Cara Resume Download di Kumpulbagi

Kumpulbagi adalah salah satu layanan file sharing yang banyak disukai oleh downloader dari Indonesia. Karena jumlah trafik download yang tidak dibatasi. Selain itu siapa saja bisa langsung mendownload tanpa harus melakukan registrasi atau login terlebih dahulu. Pada saat itu cara untuk resume download di Kumpulbagi sangat mudah. Pengguna tinggal menjalankan kembali list download yang belum selesai pada aplikasi download managernya. Sebab session download dari kumpulbagi bisa bertahan lebih dari seminggu.

Akan tetapi beberapa bulan kemudian terdapat perubahan di Kumpulbagi. Untuk download file dari Kumpulbagi, user harus login terlebih dahulu. Mungkin ini merepotkan pedownload, namun uploader diberikan sebuah proteksi tambahan, yaitu koleksinya di Kumpulbagi tidak lagi bisa di reupload ke file hosting yang memiliki fitur remote-url upload.

Resume Download di Kumpulbagi Tanpa Mengetahui Username Password Pemiliknya

Dengan adanya beberapa perubahan di Kumpulbagi juga ada dampak lain yang ditimbulkan. Resume download di Kumpulbagi tidak memungkinkan apabila koneksi internet terputus atau ip address berubah. Di IDM akan muncul popup untuk mengisi username dan password.

Tentu saja, username dan password yang harus diinput adalah username dan password uploadernya sebagai pemilik file. Apa betul? Dari hasil yang saya analisa didapatkan bahwa session download, yaitu link url dalam bentuk http cookies (download session) seperti contoh berikut ini:

 
http://s203.kumpulbagi.com/download?e=YbnhLIhCa9KlRLtvvMXhzqx29eM1JKmGVI_iKc5bgHb5hyupe45ujds...

Karakter acak diatas dikirimkan oleh server Kumpulbagi ke browser yang digunakan ketika mengklik tombol download. Download session atau http cookies tersebut bisa berbeda-beda, tergantung ip address yang digunakan saat generate link. yaitu saat Anda mengklik tombol download.

Kalau koneksi internet yang digunakan sering terputus atau ip address sering berubah. Maka semakin sering pula Anda harus melakukan regenerate link. Kalau list queue di IDM banyak, Anda harus mengganti semua dengan link yang baru.

Lalu bagaimana cara resume download di Kumpulbagi? Mudah saja sebenarnya, Anda tinggal login ke website Kumpulbagi, kemudian klik kembali tombol download untuk file yang ingin dilanjutkan downloadnya. Setelah itu Anda bisa copy link tersebut, kemudian replace link lama dengan yang baru. Sehingga proses download bisa dilanjutkan kembali.

Alternatif Cara Resume Download di Kumpulbagi: Menggunakan Link Generator

Mengunakan leecher atau link generator menjadi salah satu alternatif cara resume download di kumpulbagi. Sehingga Anda terbebas dari masalah yang sering dijumpai ketika mendownload file dari Kumpulbagi, diantaranya:

  • Non resumable download
  • Ditandai dengan tulisan resume not supported dan hanya 1 connection saja yang dapat terbuka, dari yang biasanya 8 atau bahkan 16 connection per download. Sehingga proses download menjadi lebih lambat.

    Beberapa orang yang memiliki pengetahuan terbatas tentang web server dan jaringan biasanya menyarankan untuk reinstall IDM atau mengupdate versi lebih baru. Ada pula yang menyalahkan hal tersebut disebabkan oleh server Kumpulbagi. Padahal sebenarnya ini disebabkan oleh ISP yang menggunakan transparent proxy.

  • Download berhenti tiba-tiba dan tidak dapat dilanjutkan
  • Ini disebabkan oleh koneksi internet yang terputus atau server radius/dhcp milik ISP yang Anda gunakan melakukan refresh. Sebab kebanyakan ISP menggunakan ip address yang dinamis, ketika koneksi terputus dan terhubung kembali ip address akan berganti. Sedangkan download session di Kumpulbagi digenerate berdasarkan ip address.

Cara Menggunakan Link Generator Kumpulbagi

Karena saat ini Kumpulbagi kembali menggunakan domain .com dan domain .id sudah tidak dapat diakses. Banyak sekali pengguna yang tidak dapat mengakses kumpulbagi.com karena sejak lama telah diblokir oleh kebanyakan ISP. Ada yang diarahkan ke situs internet positif, ada pula yang menampilkan halaman error 404.

Oleh karena itu saat ini menggunakan server leecher menjadi salah satu solusi alternatif untuk bisa download file dari kumpulbagi. Saya menyediakan sebuah server leech yang bisa digunakan untuk leech file dari Kumpulbagi. Bagaimana caranya?

  1. Masuk ke website mirror kumpulbagi dan copy url dari file yang ingin didownload seperti contoh gambar dibawah ini.
  2. cara resume download di kumpulbagi - langkah 1

  3. Paste url ke halaman transload dan kemudian klik Transload
  4. cara resume download di kumpulbagi - langkah 2

  5. Tunggu hingga proses transload selesai, nanti akan ditampilkan link hasil transloadnya.
  6. cara resume download di kumpulbagi - langkah 3

File yang ditransload akan tersimpan selama 6 jam sebelum dihapus otomatis oleh server. Saya rasa ini waktu cukup untuk mendownload file ke komputer Anda.

 

17 Comments

  1. Achmad Jaelani 11 Nov 2016 19:16
    • Venantius Venantius 11 Nov 2016 22:04
  2. Andri 01 Oct 2016 20:25

Leave a Reply