Membuat Rangkaian Pengisi Handphone Sederhana

Apakah kamu senang berpetualangan seperti mendaki gunung ataupun berpergian ke pulau-pulau terpencil? Tentunya walaupun berpergian ke tempat-tempat semacam itu biasanya kita tetap mebawa handphone untuk berkomunikasi dengan teman, pacar, maupun keluargamu. Apalagi pada saat ini bukan tidak mungkin signal handphone tidak tercover di pedalaman hutan dan di pulau-pulau kecil.

Namun seringkali yang menjadi masalah adalah disaat sedang asik menelpon, tiba-tiba baterai lemah, dan mau tidak mau pembicaraan pun harus dihentikan, dan sangat jarang biasanya di tempat-tempat seperti itu ada yang menawarkan jasa pengisian baterai. Oleh karena itu sebelum merencanakan perjalanan, ada baiknya kita membuat rangkaian pengisi baterai handphone.

Rangkaian pengisi baterai handphone ini sebenarnya merupakan rangkaian adjustable regulator yang umum digunakan sebagai catu daya untuk perangkat elektronik. Jantung utama dari rangkaian ini menggunakan IC regulator berjenis LM317 yang memiliki kemampuan mengalirkan arus maksimum hingga 1.5 Ampere.

IC LM317

Rangkaian ini cukup sederhana dan kompak, hanya menggunakan beberapa buah komponen saja, diantaranya 1 buah resistor 240 ohm, 1 buah trimpot 5K ohm, 1 buah IC LM317, 3 buah kapasitor elektrolit masing-masing berkapasitas 2200uF, 100uF, dan 1 uF. Karena menggunakan sedikit komponen rangkaian ini dapat disusun pada sebuah PCB berukuran 5cm x 5cm saja. Dan jangan lupa untuk memasang heatsink pada IC LM317 untuk menghindari kerusakan karena panas yang berlebih. Biaya yang dibutuhkan untuk membuat rangkaian ini pun cukup murah, tidak sampai 20 ribu rupiah.

Rangkaian pengisi baterai handphone

Setelah semua komponen disolder diatas PCB, selanjutnya adalah menghubungkannya dengan accu kering 6V, lalu atur output tegangan ke 4V-4.2V dengan cara memutar trimpot. Untuk menghubungkannya ke handphone, kita dapat memotong kabel konektor dari charger handphone bekas yang sudah tidak terpakai. Sebelum digunakan, periksa dulu polaritas dari colokan handphobne tersebut agar jangan sampai terbalik. Selanjutnya bisa dicoba digunakan untuk mengisi handphone, dan apabila rangkaian sudah dipastikan bekerja dengan baik, kita dapat menaruh rangkaian ini kedalam kotak kemasan bekas tape/cassete, agar lebih praktis untuk dibawa.

Accu kering Panasonic 6V/4AH

Berdasarkan pengalaman saya dengan menggunakan accu kering 6V/4AH, dapat digunakan untuk melakukan recharging handphone puluhan kali sebelum daya accu kering tersebut melemah. Pada saat saya melakukan perjalanan pendakian ke Gunung Gede, saya menggunakan rangkaian ini untuk penerangan tenda yang menggunakan lampu LED dan juga menghidupkan USB MP3 player. Selama 4 hari di dalam hutan saya tetap bisa menikmati lagu-lagu favorit melalui MP3 player yang saya bawa, dan juga tetap dapat menelepon tanpa harus khawatir kehabisan baterai.

Hmm.. mungkin siapa tahu dengan tulisan yang saya buat ini, kalian bisa mendapatkan inspirasi untuk berjualan jasa pengisian baterai diatas gunung… 😆 Sebab selama beberapa kali naik gunung, belum pernah ada lho yang menawarkan jasa seperti ini, malah yang ada sih jualan nasi uduk, jualan minyak tanah/spiritus, dan baterai untuk senter.

 

74 Comments

  1. aziz siddiq 06 Jan 2015 06:12
    • Venantius venantius 06 Jan 2015 21:19
  2. Venantius venantius 18 Dec 2014 21:54
  3. rudy 01 Nov 2014 15:55

Leave a Reply