Daftar Berbagai Layanan File Sharing Populer di Indonesia

Layanan file hosting atau file sharing sebagai tempat penyimpanan dan berbagi data secara online merupakan kebutuhan bagi setiap pengguna internet di Indonesia. Baik yang hanya untuk mencari atau mendownload data-data yang diperlukan, memanfaatkan layanan file sharing untuk berbagi data, hingga menggunakannya sebagai tempat penyimpanan data untuk keperluan backup. Dari hari ke hari penyedia layanan file sharing pun semakin bertambah. Ada yang menyediakan layanan secara cuma-cuma, dan ada pula yang menyediakan layanan berbayar.

Setiap layanan file sharing pada umumnya memiliki ciri khas atau keunikan tersendiri. Hal itu dapat kita lihat dari penawaran layanan yang dapat diberikan, hingga fitur-fitur yang tersedia dari layanan file sharing tersebut. Disini saya akan mengulas daftar berbagai layanan file sharing populer di Indonesia. Baik itu yang memiliki data center di luar negeri, maupun yang data centernya berada di dalam negeri.

Fitur-fitur Utama yang Biasanya Ditawarkan Oleh Penyedia Layanan File Sharing

Biasanya, sebuah layanan file sharing akan menjadi lebih dilirik karena adanya fitur-fitur tertentu. Sehingga membuat pengguna internet tertarik untuk menggunakan layanan tersebut. Terlepas dari layanan tersebut diberikan secara gratis maupun berbayar.

  • Ukuran maksimum data yang dapat diupload
  • Dari waktu ke waktu ukuran rata-rata dari sebuah data makin besar. Sebut saja misalnya file multimedia seperti film atau movie. Beberapa tahun kebelakang sebuah copy film hanya berukuran beberapa ratus MB saja, namun saat ini dengan kemunculan format HD ukuran sebuah copy film bisa berukuran hingga puluhan GB. Sehingga untuk keperluan sharing data menggunakan layanan file hosting, pengguna lebih cenderung memilih layanan yang memberikan batasan maksimum upload per file yang lebih tinggi. Sehingga data yang akan dishare melalui layanan file hosting tidak perlu dipecah ke dalam beberapa bagian sebelum diupload.

  • Kapasitas total penyimpanan data per user
  • Setiap layanan file sharing memberikan batasan-batasan yang berbeda yang ditentukan oleh ketentuan dari masing-masing penyedia layanan. Sebagian penyedia layanan file sharing ada yang hanya memberikan beberapa puluh GB namun ada pula yang menawarkan ruang penyimpanan tak terbatas (unlimited).

  • Lamanya masa simpan data yang diunggah
  • Lamanya masa simpan file berhubungan dengan kapasitas dan infrastruktur yang dimiliki oleh penyedia layanan file sharing. Umumnya pembatasan masa simpan file hanya berlaku bagi pengguna non-premium. Ada yang memberikan 15 hari, 30, hari, 60 hari, hingga 90 hari.

  • Besar maksimum data yang dapat didownload oleh free user
  • Sebagian besar penyedia layanan file sharing ada yang membatasi besarnya ukuran file yang dapat didownload untuk pengguna tertentu. Mulai dari sekitar ratusan MB hingga 1 GB tergantung kebijakan yang ditentukan penyedia layanan file sharing tersebut.

  • Kemudahan dalam mengakses data
  • Kemudahan dalam mengakses data bisa dalam hal pengelolaan file, kemudahan mendownload, ataupun batasan-batasan layanan bagi pengguna tertentu.

  • Kuota download per hari
  • Sebagian penyedia layanan file sharing ada yang membatasi jumlah ukuran dari semua data yang sudah didownloadnya dalam 1 hari, sebagian penyedia lainnya ada yang tidak membatasi kuota download per harinya.

  • Fitur-fitur pendukung yang diberikan
  • fitur-fitur pendukung biasanya menyangkut soal tambahan layanan yang diberikan, misalnya: remote upload, FTP upload, torrent transload, resume download, paralel download, proteksi password, dan lainnya.

Semakin banyak fitur-fitur dan kemudahan yang diberikan pada suatu layanan file sharing tentu akan membuat pengguna semakin tertarik untuk menggunakan layanan tersebut.

Layanan File Sharing Populer di Indonesia

  1. Sharebeast.com
  2. adalah sebuah file sharing yang memiliki data center di USA. Sepertinya sharebeast menggunakan frontend yang umum digunakan oleh kebanyakan layanan file sharing lainnya, yaitu menggunakan XFileSharing Pro. Untuk registered account, sharebeast memberikan ruang penyimpanan sebesar 15 GB dengan batasan ukuran per file 500 MB. Lamanya masa simpan yang diberikan adalah 30 hari sejak file terakhir kali didownload. Sharebeast juga memberikan fitur remote url upload bagi pengguna registered account. Walaupun ruang simpan dan batasan ukuran file yang diberikan tidak terlalu besar, namun sharebeast banyak sekali dinikmati pengguna internet di Indonesia. Karena untuk pengguna dengan status registered, sharebeast tidak membatasi download, mengijinkan paralel download dan bisa di resume, tidak ada delay dan captcha.

    Upload:
    Saat saya mencoba untuk mengupload data ke sharebeast didapatkan kecepatan sekitar 135 KB/s, dimana kecepatan tersebut hampir mendekati kemampuan bandwidth upload dari koneksi internet yang saya gunakan.

    Download:
    Untuk downloadnya pun juga sama cepatnya, dengan menggunakan aplikasi Internet Download Accelerator dengan settingan 2 section per download pun sudah dapat mencapai kemampuan maksimum dari koneksi internet yang saya gunakan.

    Remote url upload:
    Proses remote upload juga cukup cepat, ketika saya menggunakannya dapat diraih kecepatan hingga KB/s.

    Saat ini sharebeast termasuk ke dalam 500 besar situs terfavorit di Indonesia.

  3. Uptobox.com
  4. adalah sebuah file sharing yang memiliki data center di Eropa. Sama seperti sharebeast, sepertinya uptobox juga menggunakan XFileSharing Pro sebagai frontendnya. Namun dengan layout yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa. Dengan memiliki registered account, uptobox memberikan ruang penyimpanan tak terbatas dengan batasan ukuran untuk setiap file sebesar 5120 MB. Lamanya masa simpan yang diberikan untuk pemilik registered account adalah 90 hari, yang dihitung sejak file tersebut didownload. Fitur-fitur yang disediakan bagi pengguna dengan status registered adalah remote url upload dan ftp upload. Dengan menggunakan fitur remote url upload, penggunanya bisa mengupload data ke server uptobox tanpa harus mengandalkan kecepatan koneksi internet yang digunakan. Uptobox juga tidak membatasi download, mengijinkan download secara paralel dalam waktu bersamaan, tidak ada delay dan captcha.

    Upload:
    Saat saya mencoba untuk mengupload data ke uptobox didapatkan kecepatan sekitar 160 KB/s, dimana kecepatan tersebut merupakan kemampuan maksimum bandwidth upload dari koneksi internet yang saya gunakan.

    Download:
    Ketika dicoba untuk mendownload file dari uptobox dengan menggunakan aplikasi Internet Download Accelerator, didapatkan kecepatan maksimum dari koneksi internet yang saya gunakan.

    Remote url upload:
    Proses remote upload juga cukup cepat, ketika saya menggunakannya dapat diraih kecepatan hingga KB/s.

    Saat ini uptobox termasuk ke dalam 300 besar situs terfavorit di Indonesia.

  5. Indowebster.com
  6. ini adalah satu-satunya layanan file sharing lokal (IIX) terbesar dan terpopuler di Indonesia. Layanan file sharing Indowebster dibuka sejak April tahun 2007 silam. Layanan file sharing dari Indowebster berbeda dari kebanyakan layanan file sharing lainnya. Frontendnya dikembangkan sendiri oleh tim admin IDWS. Awal mulanya, layanan file sharing Indowebster memberikan ruang penyimpanan tak terbatas, jumlah file yang dapat diupload adalah hingga 5 file per sesinya dengan batasan ukuran file sebesar 1 GB.

    Kemudian setelah platform layanan file sharing Indowebster v3 diperkenalkan, pihak pengelola Indowebster juga menyediakan 2 aplikasi uploader yang disebut “IDWS Desktop Uploader”. Versi .NET hanya dapat digunakan pada sistem operasi Windows, sedangkan versi Java dapat digunakan pada semua sistem operasi. Disamping itu, ada perubahan kebijakan layanan dan mulai diberlakukannya membership plan. Ada 4 jenis membership yaitu Guest, Member, VIP, dan Gatot Kaca. Dan ada membership khusus yaitu Top Uploader.

    Akun dengan status Member dapat mengupload hingga 500 MB per file. Akun dengan status VIP dapat mengupload hingga 1 GB untuk tiap file. Akun dengan status Gatot Kaca diberikan batasan ukuran file hingga 3 GB untuk setiap filenya. Akun dengan status Top Uploader merupakan membership khusus yang diberikan fasilitas yang sama seperti membership Gatot Kaca. Namun perbedaannya, akun Gatot Kaca tidak diharuskan untuk berdonasi. Karena layanan file sharing Indowebster tidak membatasi ruang penyimpanan dan tidak memberlakukan batasan lamanya masa penyimpanan, dalam waktu singkat storage server menjadi cepat penuh. Kemudian dibuatlah kebijakan baru yang hingga kini sepertinya ukuran upload dibatasi hingga 350 MB untuk setiap filenya.

    Layanan file sharing Indowebster tidak membatasi download sekalipun untuk guest member. Kamu bisa mendownload banyak file sekaligus dalam waktu bersamaan. Tidak ada pembatasan kecepatan download dan bisa di resume kapan saja.

    Upload:
    Saat saya mencoba untuk mengupload data ke Indowebster melalui web, kecepatan yang didapat relatif lambat dan seringkali gagal karena terputus. Sepertinya diperlukan koneksi upload yang tinggi supaya prosesnya tidak gagal. Namun masalah tersebut dapat teratasi ketika menggunakan aplikasi Desktop Uploader.

    Download:
    Ketika dicoba untuk mendownload file dari uptobox dengan menggunakan aplikasi Internet Download Accelerator, didapatkan kecepatan maksimum dari koneksi internet yang saya gunakan. Hal tersebut adalah wajar, karena server Indowebster berlokasi di data center dalam negeri.

    Saat ini Indowebster termasuk dalam 100 besar situs terfavorit di Indonesia dan Indowebster adalah satu-satunya layanan file sharing gratis yang dapat menyimpan file secara permanen dengan tanpa batasan ruang simpan. Namun untuk saat ini sepertinya layanan upload Indowebster semakin sering ditutup.

  7. 4shared.com
  8. layanan file sharing ini sudah ada sejak tahun 2005 silam, jauh sebelum kemunculan layanan file sharing lainnya yang saya review pada artikel ini. 4shared merupakan salah satu layanan file sharing yang profesional, menggunakan frontend yang dikembangkan sendiri, sehingga tampilan layoutnya pun berbeda dengan kebanyakan layanan file sharing lainnya. 4shared memiliki data center yang terletak di Ukraina. Banyak fitur-fitur menarik yang disuguhkan bagi pengguna layanannya, seperti disediakannya aplikasi desktop dan mobile, dan tersedia preview dan live streaming untuk file-file multimedia. Selain itu 4shared juga menyediakan API bagi developer yang ingin mengembangkan aplikasinya sendiri untuk memanfaatkan layanan dari 4shared. Selain itu akun 4shared juga dapat diintegrasikan dengan jejaring sosial populer seperti facebook dan twitter.

    Setelah memiliki registered account, 4shared memberikan ruang penyimpanan sebesar 15 GB dengan limitasi ukuran setiap file sebesar 2 GB. Lamanya masa penyimpanan file sebelum menjadi expired adalah 180 hari. 4shared juga menyediakan fitur webdav, FTP, dan SFTP untuk mengupload data. Namun 4shared tidak memberikan fitur remote url upload. Saat ini 4shared membatasi penggunaan trafik download harian sebesar 3 GB dan trafik akumulasi download per bulan sebesar 30 GB untuk pengguna dengan status free account.

    Upload:
    Saat mencoba untuk mengupload data ke 4shared didapatkan kecepatan sekitar 95 KB/s, namun saat menggunakan mode FTP dengan aplikasi Filezilla didapatkan kecepatan lebih tinggi hingga mendekati batas kemampuan koneksi internet yang saya gunakan.

    Download:
    Untuk download saya mencobanya dengan menggunakan aplikasi Internet Download Accelerator. Kecepatan yang didapatkan sedikit lebih lambat daripada kebanyakan layanan file sharing lainnya.

    Saat ini 4shared termasuk dalam 100 besar situs terfavorit di Indonesia, jauh lebih banyak dikunjungi daripada layanan file sharing IIX terbesar di Indonesia.

Sebenarnya masih ada layanan file sharing buatan anak bangsa yang memberikan layanannya secara gratis, menggunakan frontend yang dikembangkan sendiri oleh pemiliknya, tidak membatasi download dan upload seperti halnya Indowebster. Namun disini saya belum bisa memberikan review karena ada satu hal yang menyebabkan layanan file hosting tersebut belum bisa saya masukkan kedalam review. Layanan file sharing buatan Indonesia ini masih terbilang cukup baru. Walau saat ini juga pengunjungnya sudah sangat banyak dan sepertinya memiliki “backingan” yang kuat. Saya akan membuat reviewnya di lain waktu, barangkali ini nantinya bisa menjadi pesaing kuat dari Indowebster.

Sebelumnya saya pun pernah membuat artikel mengenai beberapa layanan file sharing di Indonesia. Namun karena setelah beberapa waktu layanannya lebih berorientasi kepada pengguna berbayar dan saat ini popularitasnya semakin menurun. Sebagian diantaranya juga sudah bangkrut, maka saya menghapusnya dari review yang saya berikan.

Sebab popularitas dari sebuah layanan file sharing tidak selalu harus berupa layanan yang diberikan secara gratis. Layanan file sharing komersial pun banyak yang cukup populer di kalangan pengguna internet di Indonesia. Banyak hal-hal lain yang membuat sebuah layanan file sharing itu menjadi lebih populer.

 

4 Comments

  1. ahdan 05 Apr 2016 03:48
    • Simple-Aja Venantius 05 Apr 2016 11:44
  2. Hilmy 08 Feb 2015 21:15
    • tukangsapu 09 Feb 2015 04:04

Leave a Reply