Cara Mudah Upload Data ke Layanan File Sharing

Pada artikel ini saya akan menjelaskan cara mudah upload data ke layanan file sharing. Biasanya bagi yang baru saja belajar menggunakan internet di rumah, mereka biasanya akan segera mengetahui kalau proses mengupload data ke file hosting tidak semudah proses untuk mendownloadnya. Sebab biasanya proses mengupload data bisa memakan waktu hingga berpuluh kali lebih lama dibandingkan dengan proses mendownload. Selain itu, apabila sewaktu mengupload data koneksi internet kita terputus, maka prosesnya akan terhenti dan harus diulangi kembali dari awal. Merepotkan bukan?

Cara mudah upload data ke layanan file sharing

Mengapa proses mengunggah data jauh lebih lambat dibandingkan ketika kita mendownloadnya? Hal itu disebabkan karena koneksi internet rumahan pada umumnya tidak memiliki bandwidth yang simetris. Pada koneksi internet rumahan seperti Speedy atau First media, kecepatan upload (upstream bandwidth) biasanya hanya diberikan sekitar 1/10 hingga 1/2 dari kecepatan download (downstream bandwidth).

Alasan Seseorang Menggunakan Layanan Penyimpanan Data Online

Siapa saja sih yang paling sering mengupload data ke layanan file hosting ataupun cloud storage? Banyak sekali, biasanya seseorang yang memiliki sebuah situs blog atau website pribadi sering memanfaatkan layanan file hosting ataupun cloud storage untuk berbagi atau sharing data kepada pengunjungnya. Sebagian pemilik situs website lainnya mungkin menggunakannya untuk menghemat space akun web hosting yang dimilikinya.

Lalu apa sebenarnya tujuan dan alasan mereka berbagi atau sharing data melalui layanan file hosting? Tentu banyak sekali alasannya:

  1. Hanya ingin sekedar berbagi
  2. Beberapa blogger atau mungkin seseorang yang bergabung dalam komunitas tertentu (misalnya forum kaskus, forum idws) mungkin mereka mengupload data ke file hosting hanya ingin sekedar berbagi. Sekedar sharing kepada komunitas di dalamnya

  3. Ingin menjadi terkenal
  4. Hal ini lumrah saja, dalam sebuah komunitas sharing, berbagi data merupakan salah satu cara untuk menjadi terkenal, terutama bagi member baru. Seperti halnya di kaskus, memiliki sederetan cendol bisa membuat keberadaan kita lebih diakui oleh member lainnya. Begitu pula halnya dengan blogger, berbagi data-data yang banyak dicari orang merupakan salah satu usaha untuk membuat blog lebih dikenal dan mendapatkan banyak visitor.

  5. Ingin mencari rejeki tambahan melalui internet
  6. Beberapa layanan file hosting ada yang dapat memberikan dolar atau receh apabila file yang diunggah di file hosting tersebut didownload oleh banyak orang. Sebagian lainnya mungkin menyisipkan popup iklan atau redirector seperti linkbucks, adfoc, dan lainnya pada link download yang akan di share. Ya tentu saja ini boleh dibilang wajar selama usaha yang dilakukan adalah hasil kerja keras sendiri.

Lalu apakah semua orang yang sering sharing atau berbagi data pasti memiliki internet yang super ngebut? Belum tentu juga, walaupun mungkin beberapa uploader memiliki koneksi internet yang cepat. Namun saat ini banyak cara-cara cerdas untuk mengupload data ke layanan file sharing hanya dengan koneksi internet seadanya.

Cara Cerdas Mengupload Data Dengan Koneksi Internet Terbatas

Saya akan memberikan 3 macam cara mudah upload data dengan cepat ke layanan file sharing atau cloud storage walaupun koneksi internet yang digunakan tidak cepat atau speed upload terbatas.

  1. Menggunakan Remote URL Upload
  2. Remote URL Upload adalah salah satu metode yang diberikan layanan file hosting untuk mengupload data tanpa harus mengandalkan koneksi internet yang kita miliki. Cara kerja remote url upload adalah dengan mengambil data yang bersumber dari website lainnya secara langsung. tentu saja prosesnya sangat cepat sekali, karena biasanya sebuah server website memiliki bandwidth yang besar, bisa 100 Mbps atau bahkan hingga 1 Gbps. Beberapa layanan file hosting yang memiliki fasilitas remote upload bisa dilihat pada artikel: Daftar Berbagai Layanan File Hosting Populer di Indonesia.

    Gambar dibawah ini merupakan contoh cara mengupload menggunakan remote url upload pada file hosting Uptobox dan juga Sharebeast. Untuk cara remote upload di file hosting lainnya pun kurang lebih langkahnya juga sama saja.

    [images picture_size=”fixed” lightbox=”yes”]
    [image link=”http://lh5.googleusercontent.com/-BrNm6Fom5u4/VMkkmwHj6QI/AAAAAAAACLQ/wH146HZt3Jc/s1055/cara-remote-url-upload-uptobox.com_screenshot_01_%255Boriginal_size%255D.png” linktarget=”_blank” image=”http://lh5.googleusercontent.com/-QSPHvJ8xoYk/VMkkzx7vQ9I/AAAAAAAACMA/YtUxBE1Qwi0/s240/cara-remote-url-upload-uptobox.com_screenshot_01_%255Bthumbnail_240px%255D.png”]
    [image link=”http://lh5.googleusercontent.com/-exggx2q0WQY/VMkknQ_73lI/AAAAAAAACLU/uM0Z6srSRwU/s1055/cara-remote-url-upload-uptobox.com_screenshot_02_%255Boriginal_size%255D.png” linktarget=”_blank” image=”http://lh5.googleusercontent.com/-DW5Vq53MnYc/VMkk0O8sY_I/AAAAAAAACMY/31D6LniJQ-Y/s240/cara-remote-url-upload-uptobox.com_screenshot_02_%255Bthumbnail_240px%255D.png”]
    [image link=”http://lh5.googleusercontent.com/-HSWfTQrX8_w/VMkkmsYiuSI/AAAAAAAACLM/TxqxOm7L66g/s1055/cara-remote-url-upload-uptobox.com_screenshot_03_%255Boriginal_size%255D.png” linktarget=”_blank” image=”http://lh5.googleusercontent.com/-HnQSFiYq3vc/VMkk1HoGpvI/AAAAAAAACMU/RwgTbn9V9rg/s240/cara-remote-url-upload-uptobox.com_screenshot_03_%255Bthumbnail_240px%255D.png”]
    [image link=”http://lh5.googleusercontent.com/-ascWfCNRa5I/VMkko8jWozI/AAAAAAAACLc/QkQiVs4TlP4/s1055/cara-remote-url-upload-uptobox.com_screenshot_04_%255Boriginal_size%255D.png” linktarget=”_blank” image=”http://lh5.googleusercontent.com/-i1WqWucLRlM/VMkk1iI-5zI/AAAAAAAACMc/7iNZsMIdqG8/s240/cara-remote-url-upload-uptobox.com_screenshot_04_%255Bthumbnail_240px%255D.png”]
    [image link=”http://lh5.googleusercontent.com/-mstL2xI9OPI/VMkkV1eLfUI/AAAAAAAACK4/OHPD1d1Cdas/s1055/cara-remote-url-upload-sharebeast.com_screenshot_01_%255Boriginal_size%255D.png” linktarget=”_blank” image=”http://lh5.googleusercontent.com/-tvF1HS9qsyU/VMkkx9mDStI/AAAAAAAACLs/aKH5kStu848/s240/cara-remote-url-upload-sharebeast.com_screenshot_01_%255Bthumbnail_240px%255D.png”]
    [image link=”http://lh5.googleusercontent.com/-EobTRCJhLXA/VMkkVb1bBOI/AAAAAAAACKs/0U3Di5Oz5y4/s1055/cara-remote-url-upload-sharebeast.com_screenshot_02_%255Boriginal_size%255D.png” linktarget=”_blank” image=”http://lh5.googleusercontent.com/-psyRKfVm2vA/VMkkx3BgD0I/AAAAAAAACL0/wOo5Jo6JZq0/s240/cara-remote-url-upload-sharebeast.com_screenshot_02_%255Bthumbnail_240px%255D.png”]
    [image link=”http://lh5.googleusercontent.com/-NtkYa4dhG2o/VMkkV8juPAI/AAAAAAAACKw/pdsKPiZs0Eg/s1055/cara-remote-url-upload-sharebeast.com_screenshot_03_%255Boriginal_size%255D.png” linktarget=”_blank” image=”http://lh5.googleusercontent.com/-JitdKhkYGds/VMkkyLHAMcI/AAAAAAAACLw/pqOhb7_xtV0/s240/cara-remote-url-upload-sharebeast.com_screenshot_03_%255Bthumbnail_240px%255D.png”]
    [image link=”http://lh5.googleusercontent.com/-yiVQKz6ko8g/VMkkXqDdiGI/AAAAAAAACK8/iUVFW2SBfvI/s1055/cara-remote-url-upload-sharebeast.com_screenshot_04_%255Boriginal_size%255D.png” linktarget=”_blank” image=”http://lh5.googleusercontent.com/-AQrAUvdCg2A/VMkkza_QejI/AAAAAAAACMM/8Q7kV2oyHfU/s240/cara-remote-url-upload-sharebeast.com_screenshot_04_%255Bthumbnail_240px%255D.png”]
    [/images]

    Ini menjadi metode upload yang paling mudah dan gratis. Siapa saja bisa menggunakannya.

  3. Menggunakan Remote Desktop
  4. Remote desktop adalah sebuah aplikasi yang dapat kita gunakan untuk mengendalikan sebuah komputer atau server melalui jaringan internet. Untuk dapat melakukan remote desktop diperlukan sebuah aplikasi remote desktop client. Pada sistem operasi Windows, remote desktop dapat menggunakan aplikasi Remote Desktop Connection. Di sistem operasi linux kita dapat menggunakan TightVNC client atau NX client.

    Metode upload dengan bantuan remote desktop, memiliki kelebihan dibandingkan remote url upload. Sumbernya tidak harus berasal dari website, namun bisa juga dari torrent atau ftp. File yang akan diupload bisa di rename dan bisa dipecah menjadi beberapa bagian. Kita juga dapat menginstall aplikasi lainnya yang dibutuhkan di dalam server remote desktop. Salah satunya adalah yang dapat kamu simak pada artikel: Cara Mudah Upload ke Beberapa File Hosting Sekaligus.

    Namun menggunakan remote desktop biasanya hanya bisa dilakukan apabila kita memiliki sebuah VPS yang sudah terinstall GUI ataupun menyewa layanan remote desktop.

    Aplikasi desktop upload manager all in one
     

    Aplikasi diatas dapat diinstall pada sistem operasi Windows maupun Linux. Dan untuk cara instalasi, setting, dan penggunaan aplikasinya lebih lanjut akan saya bahas di artikel lainnya.

  5. Menggunakan Aplikasi Transload Melalui WebUI
  6. Aplikasi transload yang memiliki antarmuka web ada banyak, salah satu contohnya adalah Rapidleech. Rapidleech merupakan sebuah script PHP yang di hostingkan pada sebuah web server. Proses download dan upload semuanya dilakukan pada server, kita tinggal memasukkan URL yang akan didownloadkan. Setelah proses download selesai kita bisa memilih file yang sudah ada pada file manager lalu menguploadnya secara langsung dari server rapidleech tanpa harus mendownloadnya terlebih dahulu.

    Metode upload dengan bantuan rapidleech memiliki beberapa kelebihan yaitu: proses download dan upload umumnya berlangsung dengan cepat, sumber file bisa berasal dari website apapun ataupun dari server file hosting premium, file yang akan diupload bisa di rename terlebih dahulu sesuai keinginan dan file yang akan diupload bisa dipecah (split) menjadi beberapa bagian.

    Namun disamping ada kelebihannya, ada juga beberapa kekurangan dari metode upload dengan rapidleech, yaitu: tidak dapat mengupload file yang sumbernya dari torrent, memerlukan sebuah web server berupa VPS atau dedicated server. Sebab pada umumnya shared hosting cPanel berbayar sekalipun tidak dapat digunakan untuk menghosting script rapidleech ataupun script sejenis lainnya. Apalagi hanya menggunakan blogspot atau wordpress gratisan 😀

    Jadi, apabila kamu memiliki sebuah blog atau website yang dihostingkan pada VPS, kamu juga dapat memanfaatkannya untuk dijadikan server rapidleech. Namun ada baiknya apabila memasang script rapidleech bersamaan dengan website atau blog yang kamu gunakan, perhatikan konsumsi penggunaan cpu dan memori terpakai. Ada baiknya digunakan pada saat trafik website/blog kamu sedang tidak terlalu ramai.

Nah 3 trik jitu diatas dapat kamu coba dan gunakan untuk memudahkan kamu mengupload ke file hosting dan berbagi data tanpa harus lagi mengandalkan koneksi internet yang saat ini kamu gunakan. Menghemat waktu, menghemat bandwidth, dan bisa juga menambah penghasilan dari internet jika kamu manfaatkan dengan baik. Setuju?

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Mengenai Cara Mudah Upload Data

Beberapa pertanyaan dibawah ini seringkali ditanyakan:

Hal-hal yang seringkali ditanyakan seputar cara mudah upload data ke file hosting

  • File hosting apa saja yang bisa support Remote URL Upload?
  • Ada banyak sekali sepertinya, beberapa diantaranya adalah: Uptobox.com, Sharebeast.com, Hugefiles.net. Di artikel lain juga saya sudah membahas dan melakukan review untuk beberapa file hosting terbaik yang memiliki fitur remote upload.

    Untuk remote upload ke banyak file hosting sekaligus bisa menggunakan layanan mirrorcreator.com

  • Mengapa Remote URL Upload tidak berfungsi dan menampilkan error?
  • Ada beberapa kemungkinan yaitu: ukuran file yang di remote mungkin melebihi batas atau url yang di remote bukan berupa direct link.

  • Bagaimana cara menggunakan Remote URL Upload untuk link berpassword?
  • Apabila link dipassword menggunakan basic http auth, maka kamu bisa menggunakan format url berikut:
    http://username:password@contohdomainwebsite.com/namafile.ekstensifile

  • Bagaimana cara remote url upload yang sumbernya dari file hosting premium?
  • Tidak bisa, remote url upload tidak bisa digunakan untuk file yang tersimpan pada file hosting premium. Karena link digenerate berdasarkan cookies. Remote url upload hanya bisa digunakan untuk url yang direct link saja. Sebagai contoh, kamu bisa coba ketikkan url berikut:

    http://simple-aja.info/links/testdirect

    pada kolom remote url upload pada layanan file sharing yang kamu gunakan (coba saja misalnya di sharebeast, uptobox atau mirrorcreator). Untuk url yang tidak direct link, gunakan metode remote upload lainnya yang sudah dijelaskan diatas.

  • Contoh aplikasi sejenis rapidleech yang bisa diakses melalui web browser?
  • Kalau yang berbasis PHP ada Vinaget, Leechget. Yang berbasis java bisa menggunakan JDownloader, sebab JDownloader memiliki antarmuka command line dan juga WebUI yang dapat diaktifkan melalui plugin yang tersedia.

 

 

4 Comments

  1. jotak 24 May 2016 13:12
    • Venantius Venantius 26 May 2016 13:29
  2. dapid 07 Mar 2015 22:51
    • Simple-Aja Simple Aja 10 Mar 2015 10:28

Leave a Reply