Mengatasi Error IDM di Kumpulbagi dan Solusinya

Untuk mengatasi error di IDM saat mencoba download dari Kumpulbagi, maka Anda bisa mencoba menggunakan beberapa langkah sederhana yang akan dibahas disini. Hampir semua ISP memblokir akses ke Kumpulbagi, termasuk diantaranya adalah Telkomsel, XL, Smartfren, Three (3), Indosat, dan Firstmedia.

Untuk bisa mengakses Kumpulbagi, Anda bisa menggunakan mirror website Kumpulbagi. Sehingga Anda tidak lagi mendapatkan tampilan browser dengan pesan error “404 Not Found nginx 1.2.3” yang mana ini dialami oleh pengguna internet XL. Atau mendapatkan tampilan browser dengan pesan error “Access Was Denied due to Government Regulation” dimana ini dialami oleh pengguna internet Three. Hal yang sama juga terjadi pada pengguna ISP Telkomsel, Indosat, Smartfren, dan Firstmedia dengan pesan error yang berbeda satu sama lain.

Mengatasi Error IDM di Kumpulbagi - Domain alternatif kumpulbagi
 

Setelah Anda menggunakan mirror Kumpulbagi maka tampilan pesan error di browser tidak muncul lagi. Sehingga Anda bisa dengan leluasa mencari atau mendownload koleksi file yang diinginkan. Namun lain padang lain belalang, beda ISP beda juga cara ISP tersebut memblokir download file dari Kumpulbagi.

Mengatasi Error IDM di Mirror Kumpulbagi Saat Mendownload

Sudah bisa membuka lagi Kumpulbagi dari alamat mirror tapi cuma bisa lihat-lihat saja? tidak bisa download? Di IDM muncul popup notifikasi error seperti gambar dibawah ini?

Mengatasi Error di IDM ketika download dari Kumpulbagi
 

Lalu bagaimana solusinya? Untuk mengatasi error IDM di Kumpulbagi, maka Anda bisa menggunakan proxy di IDM. Proxy dapat di setting di IDM dengan mengklik icon Options pada toolbar, kemudian klik tab Proxy/Socks. Selanjutnya Anda bisa memilih untuk menggunakan tipe proxy yang sesuai (http, https, atau socks). Perhatikan gambar berikut ini:

Cara menggunakan proxy di IDM untuk download file dari website mirror Kumpulbagi

Proxy Untuk Download Dari Mirror Website Kumpulbagi

Bagi yang sudah bisa kembali mengakses Kumpulbagi melalui mirror website Kumpulbagi yang kami sediakan, tetapi mengalami kegagalan untuk mendownload file, maka kami menyediakan proxy yang bisa digunakan pada aplikasi download manager favorit Anda.

Proxy address: 209.58.178.153
Port: 1080
Username:
Password:
Protocol: SOCKS5

Proxy address: 209.58.178.153
Port: 1443
Username:
Password:
Protocol: HTTP

Gunakan proxy diatas hanya pada IDM atau aplikasi download manager lain yang Anda gunakan. Jangan digunakan pada browser, sebab nantinya browser Anda tidak bisa digunakan untuk mengakses website manapun. SOCKS dan HTTP proxy diatas (sudah di test) dan bisa digunakan untuk XL, Three, Smartfren, Indosat, dan Telkomsel. Untuk ISP lainnya belum dicoba, karena belum ada komentar soal bisa atau tidaknya, dan belum ada sarana buat pengujiannya.

Setingan Proxifier Untuk Download di Kumpulbagi

Apabila setelah menggunakan proxy diatas masih gagal untuk mendownload file dari Kumpulbagi, misalnya saja muncul pesan “403 – Forbidden: Access is denied. You do not have permission to view this directory or page using the credentials that you supplied”.Maka Anda bisa mencoba menginstall aplikasi Proxifier.

Mengatasi error 403 forbidden access di Kumpulbagi

Proxifier sendiri adalah sebuah aplikasi yang salah satu fungsinya untuk mengatur arah lalu lintas data yang dapat disetting berdasarkan aplikasi, host, dan port yang menjadi tujuannya. Langsung saja simak cara setting proxifier untuk download dari Kumpulbagi berikut ini:

  1. Buat list proxy server terlebih dahulu dengan mengklik menu Profile > Proxy Servers
  2.  
    Membuat list proxy server pada proxifier

  3. Selanjutnya, klik Add dan masukkan ip proxy server, host dan jenis protokolnya.
  4. Sebagai contoh, Anda bisa memasukkan proxy yang tersedia diatas dan Anda pun bisa memasukkan proxy lainnya yang Anda temukan di internet.

    Menambahkan proxy server di proxifier - langkah pertama Menambahkan proxy server di proxifier - langkah kedua

  5. Kemudian Anda bisa membuat rules dengan mengklik menu Proxification Rules
  6. Secara default, saat pertama kali proxifier diinstall sudah terdapat 3 buah rules yaitu Localhost, Local Network, dan Default. Pastikan ketiga rules tersebut di set dengan action Direct. Selanjutnya klik Add dan kemudian buatlah sebuah rules, misalnya Download Manager. Pada bagian kolom Applications masukkan nama file aplikasi download manager yang Anda gunakan. Selanjutnya pada kolom Target hosts isikan *.kumpulbagi.id. Pada bagian Action arahkan ke proxy yang sudah Anda masukkan pada list proxy.

    Menambah rules di proxifier - langkah pertama Menambah rules di proxifier - langkah kedua

    Selanjutnya, buat sebuah rules baru seperti sebelumnya, misalnya Internet Browser. Disini Anda dapat memasukkan browser yang ingin digunakan untuk mengakses Kumpulbagi. Dibawah ini adalah contoh rules lengkap untuk mensetting browser dan aplikasi untuk mendownload dari Kumpulbagi menggunakan proxy.

    Rules lengkap proxifier untuk download di kumpulbagi

Yang perlu diperhatikan disini adalah bahwa alamat ip address ketika Anda menggenerate link dari Kumpulbagi harus sama dengan ip address yang digunakan untuk mendownloadnya. Sehingga session download bisa sinkron antara browser dan aplikasi download managernya.

Masih belum berhasil menggunakan cara diatas untuk download dari Kumpulbagi? Tenang saja, masih ada beberapa cara ampuh lainnya sebagai alternatif untuk mengakses Kumpulbagi.

 

47 Comments

  1. rizky 08 Aug 2016 02:33

Leave a Reply