Alat Dan Bahan Untuk Membuat Rangkaian Elektronika

Rasanya belum lengkap apabila membahas mengenai rangkaian dan komponen elektronika tanpa membahas peralatan dan bahan dasar yang diperlukan. Oleh karena itu disini saya mencoba membahas sesuatu yang basic, tentang peralatan dan bahan yang pastinya diperlukan apabila kita bereksperimen untuk membuat rangkaian elektronika.

Protoboard dan Printed Circuit Board

  • Protoboard
  • Protoboard atau Breadboard adalah suatu peralatan yang digunakan untuk menempatkan komponen elektronika. Biasanya alat ini digunakan untuk tujuan membuat prototype atau melakukan ujicoba dari suatu skema rangkaian elektronika. Kelebihan dari protoboard adalah komponen elektronika dapat dipasang tanpa perlu menyoldernya, dan komponen dapat dilepas kembali dengan mudah, sehingga sangat praktis untuk pemula yang ingin belajar elektronika. Protoboard pada umumnya terbuat dari plastik dengan banyak lubang-lubang diatasnya. Lubang-lubang pada protoboard membentuk pola sesuai dengan pola jaringan koneksi di dalamnya.

    Gambar Protoboard
    Gambar 1. Protoboard atau Breadboard

  • Printed Circuit Board
  • Printed Circuit Board atau cukup disebut sebagai PCB saja merupakan sebuah papan tipis yang di salah satu atau kedua sisinya terdapat jalur yang sudah tercetak dari lapisan tembaga. PCB berfungsi untuk meletakan komponen elektronika.PCB yang masih dalam keadaan polos atau belum terdapat jalur-jalur tembaga sebenarnya lebih tepat kalau disebut sebagai CCB (Cooper Clad Board). Jenis CCB sendiri ada banyak macamnya namun yang paling mudah dijumpai di toko-toko komponen eketronika adalah “PCB polos” dan “PCB lubang-lubang”.

    Gambar PCB Polos Gambar PCB Lubang
    Gambar 2. PCB Polos dan PCB Lubang-lubang

Solder dan Timah

Untuk hardcore elektronika biasanya hanya memerlukan kedua alat atau bahan ini untuk merangkai komponen elektronika tanpa menggunakan protoboard ataupun PCB. :haha:

  • Solder
  • Solder adalah alat yang digunakan untuk melelehkan timah. Bentuknya yang paling umum adalah memanjang seperti batang pensil, namun ada pula yang berbentuk sperti pistol.

  • Timah
  • Timah digunakan untuk menyambungkan atau menempelkan komponen elektronika dengan dudukan atau alasnya, yaitu PCB. Timah yang digunakan untuk merakit komponen elektronika adalah berbentuk kawat, yang didalamnya terdapat bahan-bahan campuran yang disebut dengan alloy. Perbandingan campuran timah dan timbal mempengaruhi karakteristik timah solder, antara lain kekuatan sambungan, kelancaran aliran, titik lebur dan mekanisme perubahan wujud timah solder dari padat menjadi cair dan sebaliknya.

Gambar Solder Gambar Timah Solder
Gambar 2. Solder dan Gulungan timah solder

Peralatan Ukur

  • Multimeter
  • Multimeter adalah suatu alat yang digunakan untuk pengukururan listrik seperti tegangan, hambatan, dan arus. Ada dua jenis multimeter, yaitu analog dan digital. Perbedaannya yaitu untuk yang analog, indikator meternya menggunakan jarum, sedangkan yang digital menggunakan Seven Segment, Dot Matrix Display, ataupun LCD. Multimeter digital juga biasanya dilengkapi dengan kemampuan pengukuran lainnya seperti kapasitansi dan induktansi.

  • Clamp Ampere
  • Clamp ampere atau yang juga disebut sebagai tang ampere adalah alat yang digunakan untuk pengukuran arus listrik. Perbedaan dengan multimeter sebagai pengukur arus adalah pada kemampuan besaran arus yang dapat diukur. Clam Ampere dapat mengukur arus dalam range mili Ampere hingga ratusan Ampere. Selain itu pengukuran dapat langsung diterapkan tanpa harus memutuskan jalur dari peralatan yang akan diukur arusnya.

Peralatan dan Bahan Lainnya

  • Desoldering Pump
  • Digunakan bersamaan dengan solder, sebagai alat bantu untuk melepas komponen yang menempel pada PCB dengan cara menyedot sisa timah yang sudah dilelehkan dengan solder sebelumnya.

  • Solder Uap
  • Solder Uap atau Blower merupakan salah satu varian dari solder. Disebut demikian karena alat ini dapat menghembuskan udara panas untuk dapat mencairkan timah. Pada blower standar terdapat 2 pengaturan yaitu pengaturan tingkat panas dan pengaturan kekuatan hembusan udara. Solder Uap berguna untuk mengangkat, memasang, mencetak dan mensolder ulang komponen, baik yang berbentuk SMD, BGA maupun komponen-komponen kecil lainnya yang tidak dapat ditangani dengan solder biasa

  • Tang Kawat
  • Tang kawat atau tang potong digunakan untuk memotong kaki komponen yang akan dipasang pada PCB. Namun untuk komponen yang memiliki kaki berukuran kecil saya biasanya menggunakan gunting kuku karena selain lebih tajam, gunting kuku lebih mudah digunakan untuk memotong kaki komponen ataupun sisa yang menonjol pada PCB.

  • Ferri Chloride
  • Ferri Chloride (FeCl3) adalah bahan kimia yang sering digunakan untuk mencetak layout pada PCB. FeCl3 dipasaran biasanya dijual dalam bentuk serbuk dan cair. Ferri Chloride cair lebih mudah digunakan untuk pemula yang ingin belajar mencetak layout PCB, karena cara meracik bahan tersebut secara sembarangan dapat berakibat fatal, karena FeCl3 adalah golongan asam yang bersifat korosif, apabila terkena air dapat mengalami hidrolisis yang merupakan reaksi eksotermis (reaksi kimia yang menimbulkan panas).

  • Software Elektronika
  • Software atau program komputer dapat digunakan untuk membantu pekerjaan dalam proyek elektronika, mulai dari simulasi rangkaian hingga membuat design atau layout PCB. Contoh-contoh software yang umum digunakan misalnya Elektronic WorkBench, PSPICE, Eagle PCB, Protel atau yang sekarang disebut dengan Altium Designer.

Artikel Terkait

[related_posts limit=”4″]

 

2 Comments

  1. yhudo 14 Mar 2016 06:16
  2. Andre 07 Apr 2014 11:59

Leave a Reply