Istilah Server dan Client Dalam Ilmu Komputer

Dalam dunia komputer, istilah server secara umum dapat diartikan sebagai suatu sistem komputer yang dapat digunakan untuk menyediakan suatu jenis layanan yang dapat diakses melalui jaringan komputer. Sedangkan client dalam dunia komputer merujuk pada sistem komputer yang diijinkan untuk terhubung dengan jaringan tertentu serta mengambil atau menggunakan sumber daya yang tersedia dalam jaringan tersebut. Sehingga pada dasarnya, sebuah server adalah merupakan sistem komputer yang lebih kompleks, dimana memiliki sumber daya yang lebih besar dengan performa yang tinggi.

Ilustrasi client dan server dalam jaringan komputer
 

Pengertian Dari Server dan Kategorinya

Sebuah server biasanya didukung oleh prosesor yang sifatnya scalable, dengan kapasitas RAM yang besar, dan juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus. Server juga dapat menjalankan dan mengatur sistem administrasi jaringan melalui perangkat lunak administratif untuk mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya di dalam jaringan tersebut.

Sistem operasi yang digunakan oleh server umumnya tersedia bermacam layanan yang menggunakan arsitektur client-server. Beberapa layanan yang dapat dijalankan oleh sebuah server diantaranya adalah DHCP Server, Mail Server, Web Server, File Server, DNS Server, dan lainnya. Apabila dilihat dari fungsi layanannya, server dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis diantaranya: server aplikasi, server data, dan server proxy.

  • Server Aplikasi
  • digunakan untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh client. Contohnya: server game, server streaming real-time, server billing, dan lainnya.

  • Server Data
  • digunakan untuk menyimpan data baik yang dapat digunakan oleh klien secara langsung ataupun data yang diproses oleh server aplikasi. Contohnya: server database, server storage, dan lainnya

  • Server Proxy
  • umumnya berfungsi untuk mengatur lalu lintas jaringan, dimana server proxy adalah sebagai perantara untuk menghubungkan client ke dalam jaringan tertentu yang akan dituju.

Fungsi dan kegunaan dari suatu server sangat banyak, diantaranya untuk menghostingkan sebuah situs web, sebagai tempat penyimpanan data, mengatur client yang terhubung di dalam jaringan, dan masih banyak lagi kegunaan lainnya.

Pengertian Dari Client

Dalam layanan yang menggunakan arsitektur client-server, yang disebut sebagai client adalah setiap komputer yang diatur dalam sebuah jaringan yang dihubungkannya, sehingga setiap komputer yang diijinkan menggunakan sumber daya dalam jaringan, termasuk menggunakan layanan dari server tersebut maka disebut sebagai client. Dalam pengertian yang lebih luas lagi, client dan server dapat bersifat relatif, tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya. Sebab tidak selalu sistem komputer yang memiliki kemampuan atau performa lebih tinggi bertindak sebagai server.

 

Leave a Reply