Apa Itu Private Tracker? Perbedaannya Dengan Public Tracker

Ketika Anda mencari informasi seputar torrent di internet, diantaranya mungkin saja ada yang menyebut istilah private tracker atau private torrent. Lalu sebenarnya apa sih private tracker itu? Sebelum menjawab pertanyaan soal apa itu private tracker, saya akan menjelaskan sedikit istilah dalam torrent yang juga penting.

Torrent tracker atau selanjutnya disebut sebagai tracker saja adalah sebuah server yang mengatur komunikasi dan distribusi data melalui protokol bittorrent. Pertukaran informasi mengenai seeder dan leecher dalam sebuah torrent juga diinformasikan oleh torrent tracker. (Selengkapnya Anda bisa membaca artikel tentang istilah pada torrent).

Terdapat 2 macam torrent tracker berdasarkan cara mengaksesnya, yaitu public tracker dan private tracker. Server public tracker dapat diakses secara langsung tanpa harus mendaftarkan username terlebih dahulu. Sedangkan pada private tracker, Anda harus mendaftar terlebih dahulu sebelum Anda dapat mengakses server private tracker tersebut.

Server torrent tracker sendiri tidak menyimpan file atau data yang didistribusikan dalam jaringan bittorrent. File atau data tersebar diantara peer yang berpartisipasi untuk mendistribusikan torrent tersebut.

Apa Itu Private Tracker dan Perbedaannya Dengan Public Tracker

Baik private tracker ataupun public tracker memiliki cara kerja dan fungsi yang sama. Kedua jenis torrent tracker tersebut sama-sama berfungsi untuk menyediakan informasi dari sebuah file torrent. Berapa banyak jumlah seeder dan jumlah leecher yang berpartisipasi untuk mendistribusikan data dari torrent tersebut.

Pada private torrent tracker, Anda hanya diperbolehkan untuk menggunakan server tracker yang sudah ditentukan saja. Anda juga hanya bisa menggunakan dan mengakses server private tracker ketika username Anda sudah terdaftar di website tersebut. Sedangkan di public tracker, Anda bisa menggunakan tracker manapun secara bebas. Anda bisa langsung menambahkan list public tracker pada aplikasi torrent client yang Anda gunakan.

Jadi perbedaan antara private tracker dengan public tracker adalah soal bagaimana cara untuk mendapatkan file torrent dan juga bagaimana cara untuk berkomunikasi dengan torrent tracker tersebut. Pada public tracker, file torrent bisa didapatkan dari website torrent indexer. Sedangkan pada private tracker, file torrent hanya bisa didapatkan dengan cara mengakses website private tracker tersebut.

Dengan penjelasan diatas semoga Anda bisa mengatahui apa itu private tracker dan perbedaannya dengan public tracker. Berikutnya saya akan memberikan beberapa alamat public torrent tracker yang bisa Anda gunakan. Diantaranya adalah:

http://tracker.trackerfix.com:80/announce
http://open.nyaatorrents.info:6544/announce
http://mgtracker.org:6969/announce
http://tracker2.wasabii.com.tw:6969/announce
http://mgtracker.org:2710/announce
http://tracker.tfile.me/announce
http://tracker.kamigami.org:2710/announce
http://tracker.mg64.net:6881/announce
http://tracker.ex.ua/announce
udp://tracker.leechers-paradise.org:6969/announce
udp://tracker.coppersurfer.tk:6969/announce
udp://9.rarbg.to:2710/announce
udp://bt.xxx-tracker.com:2710/announce
udp://opentrackr.org:1337/announce
udp://tracker.opentrackr.org:1337/announce
udp://tracker.grepler.com:6969/announce

Tidak selalu sebuah public torrent tracker juga menyediakan file torrent. Kebanyakan dari server torrent tracker hanya digunakan untuk menginformasikan statistik mengenai jumlah seeder dan peer saja yang terhubung dengan server tersebut. Anda bisa memasukkan list server torrent tracker diatas agar bisa terhubung dengan lebih banyak peer. Anda bisa melihat caranya pada gambar dibawah ini:

Lalu dimana saya bisa mendapatkan file torrent yang diinginkan? Untuk mendapatkan file torrent yang diinginkan, Anda bisa mencarinya melalui website torrent indexer. Beberapa alamat website torrent indexer untuk mencari file torrent yang terdaftar di public tracker diantaranya:

https://kat.cr (telah ditutup sejak 20 Juli 2016)
https://thepiratebay.org
https://rarbg.to
https://isohunt.to
https://extratorrent.cc
https://www.torrentz.eu (telah ditutup sejak 4 Agustus 2016)
https://www.nyaa.se (khusus anime dan visual novel)

Pada private torrent tracker, file torrent hanya tersedia pada website private tracker tersebut. Anda tidak akan dapat menemukannya di website torrent indexer. Sebab file torrent yang didapatkan dari private tracker memiliki passkey yang di-embed dalam file torrent-nya. Tiap user yang mendownload file torrent melalui private tracker akan mendapatkan passkey yang berbeda-beda. Contoh:

Klasifikasi Private Tracker dan Alamat Websitenya

Diatas tadi saya sudah menjelaskan soal apa itu private tracker dan apa perbedaannya dengan public tracker. Selanjutnya saya akan sedikit menjelaskan private tracker berdasarkan jenis koleksi yang dimilikinya. Serta beberapa alamat website private torrent tracker yang saya ketahui.

  • General/0Day
  • Adalah private tracker yang tidak berfokus terhadap satu kategori konten. Anda bisa menemukan bermacam-macam kategori koleksi torrent yang tersedia. Mulai dari film, serial televisi, games, musik, e-book, software, aplikasi, dan lainnya.

    Contohnya: IPTorrents (IPT), Torrentleech (TL), Torrentday (TD)

  • Games
  • Adalah private tracker yang memfokuskan pada koleksi games saja. Baik itu game pc, game console, hingga games untuk smartphone dan tablet.

    Contohnya: Blackcats Games (BCG), GazelleGames (GGn), BitGamer (BG)

  • Movies/HD Movies/TV Series
  • Adalah private tracker yang memfokuskan pada koleksi movie. Baik itu koleksi box office dvd, bluray, maupun serial televisi.

    Contohnya: HDArea, M-Team, PrivateHD, HD-Space (HDS), ToTheGlory (TTG)

  • Anime
  • Adalah private tracker yang memfokuskan pada koleksi anime. Biasanya private tracker yang berfokus pada koleksi anime juga menyediakan koleksi manga dan visual novel.

    Contohnya: AnimeTorrents, AnimeBytes (AB)

  • Musik
  • Adalah private tracker yang memfokuskan pada koleksi musik. Koleksinya antara lain adalah album musik berupa mp3, flac, hingga berupa video klip dan live concert.

    Contohnya: Jpopsuki (JPS), What.cd (WCD), Waffles

  • Asian Movies/TV Series
  • Adalah private tracker yang berfokus pada konten televisi dan film yang berasal dari asia.

    Contoh: Avistaz (AT), AsianDVDClub (ADC), Chorome

Sebenarnya masih banyak lagi kategori private tracker yang memfokuskan dalam sebuah kategori saja, misalnya saja grafis, e-learning, bahkan hingga konten dewasa.

 

Leave a Reply