Kemasan Peti Kayu Untuk Melindungi Paket Kiriman

Sebagai pelaku bisnis penjualan online (e-commerce) pastinya sudah tidak asing dengan berbagai jenis kemasan yang biasa digunakan untuk mempacking barang. Kemasan berupa peti kayu pun biasanya juga sering ditawarkan oleh pihak jasa ekspedisi. Walaupun Anda juga bisa membuat kemasan peti kayu sendiri.

Membuat kemasan peti kayu sendiri terkadang bisa menekan biaya ongkos kirim yang mahal. Pembuatan kemasan peti kayu pun tergolong sederhana. Hanya membutuhkan beberapa alat dan bahan diantaranya adalah gergaji kayu, paku, palu, siku, dan mistar.

Berbagai bentuk kemasan peti kayu untuk packing barang kiriman
Beberapa bentuk dan ukuran kemasan peti kayu untuk packing.

Fungsi dan Keunggulan Kemasan Peti Kayu

Pelaku bisnis e-commerce dan pedagang online umumnya telah mengenal jenis kemasan berbahan kayu. Baik berupa peti, tong kayu atau palet. Karena dalam kesehariannya mereka akan selalu berhubungan dengan pihak jasa ekspedisi.

Kemasan peti kayu sendiri pada umumnya digunakan sebagai kemasan tersier. Fungsi dan kegunaannya adalah untuk melindungi kemasan lain yang ada di dalamnya.

Kelebihan kemasan peti kayu adalah memberikan perlindungan mekanis yang baik terhadap barang yang dikemas. Sebab kemasan peti kayu memiliki karakteristik terhadap tekanan atau tumpukan. Memiliki rasio kompresi daya tarik terhadap berat yang tinggi.

Bahan Untuk Membuat Kemasan Peti Kayu

Adapun jenis kayu yang biasa dijadikan bahan baku pembuatan kemasan peti kayu diantaranya adalah:

  • Papan Kayu Randu
  • adalah jenis kayu yang umum digunakan untuk bahan baku papan cor. Jenis kayu ini memiliki harga paling murah dan paling mudah dicari. Pada umumnya papan ini memiliki ukuran 400 cm x 20 cm dengan ketebalan 1 hingga 1.5 cm. Harga jual per lembarnya berkisar antara Rp.9000 – Rp.15000

  • Papan Kayu Mahoni
  • Jenis kayu ini tergolong agak mahal, namun masih cukup mudah dicari. Pada umumnya papan ini memiliki ukuran 400 cm x 30 cm dengan ketebalan 1.5 hingga 2 cm. Harga jual per lembarnya berkisar antara Rp.20000 – Rp.30000. Papan kayu ini jauh lebih kuat dibandingkan kayu randu. Sering digunakan sebagai bahan pembuatan kemasan peti kayu yang berdimensi besar.

  • Kayu Lapis / Multiplek
  • Material berbentuk lembaran ini pun bisa digunakan untuk pembuatan kemasan peti kayu. Dibandingkan dengan material kayu berbentuk papan, multiplek lebih mudah untuk dibentuk sedemikan rupa. Sehingga selain sebagai pelindung kemasan didalamnya, juga berfungsi untuk menambah nilai estetika.

Cara Membuat Kemasan Peti Kayu Untuk Pengemas Paket Kiriman

Cara membuat kemasan peti kayu untuk mempacking barang cukup mudah. Anda tinggal memotong-motong papan sesuai dengan ukuran kemasan yang ingin dilindungi menggunakan peti kayu. Sebagai contoh:

Anda ingin melindungi barang dengan kemasan berupa kardus ke dalam kemasan peti kayu. Disini saya mencontohkan untuk kemasan dus dengan ukuran 20 cm x 10 cm x 25 cm. Maka hal pertama yang dilakukan adalah mengukur ketebalan kayu yang nantinya akan dibuat menjadi peti kayu.

Misalkan ketebalan kayu adalah 15 mm, maka Anda bisa membuat:

  • Sisi kiri dan kanan
  • Diperlukan 2 buah potongan kayu dengan ukuran 13 cm x 30 cm.

  • Sisi depan dan belakang
  • Diperlukan 2 buah potongan kayu dengan ukuran 30 cm x 20 cm.

  • Alas dan tutup atas
  • Diperlukan 2 buah potongan kayu dengan ukuran 26 cm x 13 cm

Sehingga didapatkan ukuran ruang bagian dalam kemasan peti kayu yang sedikit lebih besar dari kemasan kardus tadi. Tujuannya adalah untuk menyediakan ruang sisa. Ruang tersisa ini nantinya bisa diisikan dengan bahan peredam atau pengganjal seperti styrofoam atau bubble wrap.

Sebab kemasan peti kayu hanya bisa melindungi terhadap tekanan, namun tidak bisa meredam getaran atau guncangan.

Setelah Anda sudah memotong-motong papan kayu dengan ukuran yang sudah ditentukan tadi. Selanjutnya Anda tinggal menyambungkan sisi-sisinya saja menggunakan paku untuk membuatnya menjadi kotak persegi tanpa penutup.

membuat kemasan peti kayu sendiri agar ongkos kirim lebih murah
Gambar potongan papan kayu yang sudah disiapkan dan kemasan peti kayu yang sudah jadi.

Untuk mempercantik kemasan peti kayu, Anda bisa melapisinya dengan lembaran plastik dan kemudian dilapisi lakban trnasparan. Selain tampak menjadi lebih rapi, benda didalamnya juga terlindungi dari basah dan lembab.

Saya hanya membuat packing kayu sendiri apabila biaya packing dirasa cukup membebani pelanggan saya. Terutama untuk pengiriman jauh melalui jalur udara atau laut (pengiriman ke luar pulau). Hanya biaya ongkos kirimnya saja sudah lumayan mahal, apalagi kalau ditambah kemasan packing kayu dari pihak jasa ekspedisinya.

Sebab baik Tiki ataupun JNE di Bogor mengenakan biaya packing sebesar 1 kali ongkos kirimnya. Sedangkan untuk Pos tidak melayani packing kayu untuk barang kiriman yang ukurannya tidak terlalu besar.

Memang dalam hal ini pengeluaran akan bertambah, karena mesti membeli bahan baku untuk membuat kemasan peti kayu sendiri. Tapi tujuan saya adalah untuk membuat barang yang akan dipaketkan benar-benar terlindungi dengan baik.

Berkurangnya sedikit keuntungan dari hasil jualan bagi saya tidak masalah. Justru saya lebih mengkhawatirkan apabila barang yang saya kirimkan rusak selama pengirimannya. Hanya gara-gara soal packing kemasan tidak saya perhatikan.

Ini akan jauh lebih merepotkan, buang-buang waktu dan yang ada mungkin malah rugi. Apabila pelanggan minta barang yang rusak digantikan dengan yang baru.

Jenis Barang Kiriman yang Memerlukan Packing Kayu

Hardisk portable dan kepingan DVD-R adalah salah satu jenis media penyimpanan yang paling sering kami kirimkan melalui jasa ekspedisi. Dengan pengalaman lebih dari 3 tahun menyediakan jasa download dan jasa pengisian film dan drama korea, tentu saja aspek keamanan untuk packing sangat kami perhatikan.

Barang kiriman yang nilainya cukup tinggi dan sangat rentan mengalami kerusakan apabila tidak dilindungi kembali dengan kemasan peti kayu diantaranya adalah barang elektronik seperti smartphone, tablet, notebook, dan layar LCD.

Barang kiriman lain yang mudah hancur (remuk) atau berubah bentuk apabila tidak dipacking kayu yaitu kue kering.

Dan tentu saja barang-barang pecah belah ataupun benda cair yang kemasannya mudah bocor perlu untuk dilindungi dengan kemasan peti kayu. Apabila pengirim menolak untuk menggunakan peti kayu, umumnya pengiriman akan ditolak oleh pihak ekspedisi. Ataupun Anda wajib mengisi surat pernyataan yang harus dibubuhi tanda tangan Anda.

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Kemasan Peti Kayu

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa kemasan peti kayu berfungsi untuk melindungi kemasan lain yang ada di dalamnya. Jadi akan percuma apabila Anda hanya mempaketkan kirman barang dengan mengandalkan kemasan peti kayu saja.

Sebab peti kayu hanya dapat melindungi barang dari tekanan atau tumpukan benda-benda lain. Tapi peti kayu tidak dapat melindungi barang dari guncangan keras akibat terjatuh atau terbentur. Peti kayu juga tidak dapat melindungi barang kiriman dari kondisi lembab atau basah.

Oleh karena itu diperlukan bahan pelindung lain yang difungsikan sebagai pengemas untuk melindungi guncangan keras dan benturan. Diantaranya adalah kardus yang dapat melindungi benda dari kondisi lembab. Plastik pembungkus untuk melindungi benda dari kondisi basah.

Bubble wrap yang dapat meredam getaran akibat benturan dan strrofoam yang digunakan sebagai pengganjal agar posisi benda dalam kemasan dus atau peti kayu tidak bergeser dan berubah posisinya.

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam membuat kemasan peti kayu adalah penyesuaian ukuran dan juga berat peti kayunya. Peti kayu yang jauh lebih besar dari ukuran benda yang akan dikemas bisa saja membuat ongkos kirim dihitung secara volumetrik.

Berat dari kemasan peti kayu juga harus Anda hitung, jangan sampai Anda hanya menghitung berat dari barang yang dikemasnya saja. Banyak penjual online yang nombokin ongkos kirim karena salah memperhitungkan beratnya.

Demikan artikel tentang cara membuat kemasan peti kayu, dan informasi terkait dengan kemasan peti kayu. Semoga bisa membantu Anda untuk memilih dan mempertimbangkan kemasan apa yang cocok dan sesuai dengan karakteristik benda yang akan Anda kirim melalui jasa ekspedisi.

 

Leave a Reply