Sulap TV LCD Lama Jadi Smart TV Tanpa Banyak Keluar Biaya

Hari gini masih nonton film lewat DVD Player yang dihubungkan ke TV LCD? Udah nggak jamannya lagi! Lalu bagaimana dong solusinya? Saya sudah kepalang beli TV LCD biasa. Port USB di TV nya hanya bisa membaca file foto saja. Tenang saja, jangan langsung ganti TV LCD baru. Disini saya akan membahas bagaimana cara menyulap TV LCD biasa menjadi Smart TV.

Menyulap TV LCD Biasa Menjadi Smart TV
Ilustrasi artikel – Cara Menyulap TV LCD Biasa Menjadi Smart TV.

Sehingga nantinya Anda bisa menikmati tontonan film favorit Anda. Dengan tampilan gambar yang lebih bening dan tajam. Anda pun jadi bisa melihat kemampuan dan keunggulan yang sebenarnya pada layar televisi LCD yang Anda miliki saat ini.

Seperti yang sudah pernah dibahas pada artikel sebelumnya mengenai DVD Player. Sebuah DVD Player bukanlah pasangan yang ideal untuk televisi LCD Anda. Sekalipun DVD Player keluaran terbaru saat ini sudah mengadopsi HDMI. Namun tetap saja, sebuah DVD Player memiliki kemampuan yang terbatas.

K

arena resolusi yang mampu dihasilkan oleh DVD Player hanya 1/3 saja dari resolusi TV LCD Anda. Atau bahkan hanya 1/6 nya saja pada televisi LCD dengan resolusi Full HD.

Ada beberapa cara untuk menyulap televisi LCD biasa milik Anda menjadi Smart TV. Sehingga Anda tidak perlu mengganti TV LCD lama Anda. Tentu saja untuk menyulap TV LCD biasa menjadi Smart TV bukan sekedar simsalabim adakadabra! Ada perangkat yang harus dipasang. Agar kemampuan TV LCD biasa milik Anda menjadi lebih smart. Bahkan bisa jauh lebih mumpuni.

Cara Menyulap TV LCD Biasa Menjadi Smart TV

Sebelum lebih jauh membahas tentang cara menyulap TV LCD biasa menjadi Smart TV. Kita perlu mengenal lebih dahulu tentang apa itu Smart TV. Smart TV adalah sebuah konsep berupa penggabungan beberapa teknologi perangkat elektronika hiburan ke dalam sebuah teknologi televisi LCD.

Sehingga sebuah Smart TV tentu saja akan memiliki beberapa kemampuan dan fungsi tambahan, yang tidak ditemukan televisi LCD biasa. Smart TV memiliki sebuah otak tambahan yaitu berupa prosesor (SoC) dan juga sistem operasi layaknya sebuah komputer.

Jadi selain memiliki fungsi untuk menonton siaran televisi melalui antena ataupun parabola. Smart TV memiliki beberapa fungsi tambahan lainnya sebagai perangkat hiburan keluarga. Diantaranya adalah:

  • Youtube dan Web Browsing
  • Pada umumnya Smart TV memiliki kemampuan untuk dapat mengakses Youtube dan browsing internet. Tentu saja ini diperlukan koneksi internet, baik melalui kabel ethernet ataupun menggunakan Wi-Fi.

  • Memutar File Multimedia
  • Baik itu berupa foto, musik, hingga video dalam berbagai format yang didukungnya. Untuk dapat memutar file multimedia diperlukan media penyimpanan yang umumnya berupa sebuah flashdisk ataupun hardisk yang dicolokkan pada port USB yang tersedia pada panel televisi. Ataupun memutar file multimedia yang tersimpan di jaringan lokal (network share) dan DLNA.

  • Merekam dan Memutar Ulang Siaran Televisi
  • Pada beberapa merek atau model Smart TV tertentu, ada yang memiliki kemampuan untuk merekam siaran sehingga bisa ditonton kembali di lain waktu.

  • Bermain Game dan Menjalankan Aplikasi
  • Saat ini model Smart TV kelas high-end biasanya sudah mengadopsi sistem operasi Android. Jadi sangat memungkinkan sebuah Smart TV dapat diinstall berbagai macam aplikasi atau game yang Anda inginkan.

Lalu bagaimana cara menyulap TV LCD biasa menjadi Smart TV? Perangkat apa yang dibutuhkan agar televisi LCD biasa milik saya bisa memiliki kemampuan sehebat Smart TV saat ini?

Perangkat Tambahan Untuk Menyulap TV LCD Biasa Menjadi Smart TV

Beberapa perangkat tambahan yang bisa digunakan untuk menyulap TV LCD biasa menjadi Smart TV adalah:

  • HD Media Player
  • adalah sebuah perangkat portabel yang umumnya digunakan untuk memutar berbagai macam format file multimedia. Baik itu foto seperti bmp, jpg, gif, png. File audio seperti mp3, flac, aac, wav, dan wma. Hingga kemampuan dalam memutar berbagai jenis format video seperti avi, mpeg, mp4, wmv, divx, xvid, rmvb, mkv, h.264/avc, bahkan h.265/hevc.

    Tentu saja tidak hanya sampai sekedar untuk memutar file multimedia saja. HD Media Player juga banyak yang dibenamkan dengan fungsi tambahan lain seperti gaming, mengakses aplikasi dan bahkan internet seperti halnya PC atau notebook.

    Kemampuan HD Media Player didukung oleh dua hal utama yaitu performa dari chip (SoC) dan sistem operasi yang dibenamkan didalamnya.

  • HTPC (Home Theater PC)
  • ini adalah perangkat komputer yang dirancang khusus untuk keperluan multimedia. Sebenarnya secara umum tidak ada perbedaan dengan komputer. Hanya ada beberapa penyesuaian dari segi hardware, sistem operasi, maupun softwarenya saja.

    Umumnya sebuah HTPC memiliki ukuran yang lebih ringkas dibandingkan dengan PC biasa. Sering diistilahkan sebagai barebone pc, karena ukuran casing yang mungil. Pada umumnya HTPC menggunakan motherboard dengan platform mini-ITX, nano-ITX, atau pico-ITX.

Apabila Anda sudah terlanjur memiliki sebuah televisi LCD biasa, apalagi kalau ukurannya cukup besar dan kualitas panel LCD nya baik. Maka Anda tidak perlu menggantinya TV LCD lama Anda dengan Smart TV. Sebab belum tentu Smart TV yang ada saat ini memiliki semua keunggulan utama dari sebuah layar televisi, yaitu soal reproduksi tampilan gambar yang dihasilkannya.

Anda yang memiliki budget terbatas bisa memilih HD Media Player sebagai pelengkap televisi LCD Anda untuk menambahkan fungsi dan kemampuannya. Namun apabila Anda memiliki budget yang lebih besar, mungkin HTPC adalah pilihan yang lebih baik.

Pada artikel selanjutnya kita akan membahas keunggulan dan kelemahan antara Smart TV dengan Televisi LCD biasa yang disandingkan dengan HD Media Player ataupun HTPC.

 

Leave a Reply