Menangkal Script Inject Ads Telkom Speedy

Script inject ads telkom speedy ini cukup menghebohkan kalangan netter. Banyak yang mengira kalau websitenya terkena hack, atau browsernya terinfeksi malware. Awal kejadian bermula dari sekitar seminggu yang lalu. Saya menemukan suatu keanehan ketika sedang melakukan browsing untuk mendownload beberapa software dari internet menggunakan koneksi Telkom Speedy. Hal itu terjadi di komputer milik salah satu pelanggan saya, dimana saya baru saja selesai menginstal OS pada komputernya. Dengan maksud ingin menginstalkan beberapa software lain yang diperlukan, maka saya mengunduhnya dari website filehippo. Karena beberapa software yang umum tersedia disana, seperti Firefox, Chrome, WinRAR dan Yahoo Messenger, dan lainnya. Saya membuka Internet Explorer bawaan Windows 7 untuk mengakses website tersebut. Disini terjadi kelambatan saat proses membuka website tersebut. Awalnya saya mengira bahwa Internet Explorer yang menjadi masalah, namun ketika saya sudah mengunduh Firefox dan menginstallnya, tetap saja browsing menggunakan Firefox sama lambatnya. Padahal speed download yang didapat pun normal sesuai dengan paket internet speedy yang dimilikinya.

Script inject ads telkom - browser loading

Setiap kali saya membuka situs website yang biasa saya kunjungi, terjadi kelambatan. Hal tersebut ditandai dengan munculnya tulisan waiting for… pada bagian bawah browser Firefox yang saya gunakan. Awalnya saya berpikir mungkin penyebabnya adalah DNS Telkom yang sedang mengalami gangguan. Tetapi setelah saya teliti dan mempelajari lebih lanjut, setiap saya membuka situs apapun termasuk juga blog ini, maka akan muncul waiting for cfs.u-ad.info. Hal yang sama terjadi juga pada browser lainnya yang terinstall, selalu ada aktifitas transfer data dari domain cfs.u-ad.info. Namun hal itu tidak terjadi ketika membuka website yang menggunakan ptorokol https dengan browser apapun yang sudah terinstall.

Tentu saja saya berusaha mencari tahu, mengapa setiap kali membuka situs dengan protokol http maka browser selalu muncul status loading cfs.u-ad.info. Saya pun mencoba menelitinya dengan melihat page source dari website yang saya buka, ternyata dibagian akhir source dari kode htmlnya ada sebuah baris javascript dengan url menuju domain cfs.u-ad.info. Begitu pula dengan situs-situs lainnya yang berawalan http. Namun untuk situs yang berawalan https, tidak ditemukan baris javascript dengan url menuju domain aneh tadi. Saya sendiri yakin bahwa tidak ada virus atau malware, karena komputer milik pelanggan saya ini baru dirakit dan di install Windows, walaupun memang belum terinstall antivirus.

Source script inject ads telkom yang disisipkan pada kode html

Kemudian saya mencoba mencari informasi lebih lanjut, dan ternyata domain cfs.u-ad.info adalah milik PT Telkom Indonesia. Bukti tersebut diperkuat dengan pointing dns server yang digunakan juga mengarah ke telkomhosting.com. Jadi langsung saya pastikan bahwa ini merupakan script inject ads/iklan yang dilakukan oleh Telkom. Dan saya ingat beberapa waktu setelah kebijakan mengenai internet positif yang dibuat oleh kemkominfo, di website telkomspeedy saya melihat bahwa pada ketentuan layanan Speedy, tiap-tiap paket Speedy dapat disisipi advertising, seperti yang tertulis pada poin h. Saya menyimpulkan bahwa pihak Telkom menyisipkan iklan menggunakan script inject ads ke internet browser yang digunakan pelanggan. Dan mungkin saja script inject ads iklan terselubung ini digunakan juga untuk men-tracking kebiasaan pelanggan selama berselancar di dunia maya. Sehingga script advertising yang dilakukan oleh pihak Telkom melalui jaringan Speedy, secara tidak langsung bisa digolongkan sebagai adware atau spyware.

Deskripsi dan ketentuan layanan speedy: dapat disisipi advertising
 

Pengguna Speedy Dirugikan Dengan Adanya Script Inject Ads Telkom Speedy

Jelas, disini pelanggan internet dirugikan baik secara langsung atau tidak langsung, karena:

  • Pelanggan membayar biaya internet bulanan sudah pasti bukan untuk melihat iklan yang dipaksakan.
  • Iklan advertising berupa script inject yang disisipkan ke browser pelanggan memperlambat proses loading website.
  • Secara tidak langsung, pemilik website yang sama sekali tidak memasang iklan juga turut dirugikan.

Penempatan iklan atau advertising juga harus sesuai etika, bukan untuk dipaksakan supaya harus dilihat atau di-klik. Sebab tidak selamanya iklan atau advertising bersifat merugikan selama ditempatkan dengan baik, tidak mengganggu aktivitas browsing, atau bahkan sampai memperlambat proses loading website.

Mengatasi Script Inject Ads Telkom Speedy

Script inject ads yang dibuat oleh Telkom ini sepertinya menggunakan metode push advertising melalui transparent DNS proxy milik Telkom. Hal yang sama juga berlaku ketika pengguna mencari alamat website namun tidak ditemukan, maka trnasparent DNS proxy akan mengarahkannya ke situs mercusuar yang juga menampilkan lebih banyak iklan ketimbang membantu untuk mencarikan informasi yang diinginkan. Oleh karena itu, bagi yang sebelumnya sudah berhasil menerapkan cara untuk menghindari internet positif dan redirect ke situs mercusuar, tentu saja kamu tidak akan pernah terkena atau disusupi lagi oleh script inject ads telkom speedy. Namun bagi kamu yang tidak bisa menerapkan hal tersebut, ada beberapa cara lainnya untuk mengatasi gangguan yang disebabkan oleh script inject iklan csf.u-ad.info, diantaranya adalah:

  • Menggunakan VPN
  • Push advertising yang dilakukan oleh Telkom tidak berdampak ketika kamu menggunakan VPN. Sebab VPN merupakan jalur koneksi yang terenkripsi, seperti halnya dengan https. Menggunakan vpn bisa menambah privasi selain juga bisa menghindari dampak internet positif dan redirect ke situs mercusuar. Kekurangan dari penggunaan VPN mungkin memperlambat browsing atau download karena latency bertambah. Namun hal itu bisa diatasi apabila menggunakan VPN yang berlokasi di Singapura, karena selain memiliki latency yang rendah biasanya VPN Singapura bisa cepat mengakses jaringan ke berbagai negara.

  • Menggunakan SSH Tunneling
  • Kurang lebih metodenya sama seperti menggunakan VPN, yaitu untuk membuat jalur koneksi yang terenkripsi.

  • Membuat Rule Blocklist Domain Pada Router
  • Apabila router atau modem ADSL speedy yang kamu gunakan memiliki fitur blocklist, kamu dapat menambahkan ACL blocklist untuk domain u-ad.info dan ip address 118.98.96.179.

Menambah ACL blocklist domain website iklan speedy di router Menambah ACL blocklist ip address website iklan speedy di router

Test ping ke domain yang sudah diblokir di router
 

Masih banyak cara lain yang bisa digunakan, namun pada intinya adalah apabila kamu berhasil menyingkirkan penggunaan DNS Telkom dan menggantinya dengan DNS Google atau OpenDNS, maka kamu akan terbebas dari script inject ads, internet positif, dan juga redirect ke situs mercusuar.info. Cara-cara tersebut bisa juga diterapkan kepada pengguna isp lainnya yang juga menyisipkan advertising ke browser yang sedang digunakan. Begitupula halnya dengan pemilik website yang merasa terganggu atau dirugikan karena memang merasa sama sekali tidak memasang iklan. Ataupun iklan pada website kamu tertimpa oleh push advertising yang sebenarnya hanya dilihat oleh visitor yang menggunakan koneksi dari ISP tertentu. Maka kamu bisa beralih menggunakan metode https, yang juga sepertinya saat ini bisa menaikkan rank dari website kamu.

 

10 Comments

  1. bimo 02 Nov 2016 11:19
    • Venantius Venantius 02 Nov 2016 14:59
  2. ervhint 21 May 2016 09:44
  3. Nindita 01 May 2015 19:37
    • Venantius venantius 01 May 2015 19:48
      • Nindita 02 May 2015 09:54
        • Venantius venantius 03 May 2015 00:41
    • mamayokero 13 Jul 2016 11:22
  4. Situs Pendidikan Indonesia 10 Apr 2015 10:37
  5. Joko 18 Mar 2015 13:01

Leave a Reply