Alasan Pindah Hosting – Kapan Waktu Yang Tepat?

Pada artikel ini saya akan membahas mengenai alasan pindah hosting dan kapan waktu yang tepat migrasi ke hosting baru. Kecewa dengan hosting yang digunakan sekarang? Yakin kalau pindah hosting masalah langsung beres? Pindah web hosting bukan soal gampang, terutama bagi pemula yang baru mengenal dunia website dan web hosting. Lalu apa alasan pindah hosting? Dan kapan saat yang tepat untuk pindah ke hosting yang baru? Untuk memindahkan website dari satu tempat ke tempat lainnya terkadang merepotkan.

alasan pindah hosting kapan waktu yang tepat

Membutuhkan waktu dan pengetahuan teknis tentang web hosting. Untungnya semua penyedia web hosting pasti dapat membantu Anda dengan gratis. Anda juga harus memiliki pertimbangan yang matang dan apa alasan pindah hosting. Sebab dengan berpindah ke hosting yang baru, seharusnya Anda bisa terbebas dari masalah yang sering terjadi saat ini. Apabila setelah Anda pindah hosting masalah yang sama tetap muncul. Maka bisa dengan mudah dipastikan bahwa masalah terjadi bukan dari seperti yang Anda perkirakan. Agar tidak salah dalam membuat keputusan dalam menentukan hosting yang cocok dengan kebutuhan Anda. Maka Anda harus memiliki pertimbangan yang matang. Selain juga harus dipikirkan alasan pindah hosting itu apakah sudah tepat atau belum.

Beberapa Alasan Pindah Hosting dan Pertimbangannya

Simaklah beberapa alasan pindah hosting yang mungkin bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk Anda.

  1. Alasan Pindah Hosting – Server Terlalu Sering Downtime
  2. Server yang terlalu sering downtime adalah pertanda buruk. Sebab dengan seringnya downtime yang terjadi, pengunjung website Anda bisa turun drastis. Hal ini juga bisa berdampak terhadap reputasi website Anda dan juga peringkat SEO. Bahkan apabila website Anda berbentuk toko online, hal tersebut bisa berdampak jauh lebih buruk lagi. Jadi, apabila dalam waktu seminggu website Anda mengalami downtime beberapa kali, ini bisa menjadi alasan kuat untuk pindah web hosting ke penyedia lainnya. Jadikanlah ini pertimbangan Anda yang pertama sebagai alasan pindah hosting.

    Lalu bagaimana cara saya mengetahui apakah website saya sering down? Sedangkan saya tidak mungkin melihatnya 24×7. Ada banyak layanan uptime monitoring yang tersedia di internet. Beberapa diantaranya adalah Pingdom dan Uptime Robot.

  3. Alasan Pindah Hosting – Sering Tidak Dapat Terhubung ke Database
  4. Pada umumnya sebuah website dinamis memerlukan koneksi ke database. Seperti website berbasis wordpress misalnya, ketika koneksi ke server mysql terganggu atau terputus, maka akan ada muncul tulisan “Error establishing connection to the database”. Apabila Anda cukup sering melihat tulisan tersebut, berarti ini menandakan bahwa server web hosting yang Anda gunakan sudah tidak mampu lagi untuk mendukung website Anda.

    Hal ini sering sekali terjadi pada website yang ditempatkan di shared hosting. Sebab sumber daya pada sebuah server shared hosting digunakan bersama-sama dengan akun shared hosting lainnya di server tersebut. Sehingga bisa saja server tersebut mengalami overload yang menyebabkan terjadinya hal tersebut. Jadikanlah ini pertimbangan Anda yang kedua sebagai alasan pindah hosting.

  5. Alasan Untuk Pindah Hosting – Sering Muncul Pesan Error yang Aneh
  6. Apabila website Anda yang menggunakan cPanel sering memunculkan pesan error. Terutama error “503 Service Temporarily Unavailable” atau “508 Resource Limit Is Reached”. Kemungkinan besar masalah yang terjadi adalah server web hosting yang Anda gunakan mengalami overload. Overload tersebut bisa terjadi dan disebabkan karena ada pengguna lain yang abuse resource, pengunjung pada website Anda membludak, ataupun performa server yang sudah kurang baik dalam menangani website Anda.

    Apabila server cPanel menggunakan teknologi cloudlinux, munculnya pesan error 503, 504, 508 biasanya diakibatkan karena sumber daya yang digunakan oleh website Anda sudah melebihi batas yang telah ditentukan. Mengenai hal ini, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa tweaking dan optimasi dari script atau cms website yang Anda gunakan. Apabila menggunakan banyak plugin, cobalah untuk menguranginya. Selain itu cobalah juga berkonsultasi dengan penyedia layanan hosting Anda.

    Setelah beberapa usaha diatas telah Anda coba namun tidak membuahkan hasil yang signifikan. Maka jadikanlah ini pertimbangan Anda yang ketiga sebagai sebagai alasan pindah hosting.

  7. Alasan Pindah Hosting – Situs Disuspend
  8. Kebanyakan penyedia jasa web hosting tentu saja bisa mensuspend website Anda. Hal itu bisa terjadi apabila aktivitas website Anda memberatkan server. Sehingga mengakibatkan server menjadi tidak stabil. Aktivitas yang tidak wajar, penggunaan sumber daya berlebihan terus menerus, dan menyalahi ToS (Term of Service) atau AUP (Acceptable Use Policy), tentu saja menyebabkan website Anda ditangguhkan.

    Namun terkadang ada penyedia jasa hosting yang menangguhkan akun tanpa pemberitahuan. Menangguhkan akun cPanel Anda tanpa alasan yang jelas. Padahal seharusnya penyedia web hosting harus peduli dengan Anda. Sebab Anda pun mempercayai mereka. Apabila hal ini terjadi pada Anda, cobalah dulu untuk diselesaikan melalui komunikasi yang baik. Jika tidak ada penyelesaian dalam kasus ini, sudah saatnya Anda harus meninggalkan penyedia web hosting yang sekarang Anda gunakan. Jadikanlah ini pertimbangan Anda yang keempat sebagai sebagai alasan pindah hosting.

  9. Alasan Pindah Hosting – Customer Service Yang Buruk
  10. Customer service adalah salah satu faktor pendukung dari sebuah layanan web hosting. Customer service dalam sebuah layanan web hosting tidak hanya mengurusi masalah penjualan dan tagihan saja, dukungan teknis pun juga termasuk bagian dari apa yang disebut sebagai customer service. Idealnya, seorang customer service harus mampu dalam mencari jalan keluar atau solusi secara “win-win” untuk menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi oleh pelanggan.

    Namun Anda tidak akan pernah bisa mendapatkan layanan hosting dengan customer service yang 100% ideal. Tidak ada layanan hosting yang bisa memberikan kepuasan 100% untuk semua pelanggannya. Mungkin Anda perlu bertanya kepada diri Anda sendiri: Seberapa cepat respon yang saya dapatkan dari mereka? Seberapa jauh pengalaman dan kemampuan teknis yang mereka miliki? Apakah mereka bisa sering membantu?

    Namun sebelumnya Anda juga perlu melihat jenis layanan apa yang saya gunakan? Hal-hal apa saja yang tercakup dalam layanan yang saya gunakan? Tentunya mengenai hal ini, penilaian Anda terhadap sebuah layanan web hosting sepenuhnya berada di tangan Anda. Sehingga apabila Anda merasa tidak cukup mendapatkan dukungan dari customer service dari penyedia web hosting Anda saat ini. Maka sudah saatnya Anda berpindah ke penyedia web hosting lainnya. Jadikanlah ini pertimbangan Anda yang kelima sebagai sebagai alasan pindah hosting.

  11. Alasan Pindah Hosting – Kecepatan Loading Website Yang Lambat
  12. Kecepatan loading sebuah halaman website merupakan faktor yang sangat penting. Ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengunjung website Anda. Situs yang lambat diakses biasanya disebabkan karena terlalu banyak permintaan atau terlalu banyak pengunjung yang mengakses website Anda. Dalam kedua kasus tersebut, seharusnya penyedia web hosting Anda dapat membantu Anda mengetahui mengapa situs Anda berjalan lambat.

    Jika masalah disebabkan karena terlalu banyak permintaan, umumnya dapat diperbaiki dengan beberapa optimasi. Misalnya dengan mengurangi beberapa plugin, atau mengoptimalkan settingan server. Anda juga bisa menggunakan layanan online untuk menganalisa performa website. Contohnya adalah GTMetrix, Yahoo! YSlow dan Google Page Speed. Hasil yang diukur bisa Anda jadikan referensi untuk melakukan optimasi website Anda.

    Tetapi, jika masalah terjadi karena terlalu banyak pengguna, maka penyedia hosting biasanya akan menyarankan Anda untuk meng-upgrade paket hosting yang Anda gunakan. Apabila saran yang diberikan oleh penyedia layanan web hosting dirasa kurang cocok. Mungkin Anda bisa mencari penyedia layanan web hosting lain sebagai alternatifnya, dan bersiap-siap untuk pindah layanan web hosting. Jadikanlah ini pertimbangan Anda yang keenam sebagai sebagai alasan pindah hosting.

  13. Alasan Pindah Hosting – Website Anda Sudah Melampaui Kemampuan Host Server
  14. Jika website Anda sudah berumur lama, popularitas website sudah sudah meningkat lebih jauh, dan pengunjung website Anda terus bertambah. Tentu Anda akan bangga, karena website Anda mengalami banyak kemajuan. Akan tetapi disisi lain, ada kemungkinan muncul berbagai masalah yang terjadi dengan website Anda. Terutama apabila website Anda mmenggunakan layanan shared web hosting. Pada layanan shared hosting, Anda harus berbagi sumber daya dengan banyak pengguna lainnya di dalam sebuah server yang sama.

    Anda dapat mengontrol dan membatasi sumber daya yang digunakan oleh website Anda, menggunakan metode caching atau layanan CDN. Namun Anda tidak memiliki kontrol terhadap website yang dimiliki oleh pelanggan lain di server yang sama. Apabila website Anda menggunakan lebih banyak sumber daya, dan berlangsung dalam waktu yang lama daripada website milik pelanggan lainnya di server yang sama. Maka penyedia layanan biasanya akan menghentikan layanan yang Anda miliki tanpa peringatan apapun.

    Jika website Anda sering mengalami kelambatan, sering menghabiskan banyak waktu untuk mengatasi masalah yang terjadi pada website Anda, kemungkinan website Anda saat ini telah melampaui batas kemampuannya. Saatnya berpindah ke layanan yang lebih besar! Jadikanlah ini pertimbangan terakhir Anda sebagai sebagai alasan pindah hosting.

Apabila Anda membaca artikel ini, kemungkinan Anda sudah memiliki banyak alasan kuat untuk berpindah hosting. Namun apakah Anda sudah benar-benar siap untuk pindah web hosting? Jangan terburu-buru untuk pindah walaupun Anda sudah memiliki beberapa alasan seperti yang telah diuraikan diatas tadi. Di artikel selanjutnya, saya akan memberikan beberapa ulasan mengenai hal-hal apa saja yang diperlukan sebagai persiapan untuk memindahkan website Anda ke hosting yang baru.

 

Leave a Reply