Yang Diperlukan Sebagai Persiapan Untuk Memindah Website

Pada artikel sebelumnya, saya sudah mengemukakan tentang beberapa hal yang dapat dijadikan alasan untuk memindah website Anda ke hosting yang baru. Dan kapan waktu yang tepat untuk memindahkan website Anda ke hosting yang baru. Ada beberapa hal yang diperlukan sebagai persiapan untuk memindah website ke hosting yang baru. Pada sebagian kasus, mungkin dengan mengupgrade ke paket hosting yang lebih tinggi masalah bisa selesai. Namun pada kasus lain, mungkin Anda punya pertimbangan dan alasan tertentu. Dimana harus memaksa Anda untuk berpindah penyedia hosting lainnya.

Persiapan untuk memindah website

Persiapan Untuk Memindah Website, Sudah Siapkah Anda

Untuk memindahkan website diperlukan perencanaan yang matang. Tentunya ada harus ada pertimbangan dalam memilih layanan web hosting. Sebab tanpa perencanaan yang matang, mungkin hasilnya akan mengecewakan Anda sendiri. Pertama-tama mungkin Anda akan membuat perhitungan anggaran yang dibutuhkan. Kemudian memperkirakan seberapa besar kebutuhan sumber daya yang diperlukan untuk website Anda. Slanjutnya Anda bisa mulai blusukan untuk mencari layanan hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Akan tetapi masih banyak hal-hal lain yang harus Anda perhitungkan dan pertimbangkan. Perkiraan seberapa cepat pertumbuhan website yang Anda miliki untuk setahun kedepan. Jangan sampai setelah Anda pindah ke layanan web hosting yang baru, ternyata hasilnya jauh dari ekspektasi Anda. Cara terbaik untuk menentukan kualitas layanan hosting, salah satunya adalah dengan cara mencobanya. Ini bukanlah hal yang mudah, sebab bisa menambah anggaran Anda.

Cara lain yang cukup efektif adalah bertanya kepada teman atau kerabat Anda yang juga memiliki pengalaman dengan website. Dari sanalah Anda bisa mendapatkan pengalaman berharga. Disamping juga menambah poin pertimbangan untuk memilih layanan hosting yang tepat seperti yang Anda inginkan. Ada beberapa poin yang dapat menjadi pertimbangan Anda ketika Anda akan memindah website ke hosting yang baru:

  • Budget
  • Ada harga ada rupa, itulah kalimat yang sering diucap banyak orang. Harga paket hosting di tiap-tiap penyedia layanan tentu saja berbeda satu sama lain. Harga layanan adalah faktor utama yang paling menentukan. Mengapa? sebab penyedia layanan hosting yang baik itu adalah yang bisa sustainable. Seberapa baik pun kualitas layanan dan produk hosting yang diberikan, apabila tidak sustainable tentu saja mereka tidak mampu bertahan lama. Oleh karena itu istilah “ada harga ada rupa” adalah sesuatu yang sifatnya mutlak.

  • Spesifikasi
  • Ketika Anda ingin memindah website ke hosting yang baru, maka Anda harus melihat spesifikasi dari paket yang ditawarkan. Minimalnya spesifikasi haru sama seperti pada saat Anda menggunakan hosting yang lama. Oleh karena itu sebaiknya Anda bisa memperkirakan seberapa besar kebutuhan sumber daya website Anda di masa sekarang dan dimasa yang akan datang.

  • Lokasi Server Hosting
  • Pilihan lokasi server untuk menghostingkan website Anda ditentukan oleh target visitor yang akan Anda jangkau. Ada banyak penyedia hosting yang menyebutkan bahwa apabila Anda menargetkan visitor dari Indonesia sebaiknya Anda memilih server yang berlokasi di IIX. Namun untuk kondisi saat ini hal itu tidak sepenuhnya benar. Anda pun bisa menggunakan server yang berlokasi di Singapura. Karena selain faktor latency yang tidak jauh berbeda dengan server IIX, server yang berlokasi di Singapura juga memiliki koneksitivitas yang lebih baik. Sehingga untuk kedepannya, Anda pun dapat memperluas target visitor tanpa perlu rasa khawatir.

Apabila Anda sudah menimbang ketiga faktor diatas tadi, maka selanjutnya Anda bisa mulai mempersiapkan hal-hal yang diperlukan saat Anda akan memulai untuk memindahkan website Anda ke hosting yang baru.

Beberapa Persiapan Untuk Memindah Website Anda Ke Hosting Baru

Hal-hal yang perlu Anda persiapkan sebelum memindahkan website Anda ke hosting yang baru.

  • Persiapan Waktu
  • Pastikan Anda memiliki waktu yang luang yang cukup untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Waktu yang terbatas hanya akan mengganggu proses pemindahan website Anda ke hosting yang baru. Dan pada akhirnya malah akan lebih banyak membuang waktu lebih banyak lagi. Perhatikan pula masa sewa di hosting lama Anda, pastikan masih terdapat waktu yang cukup sampai Anda benar-benar yakin untuk memulai persiapan untuk berpindah hosting.

  • Persiapan Backup
  • Backup adalah hal terpenting ketika kita memiliki sebuah website. Buatlah backup data website Anda secara berkala. Jangan selalu mengandalkan backup dari penyedia hosting Anda, walaupun mereka mengiklankan hal tersebut pada promosi produk dan layanannya.

  • Uji Kestabilan Server
  • Hal ini diperlukan ketika Anda akan memindahkan website ke platform Dedicated Server. Uji kestabilan meliputi hardware dan software. Mungkin ini adalah bagian yang paling terpenting sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya sebagai tempat menghostingkan website Anda. Sebab server yang kurang stabil dapat menimbulkan masalah di kemudian hari.

  • Uji Performa Server
  • Ketika Anda sudah membeli hosting yang baru, lakukanlah test drive terlebih dahulu. Banyak aplikasi dan tools yang dapat membantu Anda untuk menguji kemampuan dan performa dari hosting Anda yang baru. Dengan demikian, Anda bisa memperkirakan apakah hosting baru yang akan Anda tempati sudah sesuai dengan kebutuhan sumber daya yang diperlukan. Dan apakah di hosting yang baru nantinya dapat mampu menangani pertumbuhan website Anda.

Samapai disini, persiapan untuk memindah website sudah selesai. Anda bisa memulai untuk memindahkan website Anda ke hosting yang baru. Anda tidak perlu terburu-buru menghapus data di hosting yang lama, apabila masa sewanya masih panjang. Ketika semua proses migrasi website sudah selesai, Anda bisa mengarahkan DNS dari domain website Anda ke hosting yang baru. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir terjadinya downtime selama proses migrasi website Anda berlangsung.

Ternyata persiapan untuk memindah website itu tidak semudah yang dibayangkan. Ada banyak hal yang memerlukan pengetahuan teknis. Anda mungkin akan lebih banyak menemukan penyedia layanan hosting yang menawarkan produk hosting unmanaged. Sebab hal ini sangat berperan dalam menentukan harga jual dari produk hosting yang ditawarkannya. Karena pada produk hosting premium Anda juga akan dibebankan biaya managed service, yang seringkali lebih mahal daripada biaya sewa hostingnya sendiri.

Oleh karena itu apabila Anda mempunyai waktu luang, cobalah untuk mempelajari buku atau referensi mengenai website dan aplikasinya. Nantinya Anda bisa mencoba banyak hal di server hosting yang Anda gunakan. Dengan demikian Anda tidak selalu harus bergantung pada layanan managed server. Tentunya ini akan bisa menghemat banyak pengeluaran dari anggaran website Anda. Sehingga setelah Anda mahir mengelola website dan server, Anda bisa menggunakan unmanaged server untuk menghostingkan website yang Anda miliki.

Sampai disini artikel tentang persiapan untuk memindah website ke hosting yang baru. Semoga bisa menjadi referensi untuk Anda yang ingin memindahkan websitenya ke hosting yang lebih tangguh.

Beberapa Pertanyaan Yang Sering Diajukan Mengenai Persiapan Untuk Memindah Website

Anda bisa melihat beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai persiapan untuk memindah website dibawah ini. Anda juga bisa bertanya melalui kotak komentar dibawah artikel ini. Mudah-mudahan saya atau mungkin pengunjung lain bisa turut membantu menjawab pertanyaan Anda.

Pertanyaan yang sering diajukan mengenai "persiapan untuk memindah website"

  • Saat ini saya menggunakan paket shared hosting A, dan website saya sering down ketika banyak yang mengunjungi. Apakah kalau saya mengupgrade ke paket shared hosting B masalah ini bisa teratasi?
  • Mungkin saja masalah Anda bisa selesai dengan mengupgrade paket shared hosting Anda ke paket yang lebih tinggi. Tapi bisa juga tidak membantu sama sekali. Sebab pada shared hosting, biasanya perbedaan dari tiap paket yang ditawarkan hanya pada sebatas jumlah ruang hardisk, kuota bandwidth, dan jumlah database yang bisa ditampung. Sedangkan untuk sumber daya cpu dan memori biasanya bersifat shared. Artinya adalah sumber daya tersebut digunakan secara bersama oleh pengguna lainnya di server tersebut.

  • Apa yang harus dilakukan ketika website saya mulai melambat ketika banyak yang mengunjungi?
  • Website yang melambat atau kurang responsif ketika pengunjung mebludak adalah hal yang wajar. Sebab, makin banyak yang mengunjungi website Anda pada saat yang bersamaan, tentu sumber daya yang diperlukan juga lebih besar. Oleh karena itu hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengoptimalkan website Anda.

  • Apakah setelah website saya dioptimasi dapat menerima visitor lebih banyak lagi?
  • Seharusnya iya, hal itu menandakan bahwa optimasi dan tweaking yang Anda lakukan sudah berhasil. Walaupun dalam usaha optimasi tentu ada hal-hal yang bisa membatasinya, yaitu sumber daya server. jadi optimasi adalah langkah awal yang harus Anda lakukan ketika Anda mendapati bahwa website Anda mulai melambat.

  • Bagaimana solusi lain agar website saya tidak sering down ketika pengunjung sedang banyak?
  • Upgrade ke VPS adalah solusi kedua yang bisa Anda lakukan. Dengan menggunakan VPS, Anda bisa melakukan optimasi lebih jauh lagi, sebab Anda memiliki akses penuh terhadap server website Anda.

  • Saya masih bingung bagimana cara memilih spesifikasi hosting untuk kebutuhan website saya?
  • Cara termudahnya adalah dengan melihat jumlah rata-rata visitor di website Anda. Sebagai contoh untuk website dengan cms wordpress, biasanya masih bisa menangani hingga 3000 visitor per hari. Namun ada hal lain yang harus diperhatikan selain soal cmsnya, yaitu themes yang digunakan dan plugin-plugin apa saja yang diaktifkan.

 

Leave a Reply