Cara Mengemas Paket Kiriman yang Aman Dari Kerusakan

Apakah Anda seorang pemilik toko online? Atau memiliki usaha produk yang pengirimannya bergantung pada jasa pihak ketiga seperti Pos, JNE, atau Tiki? Bingung bagaimana cara mengemas paket kiriman yang aman agar terhindar dari kerusakan saat proses pengiriman?

Melalui artikel ini saya akan memberikan beberapa tips agar paket yang akan dikirimkan via ekspedisi menjadi lebih aman. Tentunya Anda juga dapat mempelajari sifat dari masing-masing material bahan yang sering digunakan sebagai kemasan.

Penyebab Paket Kiriman Menjadi Rusak

Kerusakan barang dalam proses pengiriman jasa ekspedisi umumnya disebabkan karena:

  • Getaran, guncangan, dan benturan
  • Ini biasanya dialami oleh paket kiriman yang terjatuh saat pemindahan (proses bongkar muat). Seringkali paket kiriman melalui jalur darat pun mengalami kerusakan akibat kondisi jalan yang dilalui. Oleh karena itu pastikan Anda mengemas paket kiriman dengan material yang mampu meredam getaran.

  • Tekanan
  • Kekuatan bahan kemasan packing dalam hal menahan tekanan berbeda-beda. Sehingga apabila paket kiriman mengalami banyak tumpukan benda lain yang lebih berat, tidak hanya kemasan luarnya saja yang rusak. Benda yang dilindungi kemasan tersebut juga beresiko mengalami kerusakan. Oleh karena itu pastikan Anda mengemas paket kiriman dengan material yang mampu menahan tekanan.

  • Kondisi basah atau lembab
  • Beberapa jenis barang tertentu bisa rusak akibat terkena air atau kondisi lembab. Kondisi ini tidak hanya terjadi pada pengiriman melalui transportasi laut. Terkadang apabila kurir yang hendak mengirimkan barang terjebak situasi banjir, tentu saja resiko ini mungkin terjadi. Oleh karena itu pastikan Anda mengemas paket kiriman dengan material yang anti air.

Cara mengemas paket kiriman yang baik, adalah mengetahui terlebih dahulu tentang karakteristik barang yang akan dipaketkan. Selain itu pemilihan jenis material untuk kemasannya juga harus diperhatikan.

Terlalu irit terhadap bahan kemasan untuk packing mungkin bisa menghemat pengeluaran dari segi biaya kemasan. Namun Anda harus siap memenrima resiko apabila barang menjadi rusak selama proses pengirimannya. (Baca juga: Alur dan proses pengiriman jasa ekspedisi.)

Terlalu berlebihan dalam penggunaan bahan kemasan untuk packing pun akan memboroskan biaya pengeluaran Anda. Apalagi kalau Anda mempaketkan barang dalam jumlah banyak. Jadi pilihlah bahan packing yang tepat dan sesuai dengan karakteristik barang yang akan dikemas.

Jenis Bahan yang Umum Digunakan Untuk Mengemas Paket Kiriman

Dibawah ini adalah beberapa jenis bahan yang biasa digunakan sebagai packing kemasan. Beberapa diantaranya juga dapat berfungsi untuk menambah nilai estetika.

  1. Amplop, Sampul dan Kertas Kado
  2. Amplop biasanya digunakan untuk mengemas paket kiriman berupa dokumen dan surat-surat. Fungsi dari sebuah amplop adalah untuk menjaga kerahasian isi dokumen di dalamnya. Selain surat-surat dan dokumen, amplop dapat digunakan untuk membungkus kain, handuk, ataupun buku.

    Sampul atau kertas kado tidak hanya digunakan untuk membungkus buku dan majalah. Anda juga bisa menggunakan kertas kado untuk membungkus kembali kemasan kardus agar terlihat lebih rapi.

    amplop coklat untuk mengemas paket kiriman dokumensampul coklat untuk membungkus ulang paket kirimankertas kado untuk mempercantik paket kiriman

    Seringkali saya melihat seseorang mengirimkan paket yang hanya dibungkus dengan kantong kresek saja. Ya memang tidak masalah juga, tapi alangkah elok kalau barang yang dipaketkan dibungkus dengan kertas kado atau sampul coklat.

  3. Kardus
  4. Kardus atau boks karton adalah material yang terbuat dari bahan kertas berupa corrugated sheet atau corrugated paperboard. Sebuah kardus pada umumnya digunakan sebagai pengemas tambahan untuk barang-barang yang tidak mudah rusak apabila terbentur, terjatuh atau tertumpuk benda-benda lain. Misalnya adalah sepatu, tas, aksesoris dan pernak-pernik.

    Sebuah kardus memiliki fungsi untuk menahan tekanan luar. Dimana kekuatan sebuah kardus dalam menahan tekanan (tumpukan) adalah bergantung dari banyaknya lapisan flute dan liner-nya. Semakin banyak jumlah lapisan tentu ketebalannya juga bertambah. Umumnya pabrikan pencetak dus akan mencetak spesifikasi dan dimensi ruang pada sisi bawah atau bagian sampingnya.

    boks kardus untuk packing dalam berbagai ukuran

    Sebuah kemasan berbahan kardus tentu saja hanya sedikit sekali bisa meredam getaran. Kardus yang digunakan untuk mengemas paket kiriman barang yang beresiko tinggi mengalami kerusakan, maka diperlukan bahan pelapis lainnya.

  5. Styrofoam
  6. atau yang umum disebut gabus (sebutan ilmiahnya: polystyren) adalah material plastik yang dibuat dari monomer stirena, melalui proses polimerisasi. Styrofoam dapat dibuat menjadi bermacam bentuk. Berupa lembaran, jaring-jaring, hingga berupa boks. Tentu saja dengan bentuk yang berbeda karakteristiknya pun berbeda.

    Styrofoam berbentuk boks memiliki beberapa fungsi sekaligus. Yaitu untuk meredam getaran, mampu menahan tekanan luar dan tentunya kedap air. Karena karakteristik yang dimilikinya, sebuah boks styrofoam sangat cocok digunakan untuk mengemas paket kiriman berupa: barang elektronik, buah-buahan, dan barang pecah belah (piring, mug, gelas, porselen).

    styrofoam dalam bentuk boksstyrofoam lembaran untuk alas packingstyrofoam berbentuk jaring-jaring untuk packing buah

    Sedangkan styrofoam yang berbentuk lembaran atau jaring-jaring memiliki fungsi untuk meredam getaran saja. Oleh karena itu biasanya digunakan sebagai pengganjal dari beberapa benda yang telah terususn dalam sebuah boks kemasan.

  7. Bubble Wrap
  8. Ini merupakan bahan pembungkus seperti halnya amplop, kertas kado atau “kantong kresek”. Hanya saja sebuah lembaran bubble wrap memiliki fungsi seperti styrofoam berbentuk lembaran, yaitu untuk meredam getaran.

    Karena berupa lembaran plastik yang lentur, bubble wrap juga dapat dibentuk menjadi sebuah kantong. Sehingga bisa digunakan untuk melindungi benda dari kondisi basah atau lembab.

    bubble wrap untuk melindungi resiko guncangan

    Terdapat beberapa spesifikasi bubble wrap berdasarkan ukuran gelembungnya. Perbedaan ukuran gelembung tentu ditujukan untuk penggunaan yang berbeda.

  9. Peti Kayu
  10. memiliki karakteristik yang tentu saja jauh lebih kuat dalam menahan tekanan, apabila dibandingkan dengan kemasan kardus. Sekalipun peti kayu adalah kemasan pelindung yang paling kuat dalam menahan tekanan, namun material kayu ini paling sedikit kemampuannya dalam meredam getaran.

    Oleh karena itu penggunaannya hanya sebagai kemasan tersier (kemasan terluar). Yaitu untuk melindungi kemasan lain didalamnya. Diperlukan kombinasi material lain untuk dapat meredam getaran dan melindungi benda dari kondisi lembab atau basah.

    Pihak jasa ekspedisi sering menawarkan kemasan peti kayu, apabila barang yang Anda kirimkan rentan mengalami kerusakan akibat tumpukan atau guncangan. Terdapat tambahan biaya 1 kali ongkos kirim apabila Anda setuju untuk menggunakan tambahan packing kayu. Sehingga untuk kiriman yang tarif dasarnya saja cukup mahal, opsi ini terasa cukup membebani.

    bubble wrap untuk melindungi resiko guncangan

    Walaupun demikian, penambahan packing kayu semata-mata adalah untuk mencegah kerugian yang jauh lebih besar. Barang kiriman yang rusak akibat penanganan packing yang kurang tepat tentu saja akan membuang waktu dan biaya untuk mengirimkannya kembali. Namun ada solusi alternatif untuk mengemas paket kiriman yang aman dengan biaya yang lebih murah. Sehingga Anda terhindar dari resiko kerusakan barang selama proses pengirimannya.

    Setiap jenis barang memiliki cara penanganan yang berbeda dalam hal pengemasan. Terlebih apabila barang tersebut akan dikirimkan menggunakan jasa ekspedisi seperti Pos, JNE, atau Tiki. (Baca juga: Alasan Mengapa Jasa Ekspedisi Menjadi Andalan Para Pelaku Bisnis Jualan Online?)

    Tujuan utama dari penggunaan bahan packing atau kemasan tambahan adalah agar benda di dalamnya menjadi lebih aman. Sehingga dapat mencegah resiko kerusakan yang diakibatkan selama proses pengirimannya. Hanya menambahkan catatan khusus atau stiker tidak selalu menjamin bahwa paket Anda akan lebih diperhatikan.

 

102 Comments

  1. Ipin 13 Nov 2017 17:49
  2. Dewi 12 Feb 2017 09:49
  3. nisya 04 Feb 2017 00:21
  4. delvi fe 11 Jan 2017 13:49
  5. Dera 25 Dec 2016 21:42
  6. Aia 03 Dec 2016 17:55
  7. Nita 19 Nov 2016 20:39
    • Venantius Venantius 19 Nov 2016 20:44
  8. anom Rengganis 15 Nov 2016 12:45
    • Venantius Venantius 15 Nov 2016 12:51

Leave a Reply