Kelebihan Download Melalui Torrent dan Manfaatnya

Kelebihan download dengan torrent dibandingkan direct download melalui http akan saya bahas pada artikel ini. Seperti yang telah kita pelajari sebelumnya bahwa protokol bittorrent bekerja dengan cara yang unik untuk mendistribusikan data. Berbeda sekali dengan metode download konvensional menggunakan protokol http ataupun https. Banyak yang menyebutkan bahwa download dari torrent tidak secepat apabila download melalui http. Hal itu tidak sepenuhnya benar, sebab semua bergantung pada cara kita terkoneksi untuk mendapatkan data melalui internet.

Kelebihan Download Melalui Torrent - Ilustrasi logo website torrent

Kelebihan Download Melalui Torrent Dibandingkan Melalui HTTP Dengan IDM

Torrent tidak membutuhkan server untuk mendistribusikan file atau data, hal ini menjadikan protokol bittorrent sebagai metode yang sangat efisien dalam berbagi. Sehingga untuk dapat berbagi file dan data melalui torrent tidak memerlukan biaya yang mahal seperti halnya apabila kita berbagi pakai data menggunakan protokol http. Lalu apa saja kelebihan-kelebihan dari torrent dibandingkan download dengan IDM?

  • Download dapat dilanjutkan kapan saja
  • Tentu saja, download melalui torrent dapat dipause dan dapat dilanjutkan/diresume kapanpun kita menginginkannya. Tidak seperti download melalui file sharing yang seringkali link menjadi expired dalam beberapa jam berikutnya.

  • Download melalui torrent tidak mengenal istilah corrupt
  • Pernahkah kamu mendapatkan hasil download yang rusak atau corrupt ketika menggunakan aplikasi download manager? Di torrent tidak mengenal istilah corrupt. Sebab bagian-bagian yang error akan selalu dapat diperbaiki secara otomatis walaupun koneksi internet kamu putus nyambung. Bahkan file yang rusak atau corrupt pun dapat diperbaiki menggunakan torrent, sehingga kamu tidak perlu mengulang download dari nol.

  • Tidak memerlukan akun premium
  • Download dari torrent selalu gratis, kamu tidak perlu beli akun premium. Akun private torrent pun pada umumnya bisa didapatkan dengan cara barter atau pertukaran, kamu tidak perlu membelinya. Tentu saja, karena torrent memang ditujukan sebagai wadah berbagi data.

  • Mudah untuk mencari file yang diinginkan
  • File seperti musik, film, software, dan lainnya mudah sekali didapatkan melalui torrent. 99% data yang diunggah pada layanan file sharing pun awalnya adalah dari torrent atau dari jaringan p2p sejenis.

  • File dapat tersedia dalam jangka waktu yang sangat lama
  • Pada umumnya file file yang sudah berumur lama seringkali lebih mudah ditemukan melalui torrent atau jaringan p2p. Sharing melalui layanan file sharing tentu ada batasnya, sehingga suatu saat file bisa terhapus sehingga tidak lagi dapat didownload.

Daftar Beberapa Website Penyedia File Torrent

Website penyedia file torrent cukup banyak sekali, baik yang bersifat public maupun private. Public tracker dapat diakses oleh siapa saja, kamu tidak perlu registrasi untuk dapat mendownload torrent melalui public tracker. Sedangkan private tracker memerlukan registrasi apabila kamu ingin mendownload torrent dari private tracker tersebut. Dan apabila registrasi sudah ditutup, biasanya kamu bisa mendapatkannya melalui invite. Nah, disini saya akan memberikan beberapa alamat website torrent indexer dan public tracker:

  • The PirateBay
  • atau yang lebih dikenal dengan singkatannya yaitu TPB, merupakan salah satu website torrent indexer yang sangat terkenal dan paling banyak digunakan. Walaupun tampilan website terlihat sederhana, namun TPB memiliki koleksi torrent terbanyak saat ini. Di TPB kamu bisa menemukan berbagai macam kategori yang tersedia mulai dari film, lagu, software, game dan lainnya. Ada 3 kategori uploader di TPB yaitu VIP, Trusted, dan Mod yang memiliki ikon penanda bergambar tengkorak.

  • Kickass
  • adalah salah satu website torrent indexer generic seperti halnya TPB. Tampilan websitenya lebih baik dibandingkan TPB, namun pembagian kategorinya lebih sedikit dibandingkan TPB, sehingga kadang sedikit menyulitkan pencarian. Kickass juga memiliki forum diskusi, hanya saja untuk dapat berdiskusi di kickass memerlukan registrasi terlebih dahulu.

  • Torrentz
  • adalah sebuah website meta-torrent search engine, yaitu sebuah website yang dikhusukan sebagai mesin pencari untuk menemukan file torrent. Sangat berguna sekali ketimbang mencari url torrent melalui google.

  • ExtraTorrent
  • merupakan website torrent indexer yang juga cukup terkenal. Tampilan website extratorrent tidak terlalu menarik, namun cukup mudah dalam penggunaannya. Kategori yang tersedia pun sama seperti halnya kickass. Torrent site ini menempati urutan ke-4 yang paling banyak digunakan.

  • YTS
  • YTS adalah sebuah website torrent indexer yang hanya menyediakan kategori film Bluray-Rip dengan ukuran file yang relatif kecil. Merupakan sebuah torrent site terpopuler yang menempati urutan kelima saat ini. YTS juga memiliki tim internal encoder/release group sendiri yaitu YIFY. Memang secara kualitas, Bluray-Rip yang dihasilkan baik untuk 1080p dan 720p tidak begitu bagus (menurut standar saya lho ya…).

  • EZTV
  • merupakan sebuah website torrent indexer yang mengkhususkan hanya untuk kategori serial tv. Beberapa release group serial televisi cukup banyak dijumpai di EZTV.

  • 1337x
  • website torrent indexer ini memiliki tampilan yang cukup menarik dengan kategori yang umumnya sama seperti yang tersedia di public tracker lainnya.

Daftar Beberapa Tracker Public

Dibawah ini adalah beberapa public tracker yang aktif dan bisa digunakan untuk mendapatkan informasi peer dari sebuah torrent. Seringkali dengan menambahkan alamat tracker jumlah peer bisa bertambah, sehingga dapat mempercepat proses download melalui torrent.

udp://open.demonii.com:1337/announce
http://9.rarbg.com:2710/announce
http://mgtracker.org:2710/announce
http://teentorrent.com:7070/announce
http://explodie.org:6969/announce
http://tracker.best-torrents.net:6969/announce
http://bttracker.crunchbanglinux.org:6969/announce
http://bt.careland.com.cn:6969/announce
http://tracker.tfile.me/announce
http://tracker.dler.org:6969/announce
http://tracker1.wasabii.com.tw:6969/announce

Silahkan klik link berikut ini untuk menyalin url tracker diatas dalam format text yang kompatibel dengan uTorrent atau rTorrent.

Menambahkan tracker yang sudah tidak aktif misalnya tracker.openbittorrent.com, tracker.publicbt.com, tracker.istole.it hanya membuang waktu dan justru bisa memperlambat proses dalam mendownload torrent. Jadi apabila dalam sebuah torrent masih terdapat url tracker tersebut, kamu bisa menghapusnya, dan menggantinya dengan url tracker yang masih aktif.

Diatas tadi sudah dibahas beberapa kelebihan download melalui torrent. Nah, selanjutnya saya akan menjelaskan lebih jauh lagi mengenai istilah-istilah yang sering dijumpai pada protokol bittorrent. Sehingga nantinya kamu bisa memahami lebih dalam soal torrent dan bisa mengoptimalkan aplikasi torrent client yang kamu gunakan agar bisa mendownload torrent lebih cepat.

 

Leave a Reply