File Sharing KumpulBagi – Review Kelebihan dan Kekurangannya

File sharing Kumpulbagi - Ilustrasi logo file hosting Kumpulbagi

Pada artikel kali ini saya akan membahas review file sharing Kumpulbagi. Sebagai salah satu layanan file sharing gratis, Kumpulbagi adalah layanan yang paling banyak diminati oleh pengguna internet di Indonesia. Alasannya sederhana saja, yaitu kemudahannya dalam mengunduh dan mengunggah data tanpa dibatasi kecepatannya.

Kumpulbagi sendiri merupakan sebuah layanan file sharing yang umurnya masih terbilang cukup muda. Hal ini dapat kita lihat berdasarkan whois domainnya yaitu kumpulbagi.com yang didaftarkan pada 13 Januari 2014. File sharing kumpulbagi memiliki server yang berlokasi di Singapura, tepatnya di datacenter Softlayer.

Popularitas file sharing Kumpulbagi berkembang secara pesat dalam kurun waktu kurang dari 2 tahun. Anda bisa membandingkannya dengan file sharing gratis lainnya seperti Indowebster yang berdiri pada tahun 2007 silam. Berdasarkan rank alexa, file sharing Kumpulbagi saat ini menempati urutan ke 136 di Indonesia, dan secara global menduduki urutan ke 9252.

Kelebihan File Sharing Kumpulbagi

Meningkatnya popularitas layanan file sharing Kumpulbagi tidak lepas dari apa yang ditawarkannya. Faktor lokasi datacenter yang cukup dekat dengan Indonesia, membuat layanan file sharing Kumpulbagi bisa diakses dengan cepat. Adapun beberapa keunggulan dan kelebihan dari Kumpulbagi adalah:

  • Gratis
  • Saat ini Kumpulbagi dapat diakses secara gratis. Anda tidak memerlukan akun premium untuk bisa mendownload file yang ada di server Kumpulbagi. Tidak seperti file hosting lainnya yang pada umumnya komersial, sehingga hanya yang subscribe layanan premium saja yang bisa mendapatkan akses secara eksklusif.

  • Penyimpanan data tak terbatas
  • File sharing Kumpulbagi menawarkan penyimpanan data unlimited. Artinya Anda bisa mengunggah data seberapapun besarnya, tanpa adanya batasan ukuran file dan tanpa adanya limitasi jumlah data yang dapat diunggah. Saya pun sudah mencobanya dengan mengupload beberapa file berukuran diatas 10 GB untuk membuktikannya. Saya tidak pernah menghitung berapa banyak data yang sudah saya unggah ke Kumpulbagi, namun sepertinya sudah lebih dari 5 TB data yang saya unggah melalui Kumpulbagi.

  • Unduh data tak terbatas
  • File sharing Kumpulbagi juga menawarkan download unlimited. Artinya Anda bisa mendownload data seberapapun jumlahnya tanpa adanya pembatasan kecepatan download. Anda bisa mendownload banyak file sekaligus secara bersamaan, dan semua file yang didownload dapat di resume kapan saja. Berbeda halnya dengan layanan file sharing lain yang seringkali “memenjarakan” file yang sudah Anda unggah disana. Anda bisa mengunggah file secara bebas, namun ketika Anda ingin mendownloadnya serasa dipersulit, hal itu memaksa Anda untuk membeli akun premium.

  • Tidak ada expire
  • Layanan file sharing Kumpulbagi tidak menerapkan sistem expire. Artinya file Anda bisa tersimpan selamanya tanpa di delete secara otomatis oleh sistem. Hal yang sama seperti apabila Anda menggunakan layanan cloud storage seperti misalnya Google Drive atau Mail.ru. Jadi Anda tidak perlu lagi was-was terhadap semua file yang sudah Anda unggah ke Kumpulbagi.

  • Password Pengaman Folder
  • Saat ini banyak layanan file sharing yang menggunakan platform yang sama dengan Kumpulbagi. Sebut saja misalnya: copiapop, kutucugum, partagora, dan mungkin masih ada beberapa lainnya. Namun hanya Kumpulbagi yang memiliki fitur password pengaman folder. Fitur ini tentunya tidak menarik bagi leecher dan pencuri data, namun sangat berguna bagi uploader.

    Selain itu dengan adanya pengaman password, koleksi data yang ada di dalam folder tidak dapat terindex oleh google. Ini dapat mengurangi resiko file yang sudah diupload terhapus oleh adanya laporan copyright infringement.

Kekurangan File Sharing Kumpulbagi

Tentu saja dibalik semua kelebihan dan keunggulan yang diberikan, tetap masih ada beberapa kekurangan pada layanan file sharing Kumpulbagi. Seperti pepatah “tak ada gading yang tak retak”, hal ini juga berlaku di layanan file sharing Kumpulbagi.

  • Manajemen File Dengan Fitur Terbatas
  • Ini adalah salah satu kekurangan dari layanan file hosting Kumpulbagi. Setelah Anda mengunggah data ke dalam sebuah folder, Anda tidak bisa memindahkannya ke folder lainnya. Password pengaman hanya bisa diterapkan untuk folder saja, tidak untuk masing-masing file. Sehingga apabila ingin memproteksi data yang diunggah dengan password yang berbeda, maka tiap data harus diunggah ke dalam folder yang berbeda.

  • Privasi Data
  • Walaupun saat ini layanan file hosting Kumpulbagi sudah ditambahkankan fitur private folder. Sehingga Anda bisa mempassword folder agar tidak bebas diakses oleh orang yang tidak berhak. Namun folder yang Anda buat disana masih dapat terlihat oleh orang lain, begitupula dengan jumlah file yang ada didalam folder tersebut.

Popularitas file hosting Kumpulbagi yang meningkat dengan tajam, diikuti oleh kebebasan mengunggah file apapun menjadikan website Kumpulbagi diblokir oleh kebanyakan ISP di Indonesia. Namun bagi Anda yang tidak bisa mengakses website Kumpulbagi karena diblokir oleh internet positif, jangan khawatir! Masih banyak cara ampuh untuk membuka website Kumpulbagi, yang akan saya bahas lebih lanjut di artikel berikutnya.

Demikian artikel saya mengenai review file sharing Kumpulbagi, semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang ingin mencoba untuk menggunakan layanan penyimpanan gratis unlimited.

 

3 Comments

  1. Muhajirin 29 Nov 2016 20:02
  2. sandicahyosetiawan 02 Dec 2015 17:49
    • Venantius venantius 02 Dec 2015 18:05

Leave a Reply