Kelebihan dan Kekurangan Jasa Ekspedisi JNE Tiki dan Pos

Artikel tentang perbandingan jasa ekspedisi ini ditulis berdasarkan pengalaman kami selama menggunakannya. Jasa ekspedisi pengiriman barang dan dokumen yang terbaik adalah yang: tarifnya murah, cepat sampainya, kualitas layanan baik, jangkauan luas, tersedia beragam pilihan layanan, dan jam operasional yang sangat fleksibel.

Apakah ada jasa ekspedisi yang mampu memenuhi semua itu? Rasanya tidak mungkin semua hal tersebut dapat terpenuhi. Karena apabila kita membandingkan beberapa layanan jasa ekspedisi, pastinya ada kelebihan dan kekurangannya. JNE, Tiki, dan Pos adalah layanan jasa ekspedisi untuk pengiriman paket barang yang paling sering kami gunakan.

perbandingan jasa ekspedisi dari segi tarif, pelayanan dan kecepatan pengiriman
Ilustrasi perbandingan jasa ekspedisi: tarif, pelayanan, kecepatan pengiriman.

Memang di Kota Bogor ini ada cukup banyak pilihan jasa ekspedisi yang bisa diandalkan untuk menopang bisnis online Anda. Baca juga: pertimbangan dalam memilih layanan ekspedisi.

Namun dari segi sebaran lokasi agen atau kantor perwakilannya, hanya JNE, Tiki, dan Pos yang mampu memenuhi persyaratan ini. Toh sebaik-baiknya layanan jasa ekspedisi dan paling murah tarifnya, tapi apabila sebaran lokasi keagenan antau kantor cabang terbatas ya percuma saja.

Perbandingan Jasa Ekspedisi Berdasarkan Tarif, Jangkauan, dan Kecepatan

Perusahaan jasa ekspedisi besar dengan jaringan terluas apalagi kalau bukan Pos, JNE, dan Tiki. Oleh karena itu disini saya akan membandingkan berdasarkan kelebihan dan kekurangan untuk 3 perusahaan jasa pengiriman tersebut saja. Perbandingan jasa ekspedisi yang kami tulis disini adalah berdasarkan pengalaman kami selama berjualan online.

Perbandingan Jasa Ekspedisi Pos terhadap JNE dan Tiki

kelebihan dan kekurangan pos dibanding jne dan tiki Pos Indonesia adalah perusahaan layanan pos yang juga menyediakan layanan pengiriman barang. Tentu saja jaringan dan cakupan wilayahnya paling luas dibandingkan JNE dan Tiki. Pos Indonesia melayani kiriman hingga ke pelosok-pelosok desa.

Berikut adalah kunggulan layanan pengiriman paket barang melalui Pos dibandingkan Jne dan Tiki

  • Menjangkau hingga ke wilayah pedalaman
  • Pos Indonesia sudah tentu memiliki pengalaman terbanyak soal pengiriman pos, dengan bermodalkan pengalaman yang dimilikinya sejak awal berdirinya hingga kini. Tentu saja mereka mampu melayani lebih banyak daerah untuk pengriman paket barang dan dokumen.

  • Perhitungan berat kiriman
  • Pos Indonesia menggunakan satuan gram untuk menentukan tarif kiriman. Sedangkan JNE atau Tiki membulatkan perhitungan berat ke satuan Kg. Sehingga untuk pengiriman dalam jumlah dan ke daerah tertentu seringkali bisa didapatkan tarif yang lebih murah.

Namun dibalik keunggulan Pos, ada juga kelemahannya yaitu soal jam operasionalnya. Setidaknya ini yang saya ketahui mengenai jam operasional kantor Pos di beberapa wilayah di kota Bogor. Rata-rata jam operasional kantor Pos di Bogor adalah jam 08:00 hingga jam 17:00. Pada hari Sabtu jam operasionalnya akan lebih pendek lagi dan tutup di hari Minggu.

Perbandingan Jasa Ekspedisi JNE terhadap Pos dan Tiki

kelebihan dan kekurangan jne dibanding pos dan tiki Di kota Bogor, JNE adalah salah satu layanan pengiriman paket yang paling banyak digunakan. Sangat mudah terlihat dari ramainya kantor agen perwakilan JNE di beberapa lokasi. Adapun kelebihan JNE dibandingkan Pos dan Tiki adalah sebagai berikut:

  • Jumlah agen dan sub agen terbanyak
  • Jumlah agen dan sub agen yang dimiliki JNE pun lebih banyak dibandingkan Pos dan Tiki. Di daerah saya saja terdapat puluhan sub agen JNE, walaupun saya memang sangat jarang mengirimkan paket melalui sub agen. Kantor agen perwakilan JNE di Bogor juga lebih banyak dibandingkan Tiki.

  • Jam operasional lebih panjang
  • JNE memiliki jam operasional yang lebih panjang. Khususnya untuk beberapa kantor agen perwakilan JNE di kota Bogor beroperasi selama 24 jam setiap harinya. Bahkan di hari besar dan libur nasional pun tetap melayani pengiriman paket.

    Jam operasional yang lebih panjang memberikan keleluasaan waktu pengiriman, terutama bagi yang memiliki usaha sampingan berbentuk toko online yang juga memiliki pekerjaan lain.

  • Menjangkau alamat daerah bukan perkotaan
  • JNE memiliki jaringan layanan kedua terbanyak setelah Pos Indonesia. Oleh karena itu jangkauan ke daerah non perkotaan (kabupaten) jauh lebih banyak dibandingkan Tiki.

    Dengan demikian untuk daerah non perkotaan tarifnya tergolong lebih murah dibandingkan Tiki. Walaupun untuk ke polosok pedalaman, Pos Indonesia tetap yang terbaik dan termurah.

  • Sistem tracking
  • Sistem tracking di JNE lebih cepat dibandingkan Pos dan Tiki. Apabila Anda mengirimkan paket melalui agen perwakilan, Anda akan mendapatkan nomor AWB dalam bentuk e-Connote yang dapat langsung di cek seketika itu. Sedangkan pencatatan data kiriman di sistem tracking Tiki dan Pos agak lama. Sehingga seringkali harus menunggu beberapa jam hingga Anda bisa mulai mengecek nomor AWB yang diberikan.

JNE juga memiliki beberapa kekurangan dibandingkan Tiki atau Pos Indonesia. Untuk pengiriman ke wilayah perkotaan umumnya JNE memasang tarif lebih mahal dibandingkan Tiki dan Pos. Cukup sering juga pengiriman ke kota besar sekalipun menjadi terlambat. Hal ini disebabkan karena trafik kiriman yang terlalu padat, tidak sebanding dengan tenaga kurir yang dimilikinya.

Perbandingan Jasa Ekspedisi Tiki terhadap JNE dan Pos

kelebihan dan kekurangan tiki dibanding jne dan pos Tiki adalah salah satu perusahaan yang menyediakan layanan pengiriman paket barang dan dokumen. Dari segi jangkauan wilayah pengiriman adalah yang paling sedikit. Tetapi walaupun begitu, pengguna layanan pengiriman ini pun tidak kalah banyaknya dibandingkan JNE atau Pos.

Adapun kelebihan Tiki dibandingkan JNE dan Pos berdasarkan pengalaman kami adalah sebagai berikut:

  • Kiriman lebih cepat sampai
  • Untuk tujuan pengiriman ke kota besar dengan alamat yang mudah dijangkau, Tiki adalah yang tercepat.

  • Tarif lebih murah
  • Dibandingkan dengan JNE atau Pos, pengiriman paket melalui Tiki ke kota-kota besar lebih murah.

    Namun layanan Tiki di kota bogor pun memiliki cukup banyak kekurangan dibandingkan JNE atau Pos. Jam operasional Tiki yang lebih singkat dibandingkan dengan JNE. Jumlah kantor agen perwakilan Tiki juga lebih sedikit.

    Jangkauan kiriman yang dilayani Tiki kalah luas dan tarif kiriman juga menjadi lebih mahal dibandingkan JNE. Terutama hal ini berlaku untuk pengiriman ke daerah bukan perkotaan. Sebab ada biaya penerus untuk pengiriman ke wilayah kabupaten tertentu.

    Kesimpulan Kami Terhadap Ketiga Jasa Layanan Pengiriman Diatas

    Jadi berdasarkan pengalaman kami dalam menggunakan ketiga jasa ekspedisi diatas. Bagi kami ketiganya sama baiknya dalam segi layanan pengiriman. Masing-masing jasa ekspedisi tersebut tidak luput dari kelemahan-kelemahan yang ada.

    Oleh karena itu apabila Anda juga sering menggunakan ketiga jasa ekspedisi tersebut untuk mengirimkan pesanan. Sebaiknya Anda mengarsipkan transaksi penjualan Anda dalam rentang waktu tertentu. Sehingga setidaknya Anda bisa mempelajari karakteristik masing-masing jasa ekspedisi yang biasa Anda gunakan.

    Sehingga Anda pun bisa memberikan saran kepada konsumen Anda untuk memilih jasa ekspedisi yang tepat. Karena tarif yang mahal tidak selalu menjamin bahwa barang akan cepat sampainya.

    Karena pengalaman yang Anda alami sendiri akan jauh lebih valid ketimbang apa yang dialami orang lain. Sebab jasa ekspedisi adalah soal dimana dan kemana Anda melakukan pengiriman. Beda tempat tentu saja bisa beda rasa, sehingga pengalaman yang didapat juga akan berbeda.

     

    Leave a Reply