Membuat Koneksi VPN PPTP di Windows

Memang di website atau blog lainnya sudah banyak sekali artikel yang membahas tentang cara membuat koneksi VPN PPTP di Windows. Namun disini saya lebih memfokuskan penggunaan VPN untuk hal yang lebih spesifik lagi. Yaitu mengggunakan VPN untuk menembus blokir Internet Positif atau yang juga disebut Trust+ Positif. Tentunya disini ada sedikit settingan yang berbeda dibandingkan dengan cara penggunaan VPN yang biasanya banyak dijumpai di website atau blog lainnya.

Internet Positif sendiri merupakan penerapan kebijakan yang dibuat oleh ISP Telkom yang sejalan dengan aturan Kemkominfo untuk memerangi situs-situs yang berisi konten negatif. Untuk ISP lainnya pun nantinya akan mengikuti kebijakan pemerintah tersebut, dengan mengacu pada aturan baru yang diterbitkan oleh Kemkominfo di awal Mei tentang pemblokiran situs bermuatan negatif. Baca juga artikel: “Penerapan DNS Nasional diberlakukan untuk semua ISP.

Dengan demikian, setiap pelanggan tidak lagi bisa membuka situs-situs yang oleh pemerintah dianggap memiliki konten yang bermuatan negatif. Lalu bagimana dengan kasus false alarm untuk situs yang sebenarnya tidak bermuatan negatif, namun ikut tersaring dalam database DNS Nasional? Atau Anda sedang mencari website dengan konten dewasa?

Ok, disini saya akan membahas hal-hal yang dapat dilakukan ketika situs yang ingin Anda lihat tidak dapat diakses karena diblokir oleh ISP yang sudah menerapkan Internet Positif, Trust+ Positif, maupun filtering DNS Nasional. Tentu saja disini saya tidak bermaksud untuk mengajak pengguna internet untuk melakukan pelanggaran kebijakan yang dibuat oleh pemerintah mengenai konten negatif di internet. Saya pun yakin, Anda sebagai orang yang memiliki pemikiran yang sudah dewasa pastinya sudah bisa memilah mana yang baik dan mana yang buruk untuk Anda sendiri.

Beberapa Keunggulan dari VPN PPTP

Jenis VPN yang digunakan disini adalah PPTP. Yaitu sebuah protokol point-to-point melalui tunneling. VPN berjenis PPTP memiliki beberapa keunggulan, diantaranya adalah:

  • Didukung oleh banyak Sistem Operasi
  • VPN PPTP bisa digunakan oleh hampir semua sistem operasi baik Windows, Linux, maupun Mac. Di Windows, Anda bisa langsung menggunakannya tanpa harus menginstal software tambahan.

  • Didukung oleh banyak perangkat
  • VPN PPTP bisa langsung digunkan di komputer, di tablet, smartphone, dan perangkat lainnya tanpa harus menginstal aplikasi tambahan.

  • Penggunaannya sangat mudah
  • Untuk membuat koneksi VPN berjenis PPTP hanya diperlukan beberapa langkah saja.

  • Cepat dan stabil
  • Tidak seperti OpenVPN dan jenis VPN lainnya, VPN berjenis PPTP jauh lebih cepat dan stabil. Sebab PPTP menggunakan enkripsi sebesar 128-bit, dimana sudah jauh lebih cukup untuk keperluan penggunaan internet sehari-hari melalui jalur yang aman.

Anda bisa menggunakan sistem Windows versi apapun untuk membuat koneksi VPN berjenis PPTP.

Cara Membuat Koneksi VPN PPTP Di Windows

Membuat koneksi VPN berbasis protokol PPTP di Windows memang sangat mudah sekali, dengan langkah-langkah yang sederhana, dalam beberapa menit, Anda sudah bisa terhubung melalui VPN. Untuk membuat koneksi VPN PPTP Di Windows, Anda dapat menyimak caranya dibawah ini. Disini saya akan mencontohkannya dengan menggunakan sistem operasi Windows 7. Untuk sistem operasi Windows lainnya pun langkahnya kurang lebih sama saja.

Pertama-tama klik Star Menu >> Control Panel >> Network and Sharing Center. Kemudian, klik pada bagian “Setup a new connection or a network”, akan muncul jendela seperti berikut ini:

Screenshot 1 - Membuat Koneksi VPN PPTP di Windows Screenshot 2 - Membuat Koneksi VPN PPTP di Windows

Selanjutnya pilih “Connect to a workplace” kemudian klik Next, dan pilih “No, create a new connection”. Kemudian selanjutnya Anda dapat memilih “Use my Internet connection (VPN)”. Perhatikan lagi gambar berikut ini:

Screenshot 3 - Membuat Koneksi VPN PPTP di Windows Screenshot 4 - Membuat Koneksi VPN PPTP di Windows

Pada bagian “Internet address”, Anda bisa memasukkan alamat IP maupun hostname server VPN yang ingin digunakan. Untuk “Destination name”, Anda bisa memasukan nama apapun. Disini saya mencontohkannya dengan membuat nama “Simple PPTP”. Kemudian klik pada bagian “Don’t connect now; just set it up so I can connect later”. Kemudian, akan muncul jendela selanjutnya yang menanyakan Username dan Password. Anda bisa mengosongkannya, karena bisa diisi pada saat Anda ingin terhubung ke server VPN. Kemudian klik tombol “Close”

Screenshot 5 - Membuat Koneksi VPN PPTP di Windows Screenshot 6 - Membuat Koneksi VPN PPTP di Windows

Sampai disini, Anda sebenarnya sudah bis menggunakan jalur VPN tersebut untuk membuka situs yang diblokir. Namun karena tutorial VPN berbasis PPTP yang saya fokuskan disini adalah digunakan untuk meloloskan filtering transparent DNS. Sehingga untuk trafik selain DNS tentu saja tidak perlu dilewatjkan melalui jalur VPN.

Jadi Anda bisa lolos dan terbebas dari Internet Positif, Trust+ Positif, maupun filtering DNS Nasional yang diterapkan oleh ISP Anda. Sehingga Anda nantinya bisa menggunakan DNS apapun termasuk DNS Google (8.8.8.8 dan 8.8.4.4) dan OpenDNS (208.67.222.222 dan 208.67.220.220).

Settingan Tambahan Untuk Meloloskan Filtering Transparent DNS Proxy

Selanjutnya, pada tray notification di pojok kanan bawah klik icon network, klik kanan pada nama VPN yang Anda buat tadi, lalu klik Properties. Kemudian klik pada tab “Networking” >> “Internet Protocol version 4” kemudian klik tombol “Properties” dan klik tombol “Advanced”. Uncheck di bagian “Use default gateway on remote network”.

Screenshot 7 - Membuat Koneksi VPN PPTP di Windows - Setingan Lanjutan ke-1 Screenshot 8 - Membuat Koneksi VPN PPTP di Windows - Setingan Lanjutan ke-2

Selanjutnya, Anda bisa mencoba untuk mengkoneksikan VPN tersebut, ketika muncul jendela Connect Simple PPTP, masukkan nama dan passwordnya, ceklis juga pada bagian “Save this username and password…” apabila Anda ingin mengkoneksikannya dilain waktu tanpa harus memasukkan username dan password.

Apabila koneksi sudah berhasil, selanjutnya Anda bisa membuka command prompt (Run as Administrator) dan ketikkan perintah berikut:

route -p add 8.8.8.8 mask 255.255.255.255 1.2.3.4 
route -p add 8.8.4.4 mask 255.255.255.255 1.2.3.4

Penjelasan dari perintah diatas adalah sebagai berikut. 8.8.8.8 dan 8.8.4.4 adalah alamat ip publik dns google. 255.255.255.255 adalah broadcast network dan 1.2.3.4 adalah alamat ip server vpn. Sehingga setiap permintaan DNS ke 8.8.8.8 ataupun ke 8.8.4.4 akan dialihkan melalui gateway dengan alamat IP 1.2.3.4, dimana merupakan koneksi jalur server vpn.

Selanjutnya untuk memastikan bahwa DNS Google sudah bisa digunakan lagi, ketikkan perintah berikut:

C:UsersVenantius>nslookup kaskus.co.id
Server:  google-pubilc-dns-a.google.com
Address:  8.8.8.8
 
Non-authoritative answer:
Name:    kaskus.co.id
Addresses:  103.6.117.2
            103.6.117.3

Hal itu menandakan bahwa setingan sudah benar dan Anda sudah terbebas dari yang namanya internet positif, trust+ positif atau jenis filtering dns lainnya melalui transparent dns proxy.

Bagi pengguna yang koneksi internetnya di share dengan banyak komputer. Misalnya saja untuk warnet, hotspot atau RT/RW.net. Anda tidak perlu mensetingnya di tiap-tiap komputer client. Cukup seting VPN beserta konfigurasi tambahannya pada router ataupun pada komputer yang dijadikan sebagai gateway internet.

 

18 Comments

  1. Yondaime 06 Nov 2015 22:35
    • Venantius venantius 06 Nov 2015 23:32
  2. wirya 06 Nov 2015 20:59
    • Venantius venantius 06 Nov 2015 22:29
  3. Jualminyaklintahasli 27 Jun 2015 18:50
    • Venantius venantius 28 Jun 2015 08:03
  4. Harvey 11 Jun 2015 13:08
    • Venantius venantius 11 Jun 2015 21:51
      • Harvey 12 Jun 2015 10:51
        • Venantius venantius 12 Jun 2015 17:43
  5. barat 07 Jun 2015 12:52
    • Venantius venantius 07 Jun 2015 17:51
  6. rusli 06 Jun 2015 01:09
    • Venantius venantius 06 Jun 2015 04:19
  7. Rio 05 Jun 2015 13:00
  8. gael 03 Jun 2015 09:41
    • Venantius venantius 03 Jun 2015 10:04

Leave a Reply