Memilih Jasa Ekspedisi Untuk Pengiriman Paket

Dengan maraknya usaha bisnis berjualan online. Hal ini tentu saja tak luput dari soal jasa ekspedisi pengiriman barang. Ada banyak toko online yang juga menyediakan jasa pengiriman barang yang dikelolanya sendiri. Namun tidak sedikit juga yang bergantung pada perusahaan pengiriman barang oleh pihak ketiga. Disini konsumen akan lebih leluasa untuk memilih jasa ekspedisi yang terbaik.

memilih jasa ekspedisi - tips dan panduan
Ilustrasi jasa pengiriman barang dan moda transportasinya.

Pertimbangan Utama Dalam Memilih Jasa Ekspedisi

Dalam memilih jasa ekspedisi terbaik, ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan.

  • Luas jaringan yang dimiliki
  • Seberapa banyak sebuah perusahaan jasa ekspedisi memiliki kantor perwakilan dan agen yang tersebar di suatu wilayah? Tentu saja semakin banyak jaringan agen yang dimiliki, semakin luas jangkauan daerah yang dapat dilayani.

  • Jenis kiriman yang dilayani
  • Tiap-tiap perusahaan jasa ekspedisi mungkin memiliki ketentuan yang berbeda. Umumnya adalah mengenai jenis barang, berat atau ukuran dari paket kiriman yang dapat dilayaninya.

  • Kecepatan proses pengiriman
  • Kecepatan proses pengiriman ditentukan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah jenis moda transportasi yang digunakan oleh jasa ekspedisi tersebut. Faktor lain yang menentukan adalah jarak, trafik kiriman ke wilayah tersebut, dan kondisi wilayah tujuan pengiriman.

  • Biaya ongkos kirim
  • Biaya ongkos yang ditawarkan bisa berbeda antara perusahaan jasa ekspedisi satu dengan perusahaan jasa ekspedisi lainnya.

  • Sistem tracking dan status kiriman
  • Tersedianya sistem tracking secara online akan memudahkan pengirim dan penerima paket untuk melihat status kiriman. Melalui sistem tracking pula kita dapat melihat seberapa lama proses pengiriman hingga sampai ke alamat tujuan.

Mungkin ada faktor atau pertimbangan lainnya yang juga bisa menentukan seseorang untuk memilih sebuah layanan jasa pengiriman barang. Terlepas dari hal itu, mungkin terdapat penilaian yang berbeda antara sebuah perusahaan jasa ekspedisi satu sama lain.

Masing-masing perusahaan layanan jasa pengiriman barang akan memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Tentu hal ini tidak luput dari faktor kondisi geografis di Indonesia. Dengan wilayah yang begitu luas dan dipisahkan oleh laut, serta infrastruktur transportasi yang kondisinya berbeda-beda.

Memilih Jasa Ekspedisi Pengiriman yang Tepat

Ada banyak sekali perusahaan yang menyediakan layanan jasa pengiriman barang maupun dokumen. Untuk memilih jasa ekspedisi pengiriman barang dan dokumen secara tepat, maka pertimbangan utamanya adalah tujuan wilayah pengiriman. Dalam hal jangkauan layanan pengiriman, sebuah layanan kurir dikategorikan menjadi:

  • Jasa Pengiriman Dalam Kota
  • Kiriman paket barang atau dokumen ditempuh melalui moda transportasi darat. Cakupan wilayah yang dilayani umumnya lebih terbatas, sehingga disitilahkan sebagai ekspedisi intra-city (dalam kota). Idealnya, jasa pengriman ini dapat memproses paket kiriman barang lebih cepat sampai ke tangan penerimanya.

    Adapun contoh ekspedisi intra-city yang populer diantaranya adalah GrabExpress! dan Go-Send. Kedua jasa ekspedisi ini adalah sebuah “produk” turunan dari transportasi online Grab dan Gojek.

    Tentu saja perusahaan ekpedisi semacam JNE dan Tiki pun melayani pengiriman dalam kota (CTC). Namun layanan ini lebih ideal untuk mengirimkan paket barang yang jumlahnya banyak atau dimensinya besar.

  • Jasa Pengiriman Domestik
  • Cakupan wilayahnya meliputi pengiriman ke seluruh wilayah di Indonesia. Moda transportasi kiriman paket bisa ditempuh melalui jalan darat, laut dan udara.

    Contoh perusahaan yang menerima pengiriman paket barang dan dokumen ke seluruh indonesia diataranya adalah JNE, Pos Indonesia, Tiki, J&T.

  • Jasa Pengiriman Internasional
  • Moda transportasi untuk pengiriman paket barang dan dokumn ke luar negeri umumnya melalui transportasi udara. Contoh perusahaan yang menerima pengiriman paket barang dan dokumen ke luar negeri diataranya adalah DHL, EMS (Pos Indonesia), JNE, dan Tiki.

Jadi apabila Anda hanya ingin mengirimkan paket berupa barang atau dokumen ke dalam kota yang sama, Anda dapat menggunakan GrabExpress! ataupun Go-Send. Sebab sudah pasti kiriman Anda akan jauh lebih cepat sampai ke penerimanya. Sebab menggunakan layanan ekspedisi ini seperti halnya Anda menyewa kurir pribadi.

Selain juga umumnya akan lebih ekonomis apabila dibandingkan melalui layanan ekspedisi intra-city yang ditawarkan oleh JNE atau Tiki. Tentu saja untuk mengirim barang yang ukuran dimensinya cukup besar mungkin tidak dilayani oleh Go-Send atau GrabExpress!.

Di artikel selanjutnya, kami akan mengulas tentang kelebihan dan kekurangan dari masing-masing perusahaan jasa ekspedisi populer yang sering dijadikan andalan untuk mempaketkan barang.

 

Leave a Reply