Cara Membuat Full Backup Image VPS dan Dedicated Server

Backup data adalah sesuatu yang wajib setiap orang yang menggunakan VPS maupun dedicated server untuk keperluan produktif. Virtual disk pada sebuah VPS merupakan tempat dimana data-data Anda tersimpan. Namun tidak semua provider penyedia VPS menyediakan fitur snapshot untuk menyediakan backup berupa disk image dari VPS yang Anda gunakan. Lalu bagaimana cara membuat full backup image VPS?

Full backup dapat diartikan sebagai salinan utuh dari semua berkas yang ada di dalam VPS Anda. Dalam ilmu komputer, full backup biasa diistilahkan sebagai disk cloning. Yaitu membuat salinan disk dalam bentuk sebuah file image, dimana didalamnya memiliki struktur layout partisi, direktori, dan file yang persis sama.

Untuk membuat full backup image vps diperlukan sebuah ruang penyimpanan berupa virtual disk yang berbeda dengan kapasitas yang minimalnya memiliki kapasitas yang sama besar. Full backup image ini mirip seperti sebuah backup snapshot yang sering dijumpai pada fitur vps berbasis cloud.

Hanya saja terdapat perbedaan, dimana untuk full backup disk image hanya bisa dilakukan secara “offline”. Secara sederhana, suatu partisi dari system yang akan dibackup harus dalam tidak aktif digunakan. Lho! Lalu bagaimana cara membackupnya kalau VPS harus dimatikan? Nah yang dimaksud disini adalah kita keluar dari sistem operasi tersebut. Pada setiap VPS berjenis KVM tentu saja disediakan console untuk recovery.

Sehingga dengan memanfaatkan file recovery iso (umumnya adalah system rescue cd) yang disediakan oleh provider, Anda dapat keluar dari sistem OS yang digunakan dan boot ke system rescue. Pada komputer yang Anda miliki di rumah prosesnya sama seperti Anda menggunakan LiveCD.

Membuat Full Backup Image VPS Menggunakan DD

Mungkin Anda lebih sering menggunakan perintah dd untuk pengujian performa disk dari VPS Anda. Tapi dd juga dapat digunakan untuk membuat cloning dari virtual disk VPS Anda.

Dengan mengasumsikan bahwa pada umumnya provider VPS menggunakan panel management seperti SolusVM atau Virtualizor. Langkah untuk membuat full backup image vps adalah sebagai berikut:

Pertama-tama shutdown dulu VPS Anda, kemudian Anda bisa mount iso system rescue cd ataupun iso linux lain yang tersedia di panel SolusVM atau Virtualizor. Selanjutnya Anda ubah pilihan boot menu ke Virtual CD, kemudian Anda bisa start atau boot up dan membuka VNC. System Rescue CD bisa didownload dari link ini. Apabila provider Anda belum menyediakannya, mintalah untuk diload ke node VPS Anda.

https://sourceforge.net/projects/systemrescuecd/files/sysresccd-x86/4.8.3/systemrescuecd-x86-4.8.3.iso/download

System Rescue CD juga memiliki tampilan GUI apabila Anda belum terbiasa menggunakan CLI (commandline interface) melalui terminal. Namun proses untuk membuat full backup image vps tetap menggunakan commandline. Perintah-perintahnya adalah sebagai berikut:

root@simple-aja:~# fdisk -l

membuat full backup image vps

Yaitu perintah untuk melihat layout partisi pada virtual disk VPS Anda. Pada gambar diatas didapatkan /dev/vda dan /dev/vdb. Disk yang akan kita cloning adalah /dev/vda dimana merupakan system disk pada VPS Anda. Selanjutnya Anda bisa mount disk /dev/vdb agar Anda dapat menyimpan hasil cloning tersebut berupa disk image.

mkdir /home/simpanbackup
mount -t ext4 /dev/vdb /home/simpanbackup

Sampai pada langkah ini, Anda sudah siap untuk membuat full backup image vps dan menyimpannya hasil disk imagenya di /home/simpanbackup.

dd if=/dev/vda conv=sync,noerror bs=64K | gzip -c  > /home/simpanbackup/backup.img.gz

Selanjutnya Anda tinggal menunggu saja hingga prosesnya selesai.

Apabila VPS Anda hanya memiliki sebuah virtual disk saja, maka apabila Anda ingin membackup atau membuat cloning-nya diperlukan sebuah penyimpanan eksternal. Anda bisa menggunakan VPS lainnya atau memanfaatkan Google Drive, Dropbox ataupun layanan cloud storage lainnya. Selama tersedia ruang yang cukup untuk menyimpan disk image VPS Anda.

Disini saya akan mencontohkan untuk mencloning disk pada VPS Anda dan langsung menyimpan hasil disk cloning di VPS lainnya melalui SSH atau SCP.

dd if=/dev/vda conv=sync,noerror bs=64K | gzip -c | ssh root@123.100.99.88 dd of=backup.img.gz

Cara Restore Disk Image ke VPS

Lalu bagaimana cara merestore VPS dari backup yang sudah dibuat sebelumnya? Apabila VPS Anda memiliki lebih dari 1 virtual disk, maka restore bisa dilakukan dengan cara kebalikan dari proses backupnya:

gunzip -c /home/simpanbackup/backup.img.gz | dd of=/dev/sdX

Akan tetapi apabila backup berasal dari sumber eksternal atau tersimpan di server lainnya, misalnya saja di sebuah web server

wget -O- 'http://example.com/backup/backup.img.gz' | gunzip | dd of=/dev/sda

Kelebihan Backup VPS Dengan Metode Disk Cloning

Metode backup ini memiliki kelebihan yang mungkin tidak didapatkan seperti metode backup melalui fitur snapshot yang disediakan oleh provider VPS tertentu. Sebab hasil disk image bisa Anda gunakan untuk restore VPS di provider lainnya atau bahkan untuk migrasi ke dedicated server.

Dengan demikian Anda tidak perlu menginstall dari awal, mensetting atau mengkonfigurasi ulang VPS. Khususnya untuk dedicated server, Anda tidak perlu membayar jasa remote hand yang disediakan oleh provider untuk melakukan restore data ke dedicated server. Sebab biaya remote hand umumnya cukup mahal per-jam nya.

 

Leave a Reply