yang berlokasi di New Zealand. Salah satu fitur unik yang menjadi keunggulan MEGA adalah fitur enkripsinya. Setiap data yang diunggah ke MEGA sebelumnya secara otomatis akan dienkripsi di komputer, sehingga menambah rasa aman dan privasi akan data yang kita unggah.

    MEGA menyediakan kapasitas storage sebesar 50 GB secara cuma-cuma untuk layanan gratisnya. Selain itu sepertinya tidak ada limitasi mengenai besar file yang dapat diunggah. Sehingga dapat diasumsikan bahwa limitasi ukuran file yang dapat diunggah adalah sebesar ruang simpan yang tersedia. File yang diunggah ke MEGA dapat dishare secara public maupun private, seperti pada kebanyakan layanan cloud storage lainnya. Selain itu MEGA juga menyediakan API, sehingga setiap developer yang ingin memanfaatkan layanan cloud storage dari MEGA dapat membuat aplikasinya sendiri.

    Saat ini ada beberapa aplikasi uploader, downloader, online video, maupun sinkronisasi data yang tersedia untuk MEGA. Sebagai alternatif dari layanan cloud storage gratis, MEGA layak untuk menggantikan Firedrive yang sudah berhenti beroperasi. Dengan kapasitas storage yang sama besar seperti Firedrive dan juga fitur enkripsi data yang memberikan keamanan dan privasi yang lebih baik, saya menempatkan MEGA pada urutan ke-2 pada review dan perbandingan layanan cloud storage gratis.

  11. Cloud Mail.ru
  12. Logo layanan cloud storage Mail.ru

    adalah layanan cloud storage dan sinkronisasi yang disediakan oleh Mail.Ru. Mail.Ru sendiri merupakan salah satu penyedia layanan email gratis yang berbasis di Rusia. Walaupun fiturnya belum selengkap yang dimiliki Box ataupun GDrive, namun Mail.Ru menyediakan akses webdav. Layanan cloud storage gratis yang disediakan oleh Mail.Ru ini menyediakan kapasitas hingga 1 TB. Sehingga layanan cloud storage ini merupakan satu-satunya layanan cloud storage gratis dengan kapasitas simpan data terbesar.

    Memang agak sulit untuk menggunakan layanan ini karena bahasanya menggunakan aksara rusia. Namun Anda dapat menggunakan browser Chrome yang dapat mentraslate secara otomatis untuk memudahkan penggunaannya. Cloud storage Mail.ru membatasi ukuran maksimal dari file yang diupload atau didownload yaitu 2 GB untuk setiap filenya apabila Anda mengaksesnya melalui web browser. Akan tetapi tersedia aplikasi yang sekaligus berfungsi untuk mensinkronisasikan data antara komputer ke server cloud storage. Sehingga file-file yang berukuran besar dapat diupload dan didownload menggunakan aplikasi ini.

    Untuk file preview yang didukung oleh Mail.Ru juga saya belum mendapatkan informasinya, namun berbagai file gambar sepertinya dapat di preview dengan baik. Memang saya belum banyak mencoba-coba fitur-fiturnya, karena saya menggunakan layanan cloud storage ini untuk membackup data-data yang kebanyakan adalah berupa film dan musik yang saya dapatkan dari private torrent dan public torrent.

    Mail.Ru juga menyediakan aplikasi sync untuk berbagai jenis device mulai dari PC hingga smartphone. Menariknya, Mail.Ru juga memiliki aplikasi desktop sync yang kompatibel untuk Sistem Operasi Linux, termasuk Debian, Ubuntu dan Centos. Untuk kecepatan dan kemudahan akses dari layanan ini juga cukup cepat, walaupun mungkin untuk kecepatan unggah dan unduh data tidak secepat Box dan Gdrive, karena mungkin servernya yang terletak di Rusia. Namun hal ini masih bisa diakali agar kita dapat mengunduh dan mengunggah data secara remote, apabila kkecepatan internet yang Anda miliki terbatas.

    Seperti yang sudah saya ulas pada tulisan diatas, salah satu kekurangan layanan Cloud Mail.ru adalah pada penggunaan bahasanya. Namun hal itu tidak cukup untuk mengurangi penilaian saya akan layanan cloud storage gratisan dari Rusia ini. Kapasitas simpan yang sangat besar sekali menjadikan layanan peyimpanan data online dari Mail.ru ini menempati posisi di urutan pertama.

Dari 5 layanan cloud storage gratis diatas, saya lebih sering menggunakan layanan dari Mail.ru untuk menyimpan koleksi-koleksi film yang berukuran besar yang kebanyakan sudah langka dan sulit didapatkan lagi dari sumber lainnya di internet. Sudah hampir 3 TB koleksi film dan serial tv yang saya unggah di Mail.ru. Layanan tersebut saya fungsikan sebagai backup cadangan. Sehingga ketika saya perlu mensharing data, saya dapat memindahkannya dengan mudah ke layanan file sharing lainnya.

 

6 Comments

  1. jordi 09 Jun 2015 14:09
    • Venantius venantius 09 Jun 2015 14:38
  2. Anonim 25 Mar 2015 11:29
    • Venantius venantius 25 Mar 2015 11:43
  3. OSRepublik 06 Feb 2015 10:39
    • Venantius venantius 06 Feb 2015 16:42

Leave a Reply