Cara Menghitung Pemakaian Bandwidth Indihome

Pada artikel ini saya akan membahas mengenai cara menghitung pemakaian bandwidth Indihome dan membandingkannya dengan meteran bandwidth milik Telkom. Sebab mulai Februari 2016, semua layanan Indihome Fiber diberlakukan kebijakan fair usage policy (FUP). Sehingga mungkin saja sebagian pengguna layanan Indihome menjadi cemas apakah jumlah FUP yang diterapkan lebih rendah dari kebutuhan penggunaan bandwidth tiap bulannya.

Disamping itu informasi soal produk dan layanan Telkom seringkali membingungkan pelanggannya. Sehingga pelanggan harus mencari informasi melalui sumber lain yang tidak pernah dicantumkan di website resminya. Kebijakan mengenai layanan pun sering berubah-ubah dan tidak konsisten.

Oleh karena itu disini saya akan membahas mengenai cara menghitung pemakaian bandwidth Indihome dan membandingkannya dengan meteran bandwidth milik Telkom. Namun sebelumnya saya akan membahas soal perhitungan penggunaan total bandwidth maksimal sebelum dan setelah FUP.

Menghitung Pemakaian Bandwidth FUP Indihome

Kebijakan FUP Indihome ini memang terlihat mengecewakan. Tapi daripada terlanjur memutuskan kontrak dan berpindah ke provider lain, karena khawatir FUP yang diterapkan untuk sebulan tidak mencukupi. Dan juga bagi calon pelanggan yang akan mencoba menggunakan layanan Indihome, maka saya akan mencoba mensimulasikan hitung-hitungan soal berapa besar penggunaan bandwidth yang mungkin bisa diperoleh. Dari tabel skema kebijakan FUP Indihome pada artikel sebelumnya, saya mengambil contoh untuk paket Indihome yang 10 Mbps. Apabila kita melakukan hitung-hitung secara kasar, maka:

  • Bandwidth sebesar 300 GB dapat dihabiskan dalam 3 hari pertama
  • Apabila didapatkan kecepatan yang konstan sebesar 10 Mbps, maka bandwidth sebesar 300 GB dapat dihabiskan dalam 71 jam 34 menit 58 detik (disederhanakan menjadi 3 hari agar mempermudah perhitungan). Ingat bahwa kecepatan 10 Mbps adalah setara dengan 1.25 MB/s, jadi secara teoritis setiap detiknya kita dapat mendownload data sebesar 1.25 MB.

  • Throttling kecepatan setelah batas FUP 300 GB tercapai
  • Setelah menghabiskan bandwidth sebesar 300 GB, kecepatan internet akan diturunkan menjadi 75% nya, yaitu 7.5 Mbps. Untuk menghabiskan bandwidth sebesar 100 GB dengan kecepatan 7.5 Mbps secara konstan, maka diperlukan waktu 31 jam 48 menit 52 detik. (disederhanakan menjadi 2 hari untuk mempermudah perhitungan selanjutnya). Sampai disini kita telah menggunakan data sebanyak 400 GB selama 5 hari nonstop.

  • Throttling kecepatan setelah batas FUP 400 GB tercapai
  • Setelah penggunaan bandwidth sebesar 400 GB tercapai, maka kecepatan internet akan diturunkan kembali menjadi 40% dari kecepatan awal, yaitu 4 Mbps. Waktu yang tersisa dari 1 bulan penuh adalah tinggal 25 hari. Dengan kecepatan sebesar 4 Mbps, apabila digunakan secara penuh selama 25 hari berturut-turut maka dapat menghabiskan bandwidth sekitar 1 TB.

Dari perhitungan diatas maka dengan paket Indihome 10 Mbps, memungkinkan untuk menggunakan bandwidth sekitar 1.4 TB. Dimana untuk kebutuhan saya sudah jauh lebih dari cukup. Jadi bagi Anda yang dalam sebulan tidak menghabiskan bandwidth sebesar itu tidak perlu khawatir kalau nggak cukup. Namun bagi yang merasa kurang tentu saja memilih ISP lain adalah pilihan yang sangat tepat.

Menghitung Pemakaian Bandwidth Bulanan dan Membandingkannya Dengan Perhitungan Telkom

Pada modem router Indihome model tertentu didalamnya terdapat fitur penghitung total bandwidth yang sudah terpakai. Namun apabila modem dimatikan atau di restart maka perhitungan pemakaian bandwidth akan kembali dimulai dari awal. Oleh karena itu Anda bisa menggunakan aplikasi penghitung bandwidth yang banyak tersedia di internet, baik yang freeware maupun yang berbayar.

Saya sendiri biasanya menggunakan aplikasi Networx untuk menghitung total rata-rata bandwidth per harinya dan hasilnya pun akan tersimpan di hardisk. Pada aplikasi ini Anda bisa melihat informasi penggunaan bandwidth download dan upload dari rentang waktu per jam hingga per tahun.

Kemudian untuk selanjutnya Anda juga bisa membandingkannya dengan perhitungan penggunaan bandwidth di dashboard user Indihome. Anda bisa mengaksesnya melalui link https://sso.telkom.co.id. Tentu saja sebelumnya Anda harus sudah memiliki akun Telkom ID. Setelah Anda login dengan akun Telkom ID, maka akan tampil halaman seperti berikut ini:

dashboard telkom id Menghitung pemakaian bandwidth melalui dashboard Telkom ID

Selanjutnya Anda bisa klik icon bertanda + dan akan ditampilkan grafik penggunaan bandwidth Indihome dalam 2 bulan terakhir dan bulan berjalan. Selain mengecek pemakaian bandwidth, Anda juga bisa melihat jumlah tagihan Indihome Anda. Update: Khusus untuk pengguna Indihome Fiber, karena memang FUP sudah berjalan, saat ini sudah bisa di cek penggunaan bandwidthnya dengan mengakses melalui http://www.indihome.co.id/usage-info.

Bagi pengguna Indihome yang masih di jaringan tembaga (DSLAM) atau jaringan semi-fiber (MSAN) jangan berkecil hati, terutama setelah sekian lama menunggu dan tidak kunjung direalisasikan. Karena kebijakan FUP tidak berlaku pada jaringan tembaga baik DSLAM ataupun MSAN. Jadi ada benarnya soal kata-kata mutiara “Orang sabar disayang Tuhan”.

 

6 Comments

  1. Rhargar 23 Nov 2016 15:26
    • Venantius Venantius 23 Nov 2016 16:43
  2. anak juragan tomat 01 Sep 2016 00:08
    • Venantius Venantius 02 Sep 2016 13:20
  3. rizki 05 Feb 2016 23:41
    • Venantius venantius 06 Feb 2016 02:01

Leave a Reply