FUP Indihome Dimulai Februari 2016

FUP Indihome ini akan mulai dilaksanakan pada bulan Februari 2016. Informasi ini terbilang cukup mengejutkan bagi para pengguna setia Indihome. Sebab baru-baru ini Telkom telah membuat kebijakan baru untuk produk Indihome Fiber yaitu adanya kebijakan Fair Usage Policy (FUP). Ditambah lagi dengan kabar angin soal channel HBO di UseeTV yang nantinya ditiadakan karena kontrak dengan Transvision sudah hampir berakhir.

FUP Indihome akan berlaku mulai Februari 2016

Entah benar atau tidak soal beberapa isu yang muncul tersebut, masih ada beberapa hal lain yang juga membuat pelanggan Indihome kecewa. Beberapa diantaranya adalah soal transparansi harga setelah promo berakhir. Sejak awal mula saya menggunakan layanan internet dari Telkom (tahun 2008 dulu namanya adalah Speedy, hingga Indihome di tahun 2015) memang banyak terjadi perubahan kebijakan. Baik dari jenis paket yang ditawarkan, harga, hingga kebijakan penggunaan layanan namun hal itu tidak konsisten. Jadi untuk saat ini saya sudah cukup terbiasa dengan keadaan ini.

Kembali lagi ke soal FUP Indihome. Fair usage sendiri adalah sebuah kebijakan mengenai pemakaian wajar dalam layanan internet. Sehingga dengan adanya FUP ini, Indihome tidak lagi disebut unlimited. Karena akan terjadi pengurangan kecepatan setelah pengguna Indihome sudah mencapai batas fair usage yang ditentukan.

Bagi yang penasaran dengan bagaimana bentuk FUP Indihome yang akan diterapkan oleh Telkom pada bulan februari 2016 ini, Anda bisa melihat tabelnya dibawah ini:

Tabel perhitungan kebijakan FUP Indihome

Perbedaan FUP dan Kuota dalam Layanan Internet

Nah disini saya ingin sedikit berbagi informasi mengenai perbedaan Fair Usage Policy (FUP) dan Quota dalam layanan internet yang digelar oleh ISP. Sebab kadang masih banyak yang belum bisa membedakan antara FUP dan Quota dalam sebuah layanan internet yang ditawarkan oleh ISP.

Fair Usage Policy sendiri adalah sebuah bentuk kebijakan penggunaan layanan, dimana pada umumnya ditentukan batasan dalam hal pemakaian bandwidth. Sehingga setelah pemakaian bandwidth sudah melebihi dari kebijakan yang ditentukan, maka biasanya kecepatan koneksi internet akan diturunkan sesuai dengan kebijakan yang diinformasikan oleh ISP tersebut.

Jadi FUP ini kurang lebihnya sama seperti dengan mekanisme bandwidth throttling atau traffic shaping. Untuk pemakaian bandwidth sendiri biasanya diukur dengan satuan byte (Kilobyte, Megabyte, Gigabyte, dst). Singkatnya, apabila pelanggan telah mendapatkan FUP, maka pelanggan tetap dapat menikmati layanan internet tanpa terkena overcharge atau tambahan biaya. Walaupun setelah batas FUP tercapai, maka kecepatan yang didapatkan lebih rendah dari kecepatan awal (initial speed) dari paket yang dipilihnya.

Sedangkan Kuota dalam layanan internet yaitu berupa perhitungan pemakaian bandwidth secara tetap. Artinya berapapun kecepatan koneksi internet yang didapatkan oleh pelanggan, apabila kuotanya sudah habis maka pelanggan tidak bisa lagi menikmati layanan internetnya, sampai pelanggan tersebut menambah lagi quotanya.

Bentuk FUP yang diberlakukan oleh Indihome ini berbeda sekali dengan FUP yang diterapkan kebanyakan provider internet seluler. Terutama dalam hal penurunan kecepatan setelah batas FUP tercapai. Dimana rata-rata FUP yang diterapkan oleh provider internet seluler, penurunan kecepatan setelah melampaui batas FUP-nya sangat rendah (64 Kbps hingga 256 Kbps) sedangkan untuk Indihome adalah 4 Mbps.

Lalu berapa jumlah penggunaan bandwidth yang mungkin bisa didapatkan untuk masing-masing paket Indihome? Anda bisa melihat contoh hitung-hitungan kasar untuk menentukan penggunaan bandwidth FUP Indihome dalam 1 bulan di artikel berikutnya.

Apa yang bisa dilakukan pada koneksi internet sebesar 256 Kbps? Mungkin untuk saat ini masih bisa buat browsing (walau mungkin terasa tidak nyaman), chatting, atau main game online. Apa yang bisa dilakukan dengan koneksi internet sebesar 4 Mbps? Masih bisa untuk streaming video kualitas HD 720p dengan nyaman tanpa lag (buferring). Apalagi hanya untuk sekedar chatting atau main game online.

Sekian tanggapan dan saran saya menanggapi soal FUP yang diberlakukan oleh Indihome mulai bulan februari ini, apabila Anda memiliki kebutuhan yang lebih besar terhadap speed ataupun bandwidth, tentu saja Anda bisa mencari alternatif koneksi internet dari ISP lain yang harganya juga cukup bersaing, terutama di kota-kota besar.

 

Leave a Reply