Beberapa Cara Membuka Kumpulbagi yang Diblokir ISP

Kumpulan cara ampuh untuk membuka Kumpulbagi saya rangkum pada artikel kali ini. Website file sharing Kumpulbagi sebenarnya sudah cukup lama masuk ke dalam daftar blacklist trust+ milik kominfo. Namun baru-baru ini, ISP Telkom juga mulai memblokir website Kumpulbagi. Sehingga ketika pengguna mencoba untuk membuka Kumpulbagi, maka akan diarahkan ke halaman website Internet Positif.

Begitu pula halnya dengan provider internet seperti Firstmedia, Smartfren, Bolt yang nampaknya sudah lebih dahulu menerapkan pemblokiran terhadap website Kumpulbagi. Mungkin sudah banyak blog lain yang memberikan tutorial tentang cara membuka Kumpulbagi yang diblokir. Masing-masing blog memberikan cara yang berbeda-beda berdasarkan apa yang sudah dicobanya.

Masing-masing provider internet menerapkan pemblokiran terhadap website Kumpulbagi dengan metode yang berbeda-beda. Ada provider yang memblokir Kumpulbagi dengan DNS hijacking, interception http header, transparent proxy, dan lainnya.

Telkom speedy dan indihome melakukan pemblokiran terhadap Kumpulbagi dan situs lainnya menggunakan metode DNS hijacking dan meng-intercept http header. Sehingga untuk situs yang masuk dalam blacklist database trust+ akan diarahkan ke halaman internet positif

Ada juga provider internet yang menggunakan transparent proxy untuk memblokir Kumpulbagi. Sepertinya nginx dijadikan sebagai forward proxy, sehingga ketika download dari Kumpulbagi malah muncul tampilan 404 Not Found. Padahal Kumpulbagi menggunakan webserver dengan platform IIS.

Membuka Kumpulbagi malah muncul nginx error 404
 

Cara Membuka Kumpulbagi Yang Terblokir Tanpa Software Tambahan

Cara ini bisa digunakan untuk membuka website Kumpulbagi dari semua jenis perangkat yang Anda gunakan, baik itu PC, tablet ataupun smartphone. Silahkan buka link Mirror Website Kumpulbagi. Dengan demikian Anda kembali bisa mengakses Kumpulbagi lagi.

Membuka Kumpulbagi yang diblokir ISP tanpa software tambahan

Cara ini sangat ampuh digunakan pada pengguna provider internet telkom speedy atau indihome. Karena saya juga sebagai pengguna indihome, cukup mudah untuk mempelajari bagaimana telkom melakukan pemblokiran terhadap banyak situs. Website mirror Kumpulbagi ini saya buat untuk memudahkan siapa saja yang tidak bisa membuka Kumpulbagi karena terblokir. Dibuat menggunakan protokol HTTPS untuk mengingkatkan privasi dan keamanan, sehingga bisa lolos dari filtering dns dan http header intercept.

Update: Apabila setelah klik tombol “Download” masih diarahkan ke internet positif atau muncul tampilan “Error 403 Forbidden”, Anda bisa menggunakan link generator untuk mendownload file dari Kumpulbagi.

Alternatif Cara Ampuh Untuk Membuka Kumpulbagi

Disini saya coba untuk merangkum beberapa cara alternatif lainnya untuk membuka Kumpulbagi yang diblokir ISP. Masing-masing metode dibawah ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Oleh karena itu Anda bisa memilih salah satu metode yang paling cocok dan termudah menurut Anda.

  • Menggunakan VPN
  • VPN adalah metode paling ampuh untuk membuka situs yang terblokir. OpenVPN dan PPTP VPN adalah yang paling banyak digunakan oleh pengguna untuk membuka website yang terblokir. Saya yakin sekali, semua jenis pemblokiran yang dilakukan oleh provider internet apapun bisa diatasi menggunakan VPN.

    Kekurangannya adalah mungkin agak sulit mencari akun vpn gratis yang reliable dalam hal kecepatan, bandwidth, dan uptime server. Untuk pengguna yang masih awam, mungkin juga sulit untuk mensetting dan menggunakannya. Walaupun ada VPN yang sudah dibuat dalam bentuk aplikasi yang tinggal klik saja, misal HotSpotShield. Namun kita tidak pernah tahu apa yang ada di dalam aplikasi tersebut. Kebanyakan aplikasi semacam itu disisipi oleh adware. Softether atau OpenVPN adalah solusi yang lebih baik apabila ingin menggunakan koneksi melalui VPN.

    Kesimpulan: tanpa harus dilakukan ujicoba, cara ini sudah pasti bisa digunakan di semua jenis koneksi dan ISP.

  • Menggunakan SSH Tunnel
  • SSH Tunnel juga merupakan metode yang sama ampuhnya seperti VPN. Anda juga harus menginstall aplikasi SSH Client untuk membuka Kumpulbagi dengan menggunakan SSH Tunnel. Penggunaannya lebih sulit dibandingkan menggunakan VPN, karena banyak hal-hal yang harus disetting agar SSH Tunnel dapat bekerja lebih optimal. Namun akun SSH mudah sekali didapatkan ketimbang akun VPN, salah satunya melalui FastSSH.

    Kesimpulan: tanpa harus dilakukan ujicoba, cara ini sudah pasti bisa digunakan di semua jenis koneksi dan ISP.

  • Menggunakan DNSCrypt
  • DNSCrypt tersedia untuk PC berbasis Windows maupun Linux. Anda bisa mendapatkan installernya disini. Namun untuk pengguna tablet atau smartphone Android sepertinya agak sulit menggunakan cara ini, sebab Anda harus mengcompile source code-nya sendiri. Kelebihan menggunakan DNSCrypt adalah tidak membuat koneksi internet menjadi lambat, karena DNSCrypt hanya bekerja untuk menangani lalu lintas DNS saja.

    Kesimpulan: pada umumnya bisa digunakan oleh pengguna ISP Telkom, Biznet, dan MyRepublic

  • Menggunakan Addon Anonymizer
  • Anonymox adalah sebuah addon untuk browser Firefox. Anonymox juga bisa digunakan untuk menembus website yang diblokir, termasuk juga Kumpulbagi. Penggunaannya sangat mudah karena Anda tinggal menginstall addon Anonymox di browser Firefox Anda. Selain itu Anonymox juga bisa digunakan pada perangkat Android.

    Untuk pengguna browser Chrome, Anda bisa menggunakan plugins Browsec. Hanya saja penggunaan addon atau plugins di browser seringkali tidak bisa sinkron dengan aplikasi download manager.

    Kesimpulan: belum dicoba, namun ada limitasi quota data berdasarkan informasi yang sudah menggunakannya.

  • Menggunakan Hosts File
  • Hosts file adalah sebuah berkas yang digunakan oleh sistem operasi untuk memetakan nama domain menjadi alamat ip. Hosts file berbentuk file text biasa dan biasanya diberi nama hosts. Pada sistem operasi berbasis Unix dan Unix-like, hosts file terdapat di “/etc/hosts”. Sedangkan untuk sistem operasi berbasis Windows, host file terdapat di “%systemroot%/System32%/drivers/etc/hosts”.

    Metode hosts file cukup ampuh digunakan pada ISP yang memblokir lalu lintas data ke suatu website melalui sistem DNS yang dimiliki ISP tersebut. Namun metode ini tidak dapat digunakan apabila ISP tersebut juga melakukan intercept pada http header melalui sebuah transparent proxy. Kelemahan hosts file adalah pemetaan dns yang bersifat statis, sehingga tidak dapat digunakan pada website yang menggunakan CDN. Apabila alamat ip pada sebuah sever diganti maka hosts file juga harus diupdate.

    Kesimpulan: belum dicoba, karena saya adalah pengguna Indihome, jadi tidak perlu mengandalkan hosts file.

  • Menggunakan SOCKS Proxy
  • Sama halnya seperti penggunaan SSH Tunnel, hanya saja SOCKS Proxy tidak memerlukan bantuan aplikasi SSH Client. Karena SOCKS proxy bisa langsung disetting pada settingan IDM ataupun aplikasi download manager lainnya yang bisa mendukung penggunaan SOCKS proxy.

    Di artikel lainnya soal Kumpulbagi, saya juga menyediakan proxy SOCKS dan HTTP yang bisa digunakan untuk mendownload file dari Kumpulbagi. SOCKS proxy bisa digunakan pada koneksi Three, Indosat, Smartfren, dan XL. Sedangkan untuk HTTP proxy hanya bisa digunakan pada Three dan Smartfren saja.

 

43 Comments

  1. dinar 20 Aug 2016 00:59
  2. abay 14 Aug 2016 18:29
    • Venantius Venantius 14 Aug 2016 19:45
  3. dieni 12 Aug 2016 14:51
    • Venantius Venantius 12 Aug 2016 14:56
  4. acek 11 Aug 2016 22:24
    • Venantius Venantius 11 Aug 2016 22:40
  5. aris 11 Aug 2016 14:34
    • Venantius Venantius 11 Aug 2016 15:01

Leave a Reply