Cara Mengupload Data Ke Berbagai File Hosting

Memang saat ini banyak sekali file sharing maupun layanan cloud storage gratis bermunculan. Namun tetap saja, mengupload atau mengunggah data dari ke dalam suatu file sharing tentu saja bukan pekerjaan yang mudah, terutama soal berapa besar data yang akan diupload, lamanya prosees upload dan terlebih lagi jika koneksi internet yang digunakan sering terputus.Cara mengupload dengan cara manual seperti ini memang menempuh jalan yang panjang, apalagi tujuannya untuk sharing atau berbagi data di forum ataupun di website/blog komunitas, selain itu juga biasanya dibutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil.

Oleh karena itu saya disini akan membahas beberapa cara untuk mengupload data secara remote. Remote upload adalah cara mengupload suatu data yang berasal dari website/file hosting lain ke suatu website/file sharing yang kamu inginkan (misalnya kamu ingin mengupload software antivirus AVG dari FilleHippo ke Uptobox) tanpa harus mendownloadnya terlebih dahulu ke komputer. Selain prosesnya lebih cepat, tentu saja cara ini tidak membuang banyak bandwidth koneksi internet yang kamu gunakan. Cara dan langkahnya adalah sebagai berikut:

Mencari sumber file yang diinginkan baik dari website ataupun file hosting lainnya lalu menguploadnya ke salah satu file hosting. Disini saya mencontohkannya untuk mengupload software antivirus dari website Filehippo dan kemudian menguploadnya secara remote ke Uptobox.

  • Buka browser dan menuju ke website Filehippo untuk mencari software yang dimaksud. Perhatikan gambar dibawah ini!

  • Gambar 1 Tutorial Upload Data

  • Setelah itu coba untuk mengklik tombol download/unduh di sebelah kanan hingga progress bar untuk downloadnya muncul.

  • Gambar 2 Tutorial Upload Data

  • Apabila kamu menggunakan software download manager, biasanya link unduhan secara otomatis akan masuk ke software download manager yang digunakan. Copy url download tersebut, dan apabila download berjalan stop saja.

  • Gambar 3 Tutorial Upload Data

  • Kembali ke browser, lalu menuju ke Uptobox dan login dengan akun yang kamu miliki. (Apabila kamu belum memiliki akun Uptobox, kamu dapat mendaftar disini secara gratis.) Setelah itu klik Remote URL Upload dan masukkan URLnya pada box, lanjutkan dengan mengklik tombol Upload hingga muncul progress uploadnya. Perhatikan gambar dibawah ini!

  • Gambar 4 Tutorial Upload Data

  • Tunggu beberapa saat hingga didapatkan URL download linknya, dan kamu bisa mensharingnya di forum, website/blog pribadi kamu. Ulangi langkah untuk melakukan remote upload untuk file lainnya.

  • Gambar 5 Tutorial Upload Data Gambar 6 Tutorial Upload Data

Dengan demikian kamu sudah dapat melakukan remote upload dengan mudah, sebab proses upload data secara remote tidak menggunakan bandwidth dari koneksi internet yang digunakan, tetapi menggunakan bandwidth dari kedua server website tersebut.

Selain itu pula, apabila kamu memiliki website/blog pribadi, kamu tidak perlu lagi mencopy-paste link upload dari website/blog yang orang lain punya apalagi sampai ngebajak untuk dijadikan lahan duit (ditambahkan adfly adfoc, linkbucks dan lainnya).

Saya juga akan memeberikan beberapa file hosting yang memiliki fasilitas remote upload, diantaranya adalah:

  • Amshare (Lokal/IIX)
  • Albafile
  • Davvas
  • Sharebeast

Lalu bagaimana caranya untuk melakukan remote upload dari:

  • File hosting yang tidak menyediakan fasilitas remote upload seperti Indowebster dan Inafile?
  • Cloud storage seperti Google Drive, Mega.co.nz, Box.net, Dropbox?
  • Remote upload yang sumber filenya dari file sharing premium atau dari torrent?

Untuk melakukan remote upload pada file hosting yang tidak mendukung maupun karena sumber filenya tidak mendukung ada beberapa cara yang dapat dilakukan, yaitu menggunakan aplikasi tools uploader seperti zoom uploader (dan beberapa tools tambahan untuk mengupload ke file hosting tertentu) ataupun menggunakan script, yang jenisnya pun bergantung pada jenis file yang akan diupload maupun file hostingnya.

Untuk remote upload menggunakan script pada umumnya dapat diinstall apabila kamu memiliki website/blog yang menggunakan wordpress (bukan blog wordpress gratisan seperti yang di wordpress.com ataupun yg di blogdetik.com, apalagi di blogspot yang jelas-jelas tidak menggunakan wordpress :haha:).

Link Download

Download dari IDWS dan Davvas
Software Upload Tools Komplit – IDWS!
Software Upload Tools Komplit – Davvas!
Tambahan Module, Plugin, Script dan Tutorial – IDWS!
Tambahan Module, Plugin, Script dan Tutorial – Davvas!

Download dari IIX Private Storage
[hidden-group]

Dapat didownload secara gratis melalui file hosting berikut:

Download via Uptobox   Direct Download via Simple-Aja Storage ServerDownload via Indowebster IIXDownload cepat via Davvas

 

Leave a Reply